Minggu, 07 November 2010

Lagi....TV Sony KV-1405GE,Ada suara nggak ada gambar!

                 Kemarin sore lagi-lagi dapet servisan tv sony yang blank,ada suara tapi nggak ada gambar,typenya KV-1405GE yang menggunakan aisy program M34302M8-712SP,aisy kroma CXA1213BS,aisy vertikal LA7830,dan STR S6307.Box belakang saya buka dan tv saya ON kan kemudian saya amati heaternya dalam kondisi nyala,lalu saya puter maksimal potensio screen di blok RGBnya,gambar muncul tapi sangat gelap sekali,kemudian saya lakukan pengukuran di pin G2 soket CRTnya dan saya dapati tegangan 45V,padahal normalnya untuk jenis trinitron sekitar 450V DC,jelas ada yang nggak beres di jalur ini.
                 Pada tv ini untuk tegangan screen dan fokusnya mengambil dari jalur H.out FBT,dengan melewati R852=1K baru masuk ke D852=RGP02,naaaaaaah....R852 inilah penyebab dropnya tegangan screen dan fokus CRT,kondisi bodynya sih masih bagus tapi setelah di ukur ternyata putus,kemudian saya ganti dengan yang baru,saya coba ON kan tv mak craaaaaak......eeeee....R852 tersebut langsung terbakar,waduuuh.....apanya lagi nih? Setelah saya teliti ternyata penyebabnya adanya loncatan tegangan di pin 1000V ke GND,setelah saya bersihkan PCBnya jelas sekali jalur loncatan tersebut sampai membekas di PCB,setelah pembersihan PCB R852 saya ganti lagi dan saya coba ON kan tv nya lagi,dan m@k craaaaak......tv sudah normal kembali,hehehehehe.....syukur Alhamdulillah!
                 Dan lagi-lagi penyebab kerusakannya adalah hanya sebuah resistor saja,maka dari itu jeli dan telitilah di setiap menghadapi setiap servisan tv,janganlah mikir yang susah-susah dulu,siapa tahu penyebabnya hanya part yang murah-murah saja. Semoga ada manfaatnya dan SUKSES buat ANDA semua.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

47 komentar:

  1. kang, sy pernah ngalami kasus short teg tinggi di jalur pcb, sy cleaning tapi tdk berhasil, terpaksa sy pindah jalur pakai kabel, mungkin ada trick membersihkannya...makasih

    BalasHapus
  2. kalo saya tuh setelah di bersihkan dari debu yang lembab dan di di cuci dengan tinner,bekas loncatan tegangan yang membekas di PCB/kaya gambar petir/kilat itu saya korek pakai ujung obeng min sampai bekasnya hilang/sama-samar juga boleh.

    BalasHapus
  3. Ok makasih sarannya, sukses buat kang Aisy, salam buat keluarga

    BalasHapus
  4. mak craaaak ke normal karo mak craake kobong kok podo wae yo ngaget ngageti wae

    BalasHapus
  5. Kikikikikikik.....woooo...pengine di gawe bedo to? Wakakakakak.....

    BalasHapus
  6. mantap kang. saran yg bagus. tetap semangat....

    BalasHapus
  7. muanteb kang...gajian teruss... klo layar lama timbul gambarnya masih bisa dialkaline (akalin) ga ya?

    BalasHapus
  8. siip kang...matur nuwun infone lan saran ne

    BalasHapus
  9. halo lagi mas aisy....
    mau minta bantuan neh mas...
    baru servis tv sharp 14S20 MKII kerusakan mati total...
    setelah dicek STR G5653 terbakar dan deoda zener eror.
    Yang mau saya tanyakan deode zenernya tersebut tidak terdapat ukuran deodanya mas cuma ada 2 gelang warna biru dan hijau,kira2 berapa ya mas ukurannya?Deoda tersebut posisinya persis didepan STR 5653 = posisinya di(D707)

    makasih mas...

    BalasHapus
  10. OPUNG,ADAY,NUGROHO = matur nuwun dorongan semangatnya

    HERY = kalo simbolnya diode biasa sampean ganti dengan IN4148 juga nggak apa-apa,beda lagi kalo simbolnya diode zener harus di kasih diode zener juga.

    BalasHapus
  11. oke mas
    nanti saya coba....
    makasih masukkannya....

    BalasHapus
  12. takon maneh kang,mugo2 ora bozen hehehe,tv cina setelah ganti flyback kq pd gmbr di layar muncul warna biru tipis lebarnya kira2 15cm secara vertikal. Jika gambar semakin terang warna birunya semakin kelihatan,kiro2 apane kang sing rewel? Pdhl fbt ne aq gnti sama prsis dgn sblumnya (BSC25-T1010A),suwun

    BalasHapus
  13. salam kenal mas IC...!! wah...asyik ya...!! begitu ketemu part yang gemblung langsung naaaaaah.... ini penyebanya..!!

    OK moga sukses selalu..!!

    BalasHapus
  14. ELKO = waaaaaah.....aneh men?neng pinggir layar opo neng tengah-tengah kui?

    ANONIM= salam kenal juga Kang,matur nuwun!

    BalasHapus
  15. @kg aisy: neng tengah kang,sing pinggir kiri-kanan gmbre normal gk ono semu birune. Aku ws 2 kali entuk kasus ngunu kui tp rung ngrti pnybabe

    BalasHapus
  16. aku butuh jasane njenengan
    saya di jl. bulu mas 1 no 2
    yulianto 085740733106
    saya tunggu konfirmasinya mpe minggu jam 9,thanks

    BalasHapus
  17. kang..aku dpt LG slim 21FU1RL bekas kesamber montir & aisy mikomnya dirampok..no/kodenya brp ya? mohon bantuanya maklum masih belajar..trim's

    BalasHapus
  18. JABRICK = OKE matur nuwun,segera di tindak lanjuti!

    ADAY = pakai chassis nomer berapa itu mainboardnya? (tulisannya di bawah FBT)

    BalasHapus
  19. ELKO = gambare kirim neng kene yo a1sy.sum4r@gmail.com

    BalasHapus
  20. ok kang,tp kapan2 yo..saiki aq durung iso njupuk gbr tvne

    BalasHapus
  21. kang chasisnya LG ULTRA SLIM MC059C EAX34916902(2) moga2 aja ga salah..(Regltr STR-W6754/Vert STV9326/Audio sw STV8216 & FBT BSC25-N0363)

    BalasHapus
  22. wooooo.....kalo nggak salah juga chassis tersebut pakai aisy type LA76938A/41A ,berdasarkan skema yang saya punya lo hehehehe........

    BalasHapus
  23. woow...matur nuwun & trima kasih infonya moga2 tambah rizki & sehat slalu..
    boleh jg tuh skemanya (www.aday.boitenzorg@gmail.com)
    hehehe...

    BalasHapus
  24. mas saya dapet servisan tv sony tinitron wega 21"
    gambar dan suarane normal.tapi osd/display gak muncul kenapa ya mas?

    BalasHapus
  25. Silahkan cek H.sync dan V.sync,juga telusuri ABL dan AFCnya.

    BalasHapus
  26. salam kenal. dapat servisan sharp alexander 21. ada suara tapi gambar gelap muncul gambar bayang-bayang lemah. sudah diganti fbtnya. tapi tetap sama, sudah diatur screennya. apa ic cromanya berpengaruh tidak? mohon pencerahan.

    BalasHapus
  27. sony 1405 ge,bagian ac matic r47ohm 15watt yang deket reley kebakar. saya ganti kebakar lagi. apanya ya mas?

    BalasHapus
  28. mas aisy
    saya punya masalah dengan PS 1 saya di bagian power ada resistor yang mati,kelihatanya kebakar, namaun saya coba gonta ganti itu resistronya yang sama tetapi blm bisa, apalagi selain resistor kira-2 yg berhubungan dengan power ini jenis rangkaian ps adalah sr679 1-468-218-22 sebelah elco 47 uf. yang mati suwun kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh maaf banget ya saya jarang banget bongkar PS1 hehehehe.......jadi ya belum tahu nilai komponen yang sampean maksud.
      Terima kasih sudah berkunjung,mungkin rekan-rekan di blog sebelah ada yang bisa membantu.

      Hapus
  29. mas aisy, sony kv-1405ge travo regulatornya mbenging/mendenging, "ngiiiiiing" begitu bunyinya. kira2 apanya mas? mohon bantuannya! hary, klaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan trafo regulator kendor juga bisa,ada beban pada output trafo juga bisa,kerusakan pada SE110/115 nya juga bisa,elco-elco di regulator coba di cek dan jangan lupa solder ulangnya.

      Hapus
    2. ternyata zener-nya konslet, mas.
      matur suwun, mas!

      Hapus
    3. tanya lagi mas. sony 1405ge. waktu saklar di-on-kan(tombol on-off belum dipencet), lampu indikator cuma nyala beberapa detik trus mati. padahal kan normalnya nyala terus, kecuali kalo tombol on-offnya dipencet(dinyalakan). yang dicek apanya mas?
      tegangan output regulatornya normal. mohon bantuannya! mohon dimaklumi, masih pemula! hehe. hary, klaten

      Hapus
    4. Coba periksa SE110 nya apakah sudah KO?

      Hapus
  30. trinitron tv kang 14 in suara ada gambar gk ada hanya garis putih di atas osd ada r abl bagus tegangan 1000 v vidio bagus mokomentar kang trim

    BalasHapus
  31. ic str s 6307 diganti dengan s6707 boleh mas? persamaan ic str yang lainnya apa mas? terimakasi

    BalasHapus
  32. mas kalau tv jadul sony trinitron gambar mekengkung sisi kanan dan kirinya terus ada garis garis seperti buku kira kira apanya ya.aku dah ganti ic vertikal tapi tetep aja sama hasilnya ngeblank dominan warna merah garis buku dan sisi kanan kiri tetep melengkung.ohya type tv nya kv 5184ge menggunakan ic cxa1213bs ic vertical upc 1488 mohon di bantu ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. muncul gambarnya nggak? atau hanya merah polos bergaris-garis saja? kalau merah polos bergaris-garis kemungkinan katoda R bermasalah.

      Hapus
  33. gambar muncul mas cuma cuma ya itu tadi ngblurrr ngga jelas pisan udah aku atur fokus nya tapi ngga ada perubahan...nuwun sewu nggih mas takon meneh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gambar kabur atau ngeblur tidak teratasi dengan menyeting pengaturan fokus,silahkan di ganti dulu soket CRTnya.

      Hapus
  34. ass sy herman dr kalimantan mau ikut nimbrung, sy ada tv sony trinitron 21 gambarnya tidak fokus, kira.. apanya, tlg pencerahannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar yang tidak fokus karena kurang tepat pengaturan fokusnya,atur dengan tepat pengaturan fokusnya di FBT maupun di board CRTnya.

      Hapus