Selasa, 28 Juli 2009

Tv SHARP Alexander Mati Stanby


                    Tadi siang dapet lagi panggilan servis untuk memperbaiki tv di rumahnya bapak Dafid/ibu Harsini,Karang,Mangge,Barat,Magetan.Dengan merk SHARP jenis Alexander type 51DXF200 dengan keluhan bila di hidupkan tv tidak mau start sama sekali jadi hanya lampu led aja yang menyala terus menerus,tombol panel depan tv pun tak berfungsi dari remot apalagi! Nggak respon sama sekali.
                    Akhirnya saya bongkar itu tv,langkah awal yang saya lakukan adalah seperti biasa penyolderan ulang terlebih dahulu di semua bagian setelah itu baru pengecekan tegangan,pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 116V terukur 150V,tegangan untuk Audio normal sekitar 20V,sedangan tegangan untuk 14V drop tinggal 7V saja,hmm....ada apa ini?
                    Kemudian saya dapati heatsink untuk IC regulator 9V seri 090RD1 ini sangat panas sekali,juga untuk diode penyearah dan R pembatasnya juga sangat panas sekali,woow woow woow ada apa lagi ini? Awalnya saya kira IC regulator ini yang short,tetapi setelah di ganti dengan yang baru,masih tetep saja,panas dan panas,hmm...apa ya penyebabnya?
                    Akhirnya saya telusuri semua komponen yang berhubungan dengan output dari IC regulator tersebut,akhirnya saya dapati sumber permasalahan berasal dari rangkaian Stereo/Surroundnya letaknya di pinggiran PCB utama,dengan soket dan posisi berdiri,ketika PCB mungil ini saya cabut dari soketnya,tv pun bisa hidup normal,tapi bila saya pasang kembali,langsung stanby.
                   YESS akhirnya ketemu juga sumber errornya,yaitu IC jenis SMD dengan type MZ-01E,tapi sayang sekali di pasaran belum ada IC jenis ini,tanya SHARP SERVICE CENTRE MADIUN belum ada stock katanya,Haduh haduh haduh iki piye? ya udah akhirnya saya potong aja L3501 yang terhubung dengan VCC IC tersebut dan ku coba hidupkan tv,hmm...tv bisa hidup tanpa cacat gambar,dan suara juga normal tapi mono he he nggak apa-apalah yang penting kan keluarga Pak Dafid udah bisa menikmati tvnya kembali,OKEY sukses buat SEMUANYA!!!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

287 komentar:

  1. Eem... Jadi ingat kalo kasus seperti itu aku pernah mengalami. Awalnya gmbr & suara normal, tapi setelah +-10menit mulai ada gangguan divertical yang menyempit, audio grudug-grudug.. Akhirnya standby..
    Ternyata IC reg 9 voltnya panas dan lama-lama drop..
    Sayangnya sampai sekarang belum ada komponen itu didaerahku. Aji-aji sedingaeh pun dipake. Dengan Transistor jenis NPN dan Resistor sebagai swicth, umpan dari IC program. Dan xx7809 sebagai regulatornya. Alhamdulillah empat bulan berjalan tidak ada masalah...
    Ikhlas-Cilacap

    BalasHapus
  2. Terima kasih saudara Ikhlas-Cilacap,tambahan masukanya sangat berguna sekali! Sukses buat Anda!

    BalasHapus
  3. Hallo kang sumaryanto? Piye kabare,,,sibuk to saiki? Lam kenal wae dr mr.bawon

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sehat walafiat sekeluarga,salam kenal juga dari keluarga Aisy

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALAW tv sharp lampu hijau terus merah kemudian mati bagaimana yaa. trims

      Hapus
  5. hallo kang Aisy lam kenal dari Batang nih ehhhh sekalian mau tanya aku dapat kerjaan Tv SHARP ALEXANDER buat Av bgs untuk Rf di aoto bablasss. manual podo waee iki aku dadi mumett TOLOOONG TOLOOONG. makasih yaa semoga bisa kumpul terus. Amin.

    BalasHapus
  6. Waduh ikut mumet aku karo masalahmu iki,coba di solder ulang di kedua chip SMD nya,kalo tunernya udah prnah nyoba ganti belum?

    BalasHapus
  7. Mas,... sy sedang betulin TV Alexander belum ketemu penyakitnya, Tampilan gambar Gelap, suara bagus,. Kira - kira dari Playback atau IC vertikalnya...?? Tegangan 180 volt untuk RGB Bagus, Mohon Penjelasanya

    BalasHapus
  8. Bagaimana jika screen di buka? apakah ada reaksi atau tetep gelap? bila reaksi yang muncul berupa 1 garis horizontal kemungkinan rangkaian vertikal bermasalah,akan tetapi bila reaksinya berupa garis-garis blanking kemungkinan sinyal video belum masuk ke blog RGB atau bisa juga H/T belum menyala,bisa juga tegangan untuk driver horizontal kurang bersih,lakukan dulu resoldering di daerah yang rawan panas seperti di bagian horizontal dan sekitarnya,vertikal dan sekitarnya,blog RGB,IC kroma/SMDnya

    BalasHapus
  9. Mas,.. trimakasih sebelumnya atas jawabannya.. tapi keadaan tv aku gelap (tidak total), coba buka screen FBT hanya sedikit reaksi, settingan bright & contras udah penuh, tidak ada garis vertikal & horizontal. Mungkinkah tv sharp (baru) kena CRT'nya..?? Trima kasih..

    BalasHapus
  10. adu.....h puyeng aku,tv china ku kl mau di star susah banget,kadang nyaut kadang ga mau.kaya ke protek di posisi stand by.padahal udah aku solder ulang tuh........Mohon penjelasannya dong master Aisy..dh ak cb pk fbt dan ic program yg lain,tp nihil.

    BalasHapus
  11. penyakit pada tv china biasanya bersumber pada komponen elco-elconya,reboisasi semua elco di output regulatornya,terutama untuk elco tegangan 16V nya,cek juga IC 7805/09/12 nya

    BalasHapus
  12. X-ZAQK CH=kal OSD muncul kemungkinan IC switch AV nya error,coba dulu!

    BalasHapus
  13. kang sebelumnya minta maaf kl ngrepotin..ak lg servis tv digitec sumo black casing.kl abis di matiin lama,tuk starnya ngejotdulu,tuk elco bgn tg tingi udah ku ganti..apanya yah kang.[legulator pk ic].

    BalasHapus
  14. satu lagi nihkang servisanku yang belum jadi,ak dapet tv sony trinitron 21"mesinya dah pk rakitan mesin huijia 14-21".saya dapeti tr horisontalnya almarhum,langsung ku ganti dengan yng br.mau hidup tp gambar kurang lebar ke kanan kirinya,bd heatsing pun panasnya ga wajar..mohon petunjuknya kang.trims{salam bt arys hulubanteng}

    BalasHapus
  15. kemana aja kang...tp syukurlah semuanya dh beres...stlh kupelejari ternyata rgb aslinya harusdi pasang...

    BalasHapus
  16. Ya syukur alhamdulillah bila semua dah beres,mohon maaf nggak sempet bales karena di kejar garapan,sukses selalu!

    BalasHapus
  17. ucap salut bt kang aisy...alhamdulillah atiku lega.kirain kang aisy ngambek gara2 aku copy postingnya ke blog aku tanpa konfirmasi dulu.kang bisa onlin lewat hp ga yah kl ak lg mentok tengah jln.makasih jg atas segala pagelaran pengalaman servisnya,dari semua itu ak nambah ilmu.mg kang aisy sehat slalu dan berumur panjang.ak pengen melu terus kang...

    BalasHapus
  18. oke terima kasih sharingnya,sukses juga buat ANDA!

    BalasHapus
  19. mohon keterangany bt mas aisy...tvku sharp alexander,gambar ada tp ga bisa terang(ky brigh o)bk screen.. dikit bngt reaksinya.untuk tgngn rgb yg 180v naik 250,tp sa'at aku lepas soket rgb dari crt tegangan br bs normal.ada kemungkinan kena tabungnya ga yah mas..?apa ada beda tabung sharp alexander ama hitachi,krn prnh di set ke hitachi bisa terang.(yg bikin rg alexander kan baru)makasih bt semuanya...

    BalasHapus
  20. Coba anda cek tabung CRTnya,buka dulu solderan Katoda RGB,kemudian nyalakan tv,lalu ukur tegangan pada masing-masing katoda,bila ada tegangan berkisar 40V sampai 110V pada masing-masing katodanya berarti katoda masih dalam keadaan masih baik-baik saja,akan tetapi bila tidak ada tegangan atau minim sekali nilainya bisa di pastikan CRT rusak.Bila mainboard udah di tes ke CRT lain dan tidak ada masalah,kemungkinan besar memang CRT rusak,silahkan di cek dulu

    BalasHapus
  21. bos aku punya tv digitec sumo kalo dinyalakan lampu indikator berkedip, yang di ganti apanya bos. makasih.

    BalasHapus
  22. Coba ganti dulu semua elco di bagian regulatornya,solder ulangnya jangan lupa.setelah itu cek apakah TR horizontal short apa tidak,FBT tidak ketinggalan pula ikut di periksa,juga elco-elco di rangkaian horizontalnya.

    BalasHapus
  23. Mohon pencerahan nih Mas, soalnya Ane masih newbie di bidang beginian, cuman hobby doank jadi coba2 mereparasi ndiri Tv temen ane hhhe udah punya pengalaman sekali bikin tv temen juga dengan kasus serupa udh sempat jadi,Tvnya Sharp 29 CZar, Kemarin gara-gara kilat tiba2 tvnya cuman stanbye aja , belakangan udah beberapa bulan dibiarin tvnya gak bisa hidup lagi (lampu stanbyenya gak nyala juga). IC kontrolnya udah di ganti,terus di cek di saklar dan semua yang berhubungan dengan power , kayaknya kelihatan ok aja, mohon bantuannya Mas Aisy ya.. Trims sebelumnya..

    BalasHapus
  24. kalo lampu indikator belum menyala kemungkinan memang rangkaian regulator belum bekerja,cek aja dulu semua komponen di regulatornya,terutama STRnya,kemudian cek tegangan outputnya,apakah sudah normal semua baik untuk B=nya,20V,16V.tidak menyalanya led indikator bisa juga disebabkan karena belum adanya tegangan 5v yang masuk ke aisy programnya,cek 7805nya

    BalasHapus
  25. Salam kenal mas.. :) saya ada masalah di tv digitec sumo 14" punya ortu di kampung tr horz selalu jebol pokoknya ga nyampai 24 jam kira2 penyebabnya apa saja mas? Apa kudu sampai ke yokenya yg di ganti? Satu lagi mas, tv jhonson 29" jadul punya tetangga suara ok tapi ga muncul gambar, tadinya redup sekarang gbrnya ilang samasekali. Mohon pencerahanya mas, maaf mborong pitakonan hehe.. Salam sukses.

    BalasHapus
  26. Untuk tv digitecnya coba di ganti dulu semua elco di bagian regulator,B+,horizontal/vertikal,usahakan B+ sekitar 115V,bila masih membandel,cek semua C volt tinggi di bagian horizontalnya,cek juga yokenya hangus apa nggak,bila masih bandel juga,ganti FBTnya.Untuk Tv Johnsonnya coba cek horizontalnya kerja apa nggak,heater nyala apa nggak? Kalo nyala berarti CRT normal.

    BalasHapus
  27. Met sore mas, ketemu lagi nih hehe.. Untk jhonson yg di atas horz normal, teg heater ada, cuma elco teg tingginya yg pd kembung , sudah saya ganti cuman gambarnya masih kurang kontras/mblobor, setingan vr smuanya sudah maximal. Apanya lg tuh mas mohon bantuanya. Matursuwun..

    BalasHapus
  28. Mohon pencerahan Mas;saya punya tv merk TCL 21 inchi kl pertama start gambar ok,tp suaranya cuma suara semut/raster,kl diganti ke chanel lain suara langsung hilang,dah dicoba dimatikan trus di hidupkan lagi tetep aja gak ada suaranya[gambar tetep ok],kira2 apa penyakitnya ya Mas? makasih bantuannya.

    BalasHapus
  29. kalo gambar kurang kontras kemungkinan dari kualitas CRT yang menurun,atau ada juga komponen di bagian ABL yang error

    BalasHapus
  30. DEDY=coba system suaranya di setting dulu ke posisi BG jangan ke D/K,M,I

    BalasHapus
  31. lam knal mas aisy..
    mohon pencerahan.... saya punya tv alexander slim pas dinyalain cman nyala lampu indikator sebentar trus mati lgi...
    kira2 apa dulu yg hrus di cek???
    makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  32. Mas lagi2 ketemu nih, moga ga bosen dgnku hehe.. Mau nanya mas untuk digitec sumo 14inc ic reg dah ok cuma tidak mau star, stby mulu lampu inktornya, pake remot pake manual jg ga mau star . Apanya ya mas..

    BalasHapus
  33. UDIEN=coba periksa semua tegangan output regulatornya,sudah lengkap semua apa belum? pin Hvcc pada aisy kromanya sudah dapet tegangan 9V/12V apa belum?

    BalasHapus
  34. Bos, lam kenal, keknya jadi tempat curhat tv nich.. Saya punya TV sharp alexander slim II 21DXS250E tersambar petir, saya dah cek dan ganti komponen di bagian power supply nya, led indikator sudah mau nyala, tapi CRT nya ga ada reaksi. Saya coba pake remote / manual tetap ga reaksi. Kira2 bagian mana lagi nich yg hrs di cek? Thx bantuannya..

    BalasHapus
  35. DEWA=kalo tersambar petir biasanya aisy programnya kena,coba di cek dulu

    BalasHapus
  36. mas aisy yang baik ikut tanya juga neeech
    say lagi ngerjain tv sharp q beat 14r20d2,,,awalnya tv mati total.tegangan B+ ga keluar setelah saya solder ulang dan saya ganti str w5453 b+ mau keluar tapi tv ga mau nyala ,malah r758,759,760,,gosong shingga nilainya ga bisa kebaca lagi,,,saya ukur ketiganya ,nilainya sekitar 10 ohm,biarpun ragu saya ganti semua dengan yangbaru,,saya udah coba cari skema tapi ga nemu tuchhh ,,
    dan tt 2140 untuk fly back juga short ,saya ganti juga ,,,yah ad perubahan mas
    tv mau nyala tapi cuma sesaat belum sempat terang layarnya udah stand by lagi,,setelah diukur B+ naik se3besar 150v saya jadi bingung
    elco untuk jalur b+ pun udah saya ganti ,untuk tegangan yang lain normal keluaranya,,tv sharp ini ga dipasangin octocoupler jadi ngelacak B+ g normalya saya masih mumet mas ,,,mudah mudahan mas aisy bisa ngasih solusi yang mantap ,,,
    sebelumnya saya minta maaf kalo semisalnyalnya saya posting kurang sopan atau ada aturan aturan tertentu sebelum ikut nimbrung diblog mas aisy dan saya ga tau..mohon dikasih tau dan dikoreksi karena dalam masalah kaya gini saya masih awam harap di maklum

    BalasHapus
  37. Wah, repot jg yach kalo smp kena ic programnya, soalnya SMD punya eh.. Tapi aku cek lg, aku dapati satu transistor SMD nya rusak, dgn code H-R pada transistor tsb. Kira2 bisa diganti dengan yg konvensional punya ga ya Mas? Kalo bisa, dengan type apa? Boleh dunk di share skemanya utk TV Sharp Alexander Slim II (21DXS250E) ini. Thanks atas responnya..

    BalasHapus
  38. ZiKRAFATAN =coba ketiga R yang gosong di ganti sesuai nilai originalnya.

    BalasHapus
  39. DEWA =hehehehe.......IC smd nya murah kok,nggak nyampai 200rb wakakakaka.......kalo transistor smd nya coba pakai A1015.

    BalasHapus
  40. by:gagaz service (tegal.jawa tengah)

    ada yg punya skema alexander 21GXF250E2 ga? karna aku lagi nanganin tv tsb keadaan stanby... please kawan kawan

    BalasHapus
  41. coba di cek di sini ubeg semuanya kali aja ada yang cocok heheehehe.....

    BalasHapus
  42. salam kenal mas..saya okie..saya punya tv sharp Q beat 20R200,awalnya tv kena tetesan air,kondisi tv posisi stnby pada saat kena air,tiba2 tv on sendri dan suara langsung besar..langsung saya off kan.bsknya saya on kan lagi tv hidup normal tapi tidak bisa pindah channel,vol up/down jg gak bisa,kontrol dari remot gak ada yg mau,cuma tombol power dari remot saja yg bisa,saya curiga sama ic ix3098ce nya..mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  43. oh y mas ada pasien satu lagi tv sharp juga 21 inc czar type 51ZF508B,rusaknya pd saat sy on kan lampu merah kedip2..sy cek Tr horz rusak,sdh saya ganti dg tr D 2581 ke D 2587 eh malah pas di on kan lamp led merah...hijau...merah lagi...apa lagi yg harus di cek mas Aisy..tolong pencerahannya

    BalasHapus
  44. OKIE=untuk sharp qbeat ,aisy programnya bermasalah

    untuk cezarnya cek dulu R fuse untuk tegangan 180Vnya

    BalasHapus
  45. lam kenal mas, saya punya sharp alexander mati standby, ic program sudah di ganti, trus komponen TEA 8172 pecah, kira" apa penyebabnya mas.... trus kl komponen TEA 8172 nya udah di ganti kira" bisa normal ga. makasi mas...

    BalasHapus
  46. mas..aisy lam kenal dari yukif nich.. gmn cara service tv china yg hanya lampu standby saja.. tdk bs on baik lewat remot/tombol panel.. kira2 apa yg rusak..? makasih sblm nya..

    BalasHapus
  47. makasih mas atas infonya....
    aku juga mau tanya nich....mereknya sama sharp model juga sama....suara normal cuma gambarnya goyang getar....kayak klo monitor kena kipas angin dari belakang...itu apanya ya mas...???? minta petunjuk dunk...!!! dah mumet berat nich....elko2 udah saya gantiin semua yg ada di bagian regulator sama out put regulatornya.....saya mohon....

    BalasHapus
  48. YUKIF = coba sampean ganti aisy memory dan crystalnya dulu,cek Tr A1015 di bagian regulatornya.

    BalasHapus
  49. INGIN TAHU = waduh aku sendiri lupa tuh hehehhe...tuh tv pakai aisy apa ya? maklum harap hehehehe.......

    BalasHapus
  50. 20x20 gambar normal setela 10 menit stby terus hidup lg makin lama makincepet sy=tbynya panya thanks kang Aisy

    BalasHapus
  51. coba solder ulang dulu dan cek semua tegangan normal apa enggak lebih-lebih tegangan untuk heaternya dan 180Vnya.

    BalasHapus
  52. Salam mas Aisy, Smoga sehat N sukses slalu. Saya sangat terbantu dengan blognya mas Aisy, saya ucapkan terima kasih banyak atas ilmu dan pengalaman nya. O ya, kalau bisa saya juga mau tanya saya kehilangan komponen di salah satu tv,Digitec DM143033 Ic301(18pin DIP) saya lupa serinya tlg mas Aisy berkenan membantu.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Bos tv sharp saya utk nyalakan VCD tdk keluar gambar tp suara ada,kamudian sy coba goyang PCB nya gamabr ada tp hilang lg,apanya ya bos ?

    BalasHapus
  55. silahkan solder ulang dulu di area jek RCA untuk AV inputnya,juga pada ic kromanya.

    BalasHapus
  56. gan tolong dong kode masuk sharp Qbeatnya....

    BalasHapus
  57. kalau ada 2 buah jumper di bagian PCB yang bolong,silahkan di shortkan sebentar.

    BalasHapus
  58. gan tlong bntu ya??????tv alexander q stanbye...udah q solder ulang smua ttp gak nyala..start bntar gak smpat mncul gbr trus stanbye lg apane gan

    BalasHapus
  59. mas aisy tlong bantu..alexander slim 21AXS250E3 single IC IXD067WJZZQ. Kasus matot trsambar petir. Regulator STR W6553A rusak dan optocoupler P123 pecah. Stelah dignti tv hidup sbentar trus protek. Data tgangan pd saat on normal. Output regulator, 115, 20, 9 dan 5v normal. Output FBT, HV, focus, g2 katode, heater, 24v nrmal. Output vrtical jg normal. Tlong bntu mas letak pin proteksi dr ic single tsbt ( SMD 4 sisi..mumet.com). Atw kalo mas pnya manualnya. N, service mode nya apa ea? Dah sgala jrus srvice mode sharp g da yg mempan mbuka proteknya. Sy harap bntuan mas aisy. Trimakasih

    BalasHapus
  60. Tv LG dengan type 21FU2RD Ultra Slim ini menggunakan IC Single utama LV76211-3C-5AL5, Regulator: STR W6554A, Horizontal: C6090, Vertical: LA78141, Audio: LA42102 dan FBT-nya menggunakan type BSC25-N0329 kondisi mati, led mati dan terdengar bunyi tik-tik pelan. saya cek tr hor jebol trs sy gnti baru trs tak idupin timbul loncatan listrik di PCB n tr hor nya jebol lg deh... kasih solusi donk, ditnggu dan lam kenal...

    BalasHapus
  61. ANONIM = IC SMD 4 sisi.com nya ada berapa pin itu? kalo yang pakai 100pin proteksinya ada di pin 81 dan 83,kalau yang pakai 80pin proteksinya di pin 63.

    WILLY = silahkan di periksa area horizontalnya,terutama kapasitor yang di kolektor horizontalnya,meskipun kelihatan masih bagus,coba di ganti dulu dengan yang baru.

    BalasHapus
  62. kang gadah skema sharp type 21df251e2...

    BalasHapus
  63. mas willy <-- klo LG tuch FBTx mudah jebol.ganti 1 paket.Tr hor sma FBtx. Insya Allah Tok cer
    -Arek Soeroboyo-

    BalasHapus
  64. saya sedang service tv sharp 20r200 gambar bagus ttapi suara hilang apanya yang rusak ya dan kata teman saya buka saja transistor muting, yang saya tanyakan transistor mutingnya daerah mana ya.

    BalasHapus
  65. Sharpnya menggunakan IC apa saja ya? Karena tiap-tiap IC program ada yang pakai MUTE ada pula yang nggak pakai MUTE untuk audionya.

    BalasHapus
  66. sy dpt kerjaan alexander 29" problemnya tv warna hijau. merah dan biru gak keluar. tapi OSD merah dan biru keluar. blueback jg keluar. teg. RGB nya OK. mohon pencerahan mas... trims...

    BalasHapus
  67. asalamualaikum mas,blog sampean emang jos gampang dipahami,gampang dicari...mas saya nanganin tv sharp alexander slim2.tadinya protek setelah saya cuci hidupraster ada suarapun ada..eh tapi lama mati bablas alis atanby...saya cek vcc125 ada 5v jg ada ...tolong solusinya mas....mohon dibales.ato ke email:nanoruhyono@yahoo.co.id

    BalasHapus
  68. bgaimana cara mereset password tv sharp alexander slim

    BalasHapus
  69. Mohon bantuannya kang ... Saya lagi hadapi TV sharp SLIM 21" 21AXS250E . posisi standby, nyala sebentar langsung mati. kira2 terprotek apa ni... mumet rek. sebelumnya masalah pada IC Vertikal pecah. saya ganti bisa hidup 1 jam trus sekarang mati total / stand by . B+ normal 125v. Teg 17v Normal, 13v Normal.

    BalasHapus
  70. HUMANIS FISIP UNHAS = waduh belum tahu saya,tapi kalau password defaultnya kalau nggak salah 0000 dan 2398

    ARSA07 = coba diode zener 27V untuk Xray protection di ganti dulu

    BalasHapus
  71. tambah pusing kerusakane tv saiki.kang aisy ak ono tv sharp amor kerusakan 10mnt stnby kadang nyampe 1jam normal semuanya udah di solder ulang opone kang aisy tolonggggggggg

    BalasHapus
  72. coba zener Xray protection di ganti disik ukurane 27V,manggone neng jalur Heater lan ABL

    BalasHapus
  73. mz aisy saya punya masalah TV panasonic Quintrik 14" dengan kerusakan let cuma nyala hijau gmn solusinya..? thks

    BalasHapus
  74. Assallammu'allaikum Maz aisy,,,oiya Maz,,mau numpang nanya Maz,,saya punya pasien Tv SHARP Alexander slim2 29"mati standby lampu indikatornya nyala merah,,klo boleh tau kira2 apanya ya Maz,,

    BalasHapus
  75. Mohon petunjuk saya servis sharp alexander slim 21 in kalau di onkan semua tegangan ada semua.... sesaat langsung stanby lagi layar ndak sempat buka untuk ic kromanya pake ixD067wjzzo .....dari mana dulu ngeceknya trim's LESTARI SERVIS Comal

    BalasHapus
  76. mas aisy,saya heri mohon bantuanya dong.
    gimana caranya mengeset RGB TV SHARP ALEXANDER 21DF251E.
    juga gimana setting defaultnya.
    makasih banyak sebelumnya,ditunggu jawabanya ya.....trimakasih

    BalasHapus
  77. salam kenal mas Aisy ...bertambah pengetauan saya setelah membaca artikel" anda smoga selalu sukses......

    BalasHapus
  78. salam kenal mas Aisy ...bertambah pengetauan saya setelah membaca artikel" anda smoga selalu sukses......

    BalasHapus
  79. hai mas bro,,, bro ini kassus sharp 14B25 bikin pusing. pertama start norml aja sekitr 5 menit stby (protek on). setelah itu dinyalakan lagi malah cepet stby sktr 1 mnt. akhirnya sy potong pin jumper 497 mau norml. sy tunggu gak tampak tu biang kerok stby nya. gmbr ma suara normal. tlg bantu,,, thanks B4...

    BalasHapus
  80. mas aisy.... yang baik aku punya problem, tv sharp wonder kalau pertama kali susah dihidupin terus kadang-kadang mati sendiri dan lampu indikator merah nyala berkedip terus mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  81. maksih banget mas atas solusinya.... sekarang ada lagi mas gejalanya persis sama tv sharp Qbeat cuman lampu merah berkedip 8 kali kira-kira apanya mas ? saya mohon kemurahan hati mas Aisy......smoga Tuhan yg membalasnya...

    BalasHapus
  82. kang aisy mhon bantuannya , ni da kasus tv sharp alexander klo dinyalain gambarx ada normal cuman warnanya yang muncul tidak merata alias cuman separuh doank yg separuh ada warnanya tp g rata seperti garis2 ... kira2 bagian apax kang; mohon pencerahannya,,
    nb.tr,R RGB DA DIGANTI, TRUS elco bag rgb,vertikal,sekunder, teg 180v JGsudah di reboisasi

    BalasHapus
  83. kang....tv sharp alexander slim..pas dinyalakan lampu merah, trus kedip 2x trus merah terus...apanya ya kang...mksh atas pencerahanya..

    BalasHapus
  84. mas mau nanya tv alexndr slim lampu power nyala terang terus redup merah, 180v 0%...
    mohon penerangannya

    BalasHapus
  85. mau nanya tv saya alexander slim 2.suara hilang tapi gambar bagus.klo dibesarin volumenya bunyi gluduk2.kenapa ya?newbie nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di periksa speakernya dulu,kalau masih OK silahkan di cek IC audionya,kalau masih OK juga silahkan cek solderannya.

      Hapus
    2. ini tman baru mao minta tlong Kang tv sharp 21 BXS3150 maaf lupa serinya tadinya ksusnya Stanby hidup berulang2 akhirnya skrang hanya standby tr horinya mati aku ganti pake digitec d1877 mati lagi sampe haesing aku sentuh mlonyoh tanganku minta solusinya kira2 apa ya penyebabnya maksih atas jawbanya

      Hapus
    3. Silahkan cek FBT,yoke,dan komponen-komponen pendukung rangkaian horizontalnya Kang!

      Hapus
  86. Mas saya mohon bantuan, saya lg memperbaiki tv shar alexander slim, layar gelap suara tidak ada. teg 180V drop, teg G2 0v. kira2 apa penyebabnya ???
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan heaternya? apakah sudah menyala?

      Hapus
    2. Heater jg mati. TVnya pake single IC IXD067WJZZQ. ada salah satu teg. ke IC tersebut yg drop, apa mungkin IC trsbt rusak ya ??

      Hapus
  87. woooo....berarti tv belum bekerja tuh,coba periksa TR horizontal dan FBTnya di periksa.

    BalasHapus
  88. mas minta tolong dong sharp merek c-zar type51ZF508B audio tdk ada ic audio nya AN17803 jebol trus aq ganti tetep tidak ada suara.. speker nya di ukur nyambung.tdk putus minta skema nyA dong mas tolong thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Speakernya nyambung konslet apa nyambung normal? TV nya pakai IC apa saja?

      Hapus
  89. SALAM!!! mas saya punya tv sharp alexander,gambar bagus tapi suara hilang, cuma terdengar kecil skali. IC power audio bagus,jga tegangan 12v bagus.posisi audio sudah di BG, kira2 apanya ya? apa mungkin data memorynya ada yang korup bagian audio,klo harus didata ulang, data mana yang harus disetting? mkasih bang,saya tunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga!
      Saya rasa ada masalah dengan partnya,terutama di sekitar audio,coba cek transistor mutenya.

      Hapus
  90. luar biasa mas aisy, saya ga nyangka pertanyaan saya langsung di balas. tadi udah saya cek, dari IC power audio langsung masuk IC crhoma tuh kayaknya. saya cari TR muttingnya ga ada,atau aq lom ketemu nyarinya ya? mkasih banyak gan,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. TVnya pakai IC apa saja ya? biar mudah analisanya gitu hehehehe..........

      Hapus
    2. ic single:IXD067WJZZQ , audio: LA42102

      Hapus
  91. maaf mas aisy,skalian saya mau tanya: sya punya LG pear black 21'', lyar berlipat pada bagian bwhnya ,semua komponen vertikal sdh sya ganti termasuk ic vertikal ,deoda,condensator 35v/1000uf, 25v/2200uf nya sdh sya ganti
    tetpi tetap sja gambar berlipat pada bgian bwhnya, kemudian skitar 30 detik protek. makasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah....kebiasaan nih hehehehe.....kalau mau bertanya,silahkan di sertai info type Tv,dan IC-IC yang di gunakan,jadi lebih mudah penelusurannya.
      Kalau semua part sudah di ganti kok masih ngeyel,kemungkinan tegangan Vcc untuk IC vertical yang agak berkurang,ini Vcc IC vertikalnya pakai 24V atau -/+ 13.5V ya?

      Hapus
    2. hehehe,..iya,maaf gan. ICnya:LV76213_STR W6554 vertical:stv932. vcc vertical ok 26v. cuma resistor lom ada yg diganti

      Hapus
  92. mas mnt skemany sharp alexander 21" srpt gmbr diatas yaaa

    BalasHapus
  93. salam sejahtera bwat mas aise sekeluarga moga dalam keadaan sehat wal'afit...amin. mas aise yg jago aku lg punya masalah nih tv Sharp 21 inch GREAT ALEXANDER pake IC tunggal TDA 12110H1/ N200, gejalnya seperti terproteksi...kira-kira apanya ya mas ? aku uda puyeng

    BalasHapus
  94. boz tv sharp alexender slim saya tu sering mati sendiri,lampu led pun mati,kemudian tak nyalain tombol ON Off nya jg kadang susah.harus pelan2 mencetnya,baru mau nyala lg.tp setelah brp mnit kemudian mati lg dan harus ngulangin langkah diatas.
    tu apanya yg rusak y???

    BalasHapus
  95. From ivan = mas aisy, TV saya TCL 21" model 21181, gejala yg timbul, Tv nyala sekitar 5 menit, lalu mati,
    dan lampu indikator merah berkedip terus menerus, klo dicoba dinyalakan lagi, hanya lampu indikator merah berkedip,
    klo esokan hari di nyalakan lagi, sama seperti tadi, TV nyala 5 mnt, lalu lampu berkedip,
    apakah itu protek? apa yang dilakukan/diganti?klo ada gambar/skemanya, tolong dishare, tq sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk skemanya bisa di download di SINI Kang!
      Saya rasa masih di seputaran solderan yang retak ama elko yang kering diarea B+ dan horizontalnya Kang!

      Hapus
  96. romeo bdg: mas tv alexander 21,gambar galap/suara hilang osd muncul,di scan ga nyangkut semut pun ga ada, tapi di pake av gambar ada, kira kira apa mas yang jd masalah nya ...............? tks balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lebih lengkap lagi data-data tv sharp tersebut? agar lebih mudah diagnosanya hehehehehe......kayak dokter aja !

      Hapus
  97. romeo bandung: tv alexander pake ic tunggal smd x 080xxx ,intinya siaran tv blu back aj,di pake av gambar ada suara noise,ic smd nya panas,jd kira kira opo yang harus di obati he he he he...........he tks sebelum nya

    BalasHapus
  98. coba lakukan resoldering pada IC SMDnya,juga di bagian lainnya yang terlihat retak-retak.Kalau secara teori sih bagian IF video belum mendapat tegangan.

    BalasHapus
  99. TV diruma tuh mas rusak...hehehhe...NGADU AMA MAS NHEE...

    Mas aisy TV saya sharp type 21DXF252E2 masalahnya kalau dinyalakan tekan tombol power langsung nyala berkedip pinggiran layarnya warnah putih dan kemudian stanby.

    pertanyaannya.

    1. solusianya langkah awal apa yang pertama dilakukan?
    2. Apanya yang rusak ya?

    makasi banyak fathur nuhun...

    BalasHapus
  100. boz, saya punya tv sharp alexander model 21df251e2 dengan layar datar,.
    masalahnya begini boz : tv di hidupkan lalu tv tersebut berada dalam keadaan normal seperti biasa, kira - kira 4 jam lebih maka tv tersebut mati dengan sendirinya (lampu indikatornya juga mati), lalu di cek apakah listrik mati atau tidak ternyata listrik tidak mati kemudian di coba menghidupkaan kembali tapi tidak ada respon sedikit pun sehingga beberapa kali di tekan tombol power tetap tidak bisa hidup maka di tunggu dulu selama lebih kurang13 jam lalu di coba menghidupkan kembali dan tv tersebut bisa hidup,.
    begitu seterusnya apabila tv mati maka harus menunggu selama lebih kurang13 jam untuk bisa di hidupkan,
    jadi apa yang rusak pada tv tersebut boz ???

    BalasHapus
  101. Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudi berkunjung.

      Hapus
  102. cah kediri : haloo boss,,, piye kabare? duwe data service ALEXANDER CZAR 51ZF288S? matur suwun sak derenge. iki kasus e sys suara ngosos. tak rubah nek dk/bg/i/m. gak ada pengaruh

    BalasHapus
  103. slam kenal mas....sy pux tv panasonic model tc-20s22 mati total lampu indikator nyala tapi ada bunyi clik....clik....terus menerus..apa solusinya mas. trims sblumnya..dri ayyub makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa transistor horizontal dan FBTnya,pakai IC apa saja to tv ini?

      Hapus
  104. mas ane punya tv sharp alexander 21DF251E PK STR 5453.TV hidup normal ampe seharian pun bagus2 aja.tp kalau udh dimatiin susah hidupnya tunggu berapa jam dihidupin lg br bs normal.mohon sarannya bos apa aja yg perlu dicek dan diperbaiki.strnya udh ane ganti masih aja ky gitu

    BalasHapus
  105. Sudah di lakukan solder ulang apa belum ya? termasuk pada IC SMDnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh semuanya mas,malahan sekarang jeda waktu mati sendiri jd cepet,kl dihidupin harus tombol on/offnya ditahan bisa hidup kl dilepas mati lagi adu pusing nih mas mohon sarannya .makasih

      Hapus
    2. naaah itu sudah ada petunjuknya,saklar kalau di lepas mati,coba di cek saklarnya deh,kemungkinan bermasalah.

      Hapus
  106. mas aisy saya dapat servisan tv sharp alexander slim 21ahs253e dengan kerusakan ic vertikal la78041 pecah,setelah saya ganti ic tsb lalu saya hidupkan tv kembali normal selama 3 menitan mati kembali trus hidup lagi...saya pegang headsink ic vertikalnya panas sekali...saya coba bongkar defleksi yokenya...tetapi tidak ada yg gosong..saya ukur nilai hambatan defleksi vertikalnya 5 ohm...apa ini normal?trus apa yaa kira2 solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? kok 5 ohm saja,setahu saya sekitar 15 ohm lo.

      Hapus
  107. apa yoke nya rusak yaa?saya ukur menggunakan avo meter digital fluke...terbaca 5 ohm...tapi pada saat hidup yg kurang lebih 3 menitan itu gambarnya normal...vertikalnya juga full...tapi headsink vertikal panas sekali...tegangan vertikalnya juga normal 24 v...kalo ciri2 yoke yg rusak itu bagaimana yaa?

    BalasHapus
  108. salam kenal bang aisy,,ikut nimrung ni ,di bulog mas,,,salam sukses selalu,,,

    BalasHapus
  109. assalamualaikum Gan, salam kenal ni...
    Gan mau nanya ni aku dapat servisan tv sharp Alexander model 21DF251E2, menggunakan:
    STR W5453A,
    TR Horizontal TT2140,
    VERTIKAL STV9302B,
    FLYBACK RTRNFA132WJZZ
    Dan IC IXC080WJN4Q.
    permasalahannya: awalnya lampu indikator gak nyala, terus aku ganti tr horzontal nya,dan lampu indikatornya udah nyala, heater nyala juga tp terang nya gk kayak biasa.sekitar 4 detik heater lgs padam dan indikatornya redup.trus jika jumper J497 yg terhubung dengan pin ic nmor 63 dilepas tegangan b+ nya drop(sekitar 78v). permasalahannya apa ya gan...??
    tolong bgt ya gan, udh psing 99 keliling ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berati permasalahan masih di horizontalnya,atau mungkin FBTnya yang gemblung.

      Hapus
    2. waduh apa lagi ya? hmmmm....coba ubeg regulatornya dulu,cek zener,elko,dan solderannya.

      Hapus
  110. gan ap mungkin yoke nya ya, soalnya pas aku cek ad yg hangus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan, ternyata emang yoke nya yg bermasalah, makasih banyak yaa gan N moga-moga gk kapok ngebimbing kita-kita yg masih newbie N sukses slalu buat agan....

      Hapus
    2. sama-sama and sukses juga buat anda sekeluarga!

      Hapus
  111. selamat siang mas Aisy mas saya mau tanya tv sharp alexander saya kok warna layar nya dominan hijau kira kira apa yg perlu diganti y mas tolong dijawab dan ddijelasin ya mas trima kasih banyak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik di setting ulang dulu B/W balancenya dulu via service mode.

      Hapus
  112. kang aisy mau nanya saya ada Plasma LG Type 42PT350R trouble nya pada menu auto serch terkunci dan minta no pin ada tanda bintang 4 kotak. sedangkan pinx saya lupa, kira-2 apanya ya kang?...trim's atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WADUH untuk tv plasma saya belum pernah megang hehehehe........maklum tiyang ndeso!
      Coba tanya ke Kang SARIF mungkin mendapat petunjuk.

      Hapus
  113. mau tanya kang, untuk masuk service mode tv sharp expression type 51WF500. soalx aku ganti ic memory tvx langsung gelap dan tampilan gambar gak penuh atas bawah, trus disertai garis2 horizontal,,makasih sebelumx

    BalasHapus
  114. TV dalam keadaan OFF dari main switchnya,lalu tekan dan tahan VOL down (-) dan CHANEL UP di front TV,lalu ONkan main swithcnya,tunggu sampai service menunya muncul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah beres kang. mau nanya 1 lg kang ttg tv crystal 21". kenapa klu colok antena, tv langsung standby. sebelumx maaf kang klu aku byk nanya.

      Hapus
  115. lam knal mas, mau tanya dikit nih.
    klu mesin china setelah di hidupin beberapa menit gambarnya jadi gelap, screen sdh diatur tp tetap sj gelap. mohon pencerahannya mas.
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi di rangkaian ABLnya yang bermasalah,atau mungkin kapasitor di pin G2 minta di ganti/dilepas.

      Hapus
    2. mas, masih ada 1 lg nih, sharp alexander slim II 29DXS288MB2, awalnya mati protek setelah lakukan solder ulang tv udah normal, tp ada masalah baru, di layar ada lingkaran pelangi. ic rgb sdh diganti tetap sm hasilnya, saya cba pakai magnet bisa normal gambarnya tp masih ada pelangi sekitar 10cm di bagian bawah layar.
      kira" apanya yg bermasalah ya.

      Hapus
    3. Thankz Mas, masalah sudah beres skg.
      Sukses sllu bwt Mas n jgn bosan menjawab prtanyaan dari kami.

      Hapus
  116. Mau tanya mas, tv great alexander sya dlu sring mati(stanby), dah dservis malah remot g fungsi,kdang chanel ganti trus (kyk dpencet/tahan tmbol chnel up/down), kadang volume ikt naik / trun sndri,
    trus sya bongkar,liat2 aja, ga sngaja knp gt, tv hdup normal,remot ok,
    tp kok g da suara n muncul M. P. IN,klo dcolok AV suaranya ada,tp g ilang wlo gnti chnel TV,tmbah chnel dvd compnent, pdhal ga da jack nya, bhasa menu jg brtmbah 4,bysa cm english ni jd francais smp arab jg ada, layar tv pun brgeser 1cm k kiri
    Waduh, gimana ini..??
    Sya cek tmbol chnel up g fgsi, jd g bs buka seting menu,
    mhon bntuannya pd sya yg awam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan masuk ke service mode lalu nonaktifkan MP IN nya,kalau nggak mau repot bisa dengan mengganti IC eepromnya dengan yang baru,kosongan bisa,yang sudah berisi data juga bisa.

      Hapus
  117. cara laen msuk servis mode gmn mas? Kan tmbol chanel up g fungsi,
    kl gnti IC eeprom yg ada isinya brpaan kr2 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau IC eeprom yang sudah berisi data,silahkan datang ke service centernya.
      Kecuali sampean punya alat copy memory dan master eepromnya.
      Menurut saya coba pakai eeprom kosongan saja dulu,nanti di lihat gimana hasilnya.

      Hapus
  118. mas aisyi mohon pencerahan tvku alexander slim 21AXS888RD problem nyala setengah jam trus mati lagi begitu seterusnya apanya ya?




    BalasHapus
  119. salam kenal mas aisyi,mohon pencerahan tvku alexander slim 21AXS888RD masalahnya tv saya hidupin setengah jam trus mati lagi trus bisa nyala lagi tp setengah jam mati lagi begitu seterusnya,sebelum dan sesudahnya terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di solder ulang dulu,kalau nggak ada hasil setelah penyolderan ulang,baru silahkan ganti STRnya dengan yang baru.

      Hapus
  120. Lam kenal mas aisy...

    Mau nanya ne saya beikin tv alexander 21GXF250E...
    Kerusakan awaknya playbcak retak setelah saya ganti dgn yg baru tvnya hidup lalu protek kira2 apanya mas tolong bangaet ne....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tegangan heaternya naik lalu mengaktifkan X-ray protectionnya.

      Hapus
  121. Heaternya yg di manny ya mas...?

    Maklum baru belajar ne...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur/kabel heater tergabung dengan jalur 185V dan GND menuju PCB RGB CRT.
      Tegangan normal heater berkisar 3,3VAC sampai 4,5VAC.

      Hapus
  122. Terima kasih mas atas pencerahannya, moga ga bosan membimbing kami yg masih belajar

    BalasHapus
  123. mas mo nanya nih tv sharp alexander slim suara normal gambar keluar tetapi agak putih alias kurang jernih apakah itu kerusakan pada FBTnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa YA,bisa juga TIDAK!
      Coba lepas Capasitor di G2nya apakah masih putih juga?
      Atau kurangi level screen di FBTnya.

      Hapus
    2. klo level skrin di fbt udah di kurangi tapi gambar jadi keliatan redup kurang cerah..
      klo capasitor belum di coba..

      Hapus
  124. assalamu'alaikum mas, sebelumnya lam kenal kang, mau nanya ni servis mode tv sharp amor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matikan TV pakai tombol panel, tekan bersama-sama VolDown + ChUp pada panel, sambil ditahan hidupkan TV pakai tombol power panel.

      Hapus
  125. kk Aisy, kalo TV Sharp Monitornya berwarna merah,nyala suaranya,
    Gambarnya saja yang berwarna merah...
    itu apanya yang rusak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berwarna merah di sertai garis blanking atau berwarna merah total gambarnya?

      Hapus
  126. pak mo tanya neh
    tv sharp alexander slim 2
    gne pak, ko channel tv sya kok ngunci ya?
    Biasanya kan sya kalo ganti chanel pake tmbol up-down apalagi channel nmer 10keatas
    sekarang ne kalo tiap pencet up-down pasti balik ke chanel 1, dan kalo HUD ditampilkan di chanel lain deket angka chanel ada dot merah tapi dichanel 1 ga ada dot
    itu gimana ya pak? Diremote da coba pencet tombol "normal" tapi ga isa (cuma ngaruh di kontas/brightnes, dll)
    help dunk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan nonaktifkan fungsi SKIP pada masing-masing chanel yang ada dot merahnya,kalau ada dot merah berarti fungsi SKIP = ON.

      Hapus
  127. Ass, mas Aisy sy ada problem servis tv sharp alexander slim model 21 AXS 500
    IC Tunggal TDA 1211OH1/N200
    STR W6553A
    TR HOR C6090
    Vertikal LA 78041
    FBT BSC25-0224B
    dicolokin listrik protek led kedip 3x fbt seolah mau ngangkat ga jadi, tegangan B+ 125V normal, 5 V ada,
    ada zener D716 short dengan type 2VORSI (itu zener berapa volt mas)dijalur yang ke optocopler. vcc 30v ke tuner ga ada.
    peneybab protek kedip 3x apanya mas, maklum dah mumet bgt 2 minggu ga kelar.

    BalasHapus
  128. assalamu'alaikum mas, sebelumnya lam kenal kang,sya mau minta tolong mas punya problem tv sharp alexander slim 2 type 21DX250E tidak ada suara, gambar bagus, di coba pake dvd playerpun audio input nya suara gk ada cmn gambar doang,type ic audio nya LA 42102, dikomentar diatas ad problem yg sama ktnya transistor mute ny, klau bleh tau di sebelah mana ya, trus klau d ganti pake type berapa,kalau di liat di bwh pcb banyak kecil tpi gk type nya..seblumnya byk terima kasih...

    BalasHapus
  129. I'm impressed, I have to admit. Seldom do I encounter a blog that's both equally educative and entertaining, and let me tell you, you have
    hit the nail on the head. The problem is something too few
    folks are speaking intelligently about. Now
    i'm very happy I found this during my hunt for something concerning this.
    Review my weblog ; Lexington Law

    BalasHapus
  130. kalau ane laen lagi gan.tv merek dan tipe sama kerusakan star terus belum sempet buka mati lagi alaias protec. kalau di lepas resistor dekat ic vertical yang berjejer saya lepas satu yang paling atas tv hidup cuma vertical di layar tidak penuh atas bawah kurang satu jari lagi. solusi nya gimana tuh gan.. email ane dong cara ngatasi nya gimana.usman.nugraha@yahoo.com/ym sama add ane agan2 master

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kerusakan bukan pada rangkaian vertikal Bro!
      Coba periksa elco tegangan katodanya Bro! apakah kering?
      Kalau elco masih oke,silahkan cek zener 27V di rangkaian X-ray nya Bro!

      Hapus
  131. ass... maaf gan sy mau tanya, posisi rangkaian stereo surround pada pcb tv sharp 29" letaknya di sebelah mana ya..? trims sebelumnya...

    BalasHapus
  132. Type nya 29DXS250E2 oya keluhannya gak bs start, lampu led setelah hijau kembali merah, saya mau coba cabut rangkaian stereo surround nya seprti yg om aisy lakukan pada kutipan di atas, atau ada solusi lain, mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  133. maaf mas kalaw tv sharp... lampu hijau truss berubah merah kemudian padam ... kenapa ya mass trimmss

    BalasHapus
  134. assalammualikum saya orang baru mas.saya mau tanya tv alexanderpro 21pxf250e tidak mau start hanya standby ic regulator 9v tidak panas.kira kira apanya ya mas?terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  135. ass mas,,, saya orang baru. mas saya mau nanya'. tv akari 14'type AC 1488M dengan ic PTCS030201 DAN LA 76810B hidup mati hidup mati terus apanya yang harus diganti ya mas, semua sudah saya solder ulang'. terimakasih mas,,,

    BalasHapus
  136. Assalamualaikum.....Saya punya problem tv sharp alexander 21 (bukan slim) saat star tegangan untuk menghidupkan trafo driv horisontal langsung nol, bagaimana solusinya, sudah di cek tr driv nya dalam keadaan bagus, tegangan b+ dan lain nya normal.
    terimakasih sebelumnya, kalau boleh kirim salinan jawabannya lewat email.

    BalasHapus
  137. Assalamualaikum.....Saya punya problem tv sharp alexander 21 (bukan slim) saat star tegangan untuk menghidupkan trafo driv horisontal langsung nol, bagaimana solusinya, sudah di cek tr driv nya dalam keadaan bagus, tegangan b+ dan lain nya normal.

    Terimakasih

    BalasHapus
  138. Assalamualaikum wm wb, semoga mas aisy sehat adanya. Mas saya johan dari medan. Mau bertanya, saya lagi service tv LG 21" slim, pertama kerusakannya gak mau start dan bunyi "tik,tik" pada flyback, lalu saya ganti TR Hor nya, tp gak dengan yg bawaanya karena bawaannya C6090, tp saya ganti dgn D1555 karena saat itu gak punya mas, dan TV mau hidup. Umurnya satu hari aja, sekarang tv rusak kembali. Sudah saya ganti dgn C6090 mau hidup tapi gambar gak ada dan di belakang tabung, jika di ON kan semuanya nyala, dari heater sampai cahaya lain berwarna biru muda. Nah tolong di beri masukan mas, apa tabungnya rusak ataukah yang lain? terimakasih sebelum dan sesudahnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? kok ada warna biru muda segala,seharusnya cuma cahaya dari heater saja lo yang nampak,coba pakai CRT yang lain apakah gambar mau muncul?

      Hapus
  139. gan sy mt tlng donk..
    tv sy sony trinitron 21" . gambar nya berlipat gan, padahal py sudah ganti smua elco yg berhubungan ke jalur vertical. tlng donk dibantu solusinya gan..
    thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar terlipat di samping karena bermasalahnyaelko-elko di rangkaian vertikalnya,juga di sebabkan menurunnya tegangan B+.

      Hapus
  140. gak muncul mas aisy, malah R ABL nya panas trus putus terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan FBT bermasalah,atau periksa dulu jalur ABL mungkin ada yang short.

      Hapus
  141. mas tolong saya punya trobel dengan tv saya merek sharp aleksander slim tipe 21AXS500 dengan kerusakan gambar keder dan suara dengung.kalu buat av layar langsung menyempit ara vertikal tlong bantuanya bos dan minta sekemanya terima kasi banyak.

    BalasHapus
  142. mas... tv sharp matot,lampu led gak nyala(mati),tegangan drop semua,input 7805 cm 3volt.ada bunyi tik tik...str 6654 bagus.apanya ya??tlong solusinya kirim ke putdjie@gmail.com

    BalasHapus
  143. KANG AISY tv sharp picolo slim dengan ic IXD067WJZZQ di beri input AV gambarnya mleot-mleot kira2 apane ya ?
    tolong kang bantuane
    nduwe data pin IC ne Kang?

    BalasHapus