Rabu, 10 Juni 2009

Mengetahui Kerusakan Pada Defleksi (YOKE)


                Buat Rekan-rekan PEMULA! Televisi yang mengalami kerusakan pada defleksi/yoke biasanya ditandai dengan raster/gambar yang menciut atau menyempit di sisi kanan dan kiri layar,disertai kepulan asap di belakang CRT pada beberapa merk tv kadang-kadang disertai dengan suara denging dari flyback. Ada juga ditandai dengan mati/rusaknya Transistor penguat Horizontal karena terlalu berebihan menahan beban dari defleksi/yoke yang sudah short.
                Berdasarkan pengalaman saya,penyebab utama kerusakan pada defleksi/yoke adalah jamur yang berasal dari proses pengembunan yang terjadi di sekitar CRT,dimana udara panas yang ada di dalam tv bercampur dengan udara dingin dari luar box tv yang akhirnya menjadi titik-titik embun yang menempel pada karet-karet penyangga defleksi yang akhirnya membuat suhu di sekitar defleksi menjadi lembab ketika tv sudah di matikan,bebaslah sang jamur tumbuh disana yang kemudian menggerogoti coil defleksi sedikit demi sedikit yang akhirnya sampai di coil inti,bila sudah terlalu banyak coil yang terkelupas lapisan emailnya,saat tv dihidupkan akan terjadi loncatan listrik di antara coil-coil tadi sehingga defleksi menjadi short dan terbakar.
               Saat penggantian defleksi baru,karet-karet penyangga lebih baik tidak usah di pasang kembali karena akan menimbulkan masalah baru(hanya untuk defleksi yang terbakar). Adapun nilai hambatan pada tiap defleksi/yoke pun berbeda-beda,untuk bagian horizontalnya mulai dari 1,2ohm sampai 5ohm (setahu saya sih he he...),sedangkan untuk bagian vertikal mulai dari 14ohm sampai 17ohm.
               Untuk pengukurannya bisa menggunakan multitester digital maupun model jarum,saklar selektor pada posisi OHM kisaran 200 (digital) 1* (jarum).
* Probe hitam tempelkan pada pin horizontal yang kanan dan probe merah pada pin horizontal yang kiri.
* Display menunjukan nilai hambatan harus diatas 1,2ohm,kalau dibawah nilai tersebut kemungkinan gulungan horizontal short.
               Untuk gulungan bagian vertikal,probe hitam tempelkan pada pin vertikal kanan dan probe merah pada pin vertikal kiri,display menunjukan nilai hambatan berkisar 14ohm sampai 17ohm.Short pada gulungan bagian vertikal sangat jarang terjadi.
               Demikian sekelumit ulasan dari saya,semoga semakin menambah pengetahuan bagi rekan-rekan kita yang masih pemula, bagi rekan-rekan profesional yang ingin menambahkan ulasannya di tunggu di kolom komentar he he he..... SUKSES BUAT KITA SEMUA



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

201 komentar:

  1. Wow...setelah baca blog mas jadi tambah ilmu.... Makasih atas semua penjelasannya (ampe lengkap sama tempatnya) Aku iri lihat photo profil mas ma keluarga (lucu). Semoga kita bisa menjadi partne karena bergelut di bidang yang sama (walau sepertinya mas lebih senior hehehe....!) Sukses selalu.....

    BalasHapus
  2. terima kasih saudara Danang atas kunjungannya,semoga kita bisa menjadi partner yang baik,sukses juga buat anda sekeluarga

    BalasHapus
  3. pantesan kalau ganti konde digitek sebulan kebakar lagi lha wong karetnya ndak di buang,, ya mas

    BalasHapus
  4. tips bagus mas, btw bisnisan lancar mas ya hehehe

    BalasHapus
  5. terima kasih alhamdulillah lancar and terkendali he he

    BalasHapus
  6. dari dulu sy mencari blog tentang cara perbaikan tv dan ternyata di blog mas ini banyak aku temukan pengetahuan-pengetahuan yang bagi aku sangat bermanfat sekali..dan semoga mas selalu sukses.

    BalasHapus
  7. tv saya pernah hangus yoke nya klo dinyalain ada bunyi desingan dan mengeluarkan asap. saya cuma mengganti yoke-nya saja, tv hidup lagi tapi gambarnya berbayang. misalnya klo ada gambar orang di sebelah kiri (berwarna) maka ada bayangan tipis disebelah kanan (tdk berwarna). apa ada komponen lain yg rusak?

    BalasHapus
  8. Coba anda setting dulu cincin puritas warna(konvergen)

    BalasHapus
  9. apakah flyback rusak bila diukur dgn multitester nyambung antara kaki gnd degn kaki heater dan kaki gnd dgn yg lain tdk nyambung

    BalasHapus
  10. Antara kaki GND dan H/T normalnya memang menyambung jika di tester,sedangkan yang tidak nyambung yaitu antara kaki GND dengan COL,ABL,B+,185V,tapi ada juga pada beberapa FBT yang antara kaki GND dan 185V nyambung (Panasonic),ada juga yang antara kaki GND dengan ABL yang nyambung (TV China).

    BalasHapus
  11. Mas saya ada masalah tv dgn layar blank ijo dan separuh lagi diatas merah, suara normal saya udah ganti Ic 7840 dan elco di sekitarnya tapi tetap begitu dan ada bunyi ktak...ktak... ditabung.kira2 apanya mas yang rusak,mohon solusinya mas thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Blank ijo bergaris-garis tipis atau nggak? Kalo ada merahnya ganti dulu komponen thermistor untuk kumparan degaussingnya.

    BalasHapus
  13. Betul mas ada garis putih seperti garis pada buku maaf ni mas untk thermistor degaushing yang kayak apa mas kurang tau kalau istilah itu maaf ni baru belajar moga mas bisa bantu..

    BalasHapus
  14. Oooo....okelah kalo begitu hehehe...CRT anda short circuit antara Katoda terhadap GND,coba atasi dengan cara seperti pada postingan saya tentang short katoda,untuk thermistor letaknya di bagian AC inputnya,bentuknya kotak warna hitam,jumlah kakinya ada yang 2 pin ada juga yang 3 pin,dan terhubung dengan kumparan degausing yang mengelilingi CRT.

    BalasHapus
  15. Oke mas untk degaussingnya termistor kocak didlm aku ganti warna merahpun hilang tapi ini mas yg masalah short G1 degn KG pas di ukur dgn Av mtr tegangan 0v di cabut ataupun di pasang pcbnya unt tgngan yg lain oke +190 masuk G1 dgn yg lain ngga short,saya ukur G1 dengan KG 0v saya ukur kaki R 915 =18 ohm dari jalur +190 tgangan ada saya ukur kaki R yg sebelah nggak lewat pada hal R tersebut nggak puts,saya tkr lagi R yg sama R dari KB tetap nggak masuk saya cabut tu R dan ukur dgn Av mtr pakai X1 jarum tes ngga bergerak saya putr ke X1k kok 18kohm saya cabut lagi R yg sama nilainya juga 18kohm warna gelangnya =cklt,abu2,htm,merh.emas.apa nilai R naik.tapi yg short KG pada hal KB dan KR Rnya juga 18kohm.udah di solder bagus ttp saja begitu komponennya juga ngga ada yg short di pcb RGBnya"""di koreksi mas kalau pengukurannya salah...

    BalasHapus
  16. oke lah kalo begitu hehehehe......sekarang coba buka solderan masing-masing pin RGB,kemudian nyalakan tv,apakah tv masih blank ijo bergaris-garis? bila masih berarti memang benar-benar short katoda G tersebut,untuk mengatasinya silahkan baca postingan saya berikut short katoda dengan G1

    BalasHapus
  17. Oke..de.. udah saya bebaskan solder pin KG.KR.KB layar gelap.saya solder pin KR dan KB, layar tdk blink hanya dominan warna merah (ada gambar) sebelumnya udah saya coba metode short katoda dgn G1 3x,tetap blink ijo. walau harus pasang kuda2 dulu mas.. akhirnya kaget juga ...oh iya mas apanya yg masalah ya mas ini tv.

    BalasHapus
  18. oke sekarang giliran pengukuran tegangan katodanya,buka kembali solderan pin RGBnya,lalu nyalakan tv,lalu ukur tegangan di masing-masing katoda bila semua normal seharusnya ada tegangan sekitar 40v sampai 110V,bila pada katoda G tetep 0V tegangannya berarti katoda G sudah mati,tapi bila katoda G tetep ada tegangan seperti yang lainnya berarti masih ada komponen yang nggak beres,coba cek 3 transistor untuk RGB di dekat aisy kromanya.

    BalasHapus
  19. ..Memang tu tv trnya yang masalah.tapi ini lagi ni mas, gambar udah muncul, tapi pada bagian tengah ke bawah gambar lonjong.dan di sisi kiri tv layar nga full stengah cm,pas diputar VRnya e..eee Rnya panas di bagian Regulator drive dekat trafo.wa..apanya lagi ni mas!

    BalasHapus
  20. mangsutnya yang sampean puter VR yang mana? untuk R di regulator yang 2 watt memang sangat panas normalnya.

    BalasHapus
  21. ...maaf mas kalau kurang jelas,VR yang dekat trafo yg banyak kakinya di luar regulator R yang besar bundar putih menuju emitor trD2102 dekat FBT panas bila VRnya diputar,kurang tahu mas,nama blok2nya mohon dikorek lagi klau salah"""

    BalasHapus
  22. Kalo gambar seperti itu coba tegangan B+ di normalkan dulu,ini tvnya apa to?

    BalasHapus
  23. ..tvnya AKIRA model CT-21PH9CP 21" itu tertulis di chasingnya mas..

    BalasHapus
  24. Aisy program ama kromanya type berapa?

    BalasHapus
  25. Untuk Ic prog=CHT0410__3598 5P78 2JD1 dan Ic kromanya LA 76810A __itu mas,

    BalasHapus
  26. ..tegangan B+ masuk 190V ,130 di kaki FBT Juga ada ,tapi gambar masih begitu dan bila AV dipungsikan dilayar kentara menyempit kiri,kanan kurang lebih 2cm,

    BalasHapus
  27. Jadi sekarang tv gambar dah nggak ijo lagi? Udah normal? Cuma gambar kurang LINEAR gitu ya? Dan kurang full sisi kanan kirinya gitu?

    BalasHapus
  28. ..iya mas ngga ijo lagi ,cuman gambarnya yang agak memangjang ,dan disisi kiri ngga full,kalau diposisi AV kentara deh... garisnya putih kiri,kanan,.untk tegangangnya normal mas,,,

    BalasHapus
  29. Oke sekarang coba dulu masuk service mode,untuk caranya bisa kunjungi zaenal electronic di sisi kanan blognya berderet service mode berbagai tv,coba dulu yang punyae Akira,kalo nggak bisa bisa pakai service modenya tv china,untuk gambar yang memanjang setting V.SIZEnya,untuk gambar yang kurang full sisi kirinya atur H.SIZE/PHASEnya.

    BalasHapus
  30. ..laporan lagi ni mas!untuk servis mode tv akira,saya sudah pakai cara yang ada di blog zaenal electronic,servis mode tv akira dan cina tapi ngak mau muncul menunya servisnya,apa ada mas cara lain untuk masuk servis mode,untuk gambar yg ngak full dan sedikit memanjang..terimah kasih mas sebelum dan sesudahnya atas panduannya. SUKSES TERUS>>>

    BalasHapus
  31. Oke kalo begitu pakai remote multi (universal),silahkan di search dengan menekan tombol VOLUME +nya,kemudian amati tv,apapun display yang muncul pada tv,stop pencarian/searching,kemudian save pencarian,lalu tekan semua tombol satu per satu,salah satunya akan berfungsi sebagai tombol service mode,bila belum berhasil,ulangi langkah-langkahnya sampai di munculan display-display yang lain,SELAMAT BERJUANG!

    BalasHapus
  32. ..ada saya pinjam ni mas remot multi tapi ngak tau no:kodenya untuk akira ,wah moga2 ngak jadi beban ni mas ...Malu bertanya pusing jadinya he.he.hee...

    BalasHapus
  33. Nggak pakai kode,karena ini searchingnya secara manual,jadi pencet tombol SET + POWER atau pencet tombol SET yang lama,led nyala kemudian tekan tombol VOL+ berulang-ulang,sampai muncul display apapun itu,kemudian stop searching dengan menekan tombol SET.

    BalasHapus
  34. Sudah saya searching pakai remot multi,yang muncul vol naik,bebera detik naik lagi,kemudian layar menyempit kiri-kanan diserta garis seperti coretan gempa ditengah,dan langsung aku matikan tvnya karna ada yang bunyi ciiiit dan timbul bunyi menciut saat di matikan,kira2 apanya mas yang kalah...

    BalasHapus
  35. Kemungkinan FBT atau defleksi yang keok,coba di cek!

    BalasHapus
  36. Apa persamaannya mas FBT BSC 66 J dan Transistor Horizontal D2102! nggak ada dijual,penjualnya hanya geleng kepala he,he,he...

    BalasHapus
  37. Kalau TV samsung 21" ketika dinyalain hanya suara yang muncul tanpa gambar (Ketika power on, warna putih muncul sekilas di pojok-pojok layar trus gelap), kira-kira kenapa ya mas?


    thx bantuannya.

    BalasHapus
  38. Cek semua diode zener di sepanjang jalur pin 5 aisy TDA6107Qnya,kalo perlu ganti aja aisynya,cek juga semua Rnya.

    BalasHapus
  39. Bang Aisy yg Baeik, saya pny persoalan. Tv saya SAMSUNG BioVISION 29inc Type sc7277. no casis sct51.. Gambarnmya koq GETAR2 (kanan-kiri), kaya signalnya gak stabil gitu. walau sedikit tapi sangat gak nyaman buat ditonton. Apalagi pas ada Tulisan (Teks/Runing Teks), hurupnya kaya dorong2an (kaya mau numpuk2)gitu Bang. Mohon pencerahannya ya Bang. Bagian mana yang hrs diSERVIS/diganti, apa aja. he..he..he.. Skalian Mendalami tehnik TV... mohon yang agak detail ya Bang.... Mtr-Nwn...

    BalasHapus
  40. Informasi yang sangat dibutuhkan. Thanks.

    BalasHapus
  41. mas aisy,sy ada kesulitan dgn tv LG,klau dinyalain rasternya full tp di sebelah kiri layar sktar 10cm dr pinggir dibatasi dgn garis hitam dri atas hingga kebawah lebarnya sktar 5cm dan klau gambarnya ada hanya separuh,sebatas garis hitam dan logo stasiun tv berada di tengah,mhon bantuannya mas....

    BalasHapus
  42. WAWAN SETIAWAN = coba setting EW WIDTH nya dengan masuk service mode terlebih dahulu

    BalasHapus
  43. sy udh msk ke service mode tp EW WIDTH nya gak ada mas,oh ya utk mengganti menu2 dlm service mode tekan tmbol apa aja mas,mhon infonya....

    BalasHapus
  44. tv LG jenis apa to? untuk berpindah dari menu satu ke menu yang lain,gunakan tombol yang berwarna itu lo.

    BalasHapus
  45. aslmkum pak,ma`f pak Q sbagai pemula merasa kebingungan mengganti defleksi yoke panasonic,setiap pengantian defleksi panasonic dgn defleksi baru tampilan layar selalu tidak penuh.sebenernya hambatan defleksi panasonic barapa tow pak?
    dan nomernya yang cocok sebagai pengganti defleksinya berapa,karena kesulitan mencari no yg sama...
    terus low ga` da gimana cara merombaknya?
    terimakasih...

    BalasHapus
  46. pak tv lg,tidak bisa memori tu gimana ya pak solusinya...
    m`af lupa tipenya...
    trus panasonic g` bsa nerima sgnal tv,pdahal tuner dah Q ganti dgn yg baru....
    panasonic tipe lama...

    BalasHapus
  47. WAHYUDI = tv panasonic memang gampang-gampang susah untuk defleksinya,cari yang resistansi horizontalnya sekitar 4ohm

    BalasHapus
  48. WA = kalo nggak bisa nyimpen,coba ganti dulu aisy memorynya,tv nya pakai aisy apa aja to?

    untuk panasonicnya pastikan tegangan 33V udah masuk di pin VT nya

    BalasHapus
  49. dah Q ganti Ic memorinya pak bos tapi hasilnya 0..
    teg, normal...
    pa yo pak...
    makasih...
    wadoh tpinya pakek pa ic pa ja,lupa Q...
    makasih pak bos infonya..
    calam kenal jaaa...

    BalasHapus
  50. tvnya udh bgs mas,sy adjust HSnya bru full gambarnya ke kiri tp sy mau nanya lg mas,bagamana cara mengatur kelengkungan gambar tv sanyo slim layar datar,apakah hrs msk di menu service?krn di PCBnya gak ada trimpot untuk mengatur kelengkungan gambarnya dan apa kegunaan trimpot yg ada pada defleksinya?

    BalasHapus
  51. untuk mengatur kelengkungan gambar pada tv sanyo memang harus masuk service mode terlebih dahulu,trimpot yang di yoke jangan diutik-utik lagi,nanti malah panjang masalahnya.

    BalasHapus
  52. untuk mengatur kelengkungan gambar pada tv sanyo memang harus masuk service mode terlebih dahulu,trimpot yang di yoke jangan diutik-utik lagi,nanti malah panjang masalahnya.

    BalasHapus
  53. Pak kalau mau ganti yoke dengan yoke tv lain bisa ngga'.soalnya sudah cari2 belum dapet juga,
    tv saya samsung 17" flat.
    terimakasih.

    BalasHapus
  54. kalo ganti yoke di usahakan sama dengan aslinya,karena kalo nggak sama,bisa-bisa malah tambah bikin mumet yang nyervis wakakakaka.......
    terlalu banyak modifnya tapi hasil nggak memuaskan gitu lo mangsutnya hehehehe...........

    BalasHapus
  55. sorry mas,bru muncul lg nich.....sy mau nanya,sy lg kerja tv LG 29" slim model 29FS4RKE-TG pake IC tunggal TDA 12011 PQ/N1F00,diatas Ic ada label pake kertas no. SAA 3xx40014. C/S:3CF7(yg sy ksh tanda X stlah angka 3,sdh gak jls no.nya krn udh kabur),yg sy mau tanyakan,klau sy pesan ICnya no.mna yg perlu jd patokan,no.ICnya atau yg di label?mhn penjelasannya mas,termasuk kode labelnya.

    BalasHapus
  56. oh gitu mas, tapi kalo gambarnya berbentuk oval kadang trapesium itu apanya mas... padahal saya sudah adjus mulai dari trimpotnya sampai di setelan remotnya... terimakasih sebelumnya suhu, sukses.

    BalasHapus
  57. kalo di adjust nggak mempan ya berarti ada komponen yang bermasalah,terutama di area horizontalnya.

    BalasHapus
  58. kang aisy aku ada tv cina kalu baru di nyalain gambarnya menyempit ke tengah trus di atas ada garis2,tp kalu sudah agak lama hidup/sudah panas gambar penuh/normal,udah aku ganti IC vertikalnya tp gk bisa langsung penuh gambarnya..kira2 kerusakan pada posisi mana kang aisy tlng informasinya terimaksih

    BalasHapus
  59. Reboisasi semua elko di area vertikalnya,juga cek semua R di bagian inputnya.

    BalasHapus
  60. mas,,tv saya lg flat 21 inch,,rusak defleksinya,,harganya mahal ya???
    apa harus ganti defleksinya,,mhon dibantu

    BalasHapus
  61. Kalo kondisinya gosong terbakar ya harus di ganti,kemarin baru beli defleksi untuk LG slim di Service Centernya dengan harga Rp90rb,kalo untuk flat kemungkinan lebih murah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ad mslh yg sama dg saudara anonim yaitu tv LG 32 inch gosong terbakar. klu menurut tukang servis yg prnh sy datengi ktnya jg kena tabung dan biaya keseluruhan 1,7 juta rupiah. ap bnr biayanya sampai segitu mas? utk pembelian defleksi+tabung it bs sy dptkan dimana?

      Hapus
    2. kalau ada solusi lain utk tv LG sy tersebut sy minta tolong mas...
      trims sebelumnya...

      Hapus
  62. mas mau nanya cara memperbaiki depleksi yang short itu gmana....

    BalasHapus
  63. mas,,apakah harga ic untuk tv ada yang nyampe 100ribu lebih???? apa jangan2 aq ditipu ma tukang servisnya,,,kemaren masalah di suaranya yang kurang jernih,,

    BalasHapus
  64. ANONIM = untuk defleksi rusak/terbakar/short lebih baik ganti dengan yang baru saja,tidak "mindoni gawe" orang jawa bilang hehehehe...........

    anonim = OOOOH....ya tergantung type IC nya dong Pak? TV nya sampean merk apa? terus type ICnya apa? kalo IC yang super mahal punyanya TV Sharp jenis wonder/universe,yang typenya TDA9381PSxxx itu di service center Madiun mencapai Rp275rb,bikin keder lah pokoknya hehehhe......

    BalasHapus
  65. masalahnya tvnya baru 8 bln,tp depleksinya ko cpt rusak apa penyebabnya...

    BalasHapus
  66. saya mau nanya kalau tv bergaris v vertikal

    BalasHapus
  67. mas, mohon bantuanya buat ngset cincin konvergen yang jitu/tepat gymana ya?matur tank u,

    BalasHapus
  68. mas salam knal,kalau yoke panasonic yang flat ada jual ga mas???saya susah ne nyari2 nya.kebetulan saya di aceh....yoke nya sering terbakar.udah tanya ke service centernya mereka bilang da ga produksi lago yoke nya...nilai resistansinya Horz 5 ohm,Vert sekitar 15 ohm,atau kalau mas ada persamaannya boleh juga...mohon bantuannya mas,terima kasih

    BalasHapus
  69. ooooohh.....mungkin yang sampean maksud yoke crt Flat/Slim yang kaya gini ya?
    Yoke CRT Flat 1
    Yoke CRT Flat 2
    Yoke CRT Flat 3
    Yoke CRT Flat 4

    BalasHapus
  70. Salam kenal bang Aisy.
    TV samsung 17'' flat saya yoke-nya keluar asap dan bunyi denging. Tanya ke service center harganya 800rb, itu harus plus tabung (perbaikan kok maksa ya). Padahal tabungnya masih ok, karena dicoba pake yoke merk lain masih nyala. Yang saya tanyakan berapa harga aslinya yoke untuk layar datar merk samsung 17''? Kenapa kalo dipasangi bukan typenya gambarnya kok mbayang(beli 150rb, kemahalan ya)?
    Demikian bang Aisy terimakasih atas jawabannya..

    BalasHapus
  71. Untuk TV Samsung Flat juga bisa pakai YOKE CRT FLAT seperti pada gambar di atas(jawaban di atas).
    Harga 150rb nggak kemahalan,malah punyanya Panasonic nyampai 225rb.Pesan barang ke saya juga bisa,kebetulan barang ready stock,pengiriman via pos!

    BalasHapus
  72. Kalo dipasang di TV Samsung flat 17K10 gambarnya bisa normal lagi apa ngga? Harga berapa plus ongkirnya? Terimakasih bang Aisy.

    BalasHapus
  73. ini memang originalnya tv Samsung flat lo ya bukan yang slim,kalo CRT slim lain lagi bentuk dan modelnya,harga 165rb + ongkos kirim 25rb =190rb.

    BalasHapus
  74. Terus transaksinya bagaimana Bang Aisy..? ngga bisa kurang bang? thanks

    BalasHapus
  75. untuk transaksinya,silahkan transfer dulu ke rekening Bank BNI saya atas nama Bpk Sumaryanto dengan nomer rekening 0218265723,baru nanti barang di kirim ke alamat sampean!
    waaaaah....untuk versi yang murah saya belum menjumpai tuh hehehehe

    BalasHapus
  76. maaf mas baru muncul lagi,kiriman gmbr yoke mas(download via ziddu) cocok tu seperti yg saya mau,harganya berapaan mas???

    BalasHapus
  77. mas aisy,saya baru saja mengganti defleksi tapi setelah saya ganti gambar tidak fokus,dan tidak fokusnya sangat parah,kalo saya besarkan fokusnya,muncul garis horizontal.

    alasan saya mengganti defleksi karena bagian kumparan vertikalnya putus.

    defleksi aslinya memiliki resistansi
    hor = 2 ohm vert = 37 ohm(putus)

    saya ganti dengan defleksi yang resistansinya

    hor = 2.5 ohm vert = 17 ohm

    mohon pencerahan,terima kasih

    BalasHapus
  78. kalo putusnya nggak banyak lebih baik disambung kembali daripada ganti dengan yang baru,begitupun bila yang putus bagian horizontalnya,saya memilih sambung lagi daripada ganti yang baru,karena penggantian dengan yang baru kadang juga masih menimbulkan tambahan masalah baru juga.Ngomong-omong defleksi untuk tv apa ini?

    BalasHapus
  79. TV national lama beli pada sekitar tahun 1988,udah diganti mesin TV china.

    lalu apakah ketidak fokusan itu sumber masalahnya dari defleksinya yang nggak cocok?

    apa efek dari perbedaan resistansi defleksi horizontal bila saya ganti dengan resistansi yang lebih tinggi?

    mohon pencerahan terima kasih.

    BalasHapus
  80. malam mas, aku endi di semarang. Mau konsul neh, baru kali ni pasang mesin tv baru buatan china merk wansonic. Tv merk digitec. Waktu smua terpasang langsung creeet MCB PLN padam, dibarenge yoke kebakar, ic vertikal pecah!
    Aku ganti yoke yg kata penjuale cocok bwt mesin wansonic, alhasil creet lg, buull keluar asap dr yoke >:( hufh... Mohon pencerahan doonk..

    BalasHapus
  81. ketoke kok tegangan nggo vertikale bermasalah yo,la olehe ngecopne sokete yuke wis bener opo urung?

    BalasHapus
  82. MAS, SAYA PUNYA MASALAH TV SHARP ALEXANDER 21GXF500 SUARANYA KADANG2 HILANG KALAU DI PUKUL MEJA TVNYA SUARANYA MUNCUL LAGI, LALU SAYA COBA LIHAT PADA MAINBOARDNYA MUNGKIN ADA KENDOR. SETELAH ITU SUARANYA BAGUS BEBERAPA HARI DAN MASALA LAGI SETELAH BEBERAPA HARI KEMUDIAN.
    MOHON KOMENTARNYA...DONG

    BalasHapus
  83. coba pakai speaker yang lain dulu,apakah masih sama saja hasilnya?

    BalasHapus
  84. mas saya mau tanya tv lg saya kerusakan nya pada bagian kiri hitam kurang lebih 1 inci apa biasanya kerusakan nya mas apakah yoke nya atau komponen ada yang lemah mohon pertolongan nya mas.

    BalasHapus
  85. mas saya mau tanya,crt tidak bisa fokus.kalau flyback difokuskan,crt malah mati.kalau dikurangi fokusnya crt hidup lagi.
    kira kira apanya ya mas?

    BalasHapus
  86. CRT pada tv apa nih? tv jadul apa tv model sekarang? kalau tv model sekarang kan kalau setinggan fokus/screen over bisa menyebabkan proteksi tv menjadi aktif lo!

    BalasHapus
  87. TV nasional lama mas.TV ini belinya pada tahun 1988.Tabungnya masih asli tapi pake mesin tv china.kira kira solusinya apa ya mas...?

    BalasHapus
  88. Kalau di coba di CRT lain kok nggak ada masalah kemungkinan CRT memang wayahe pensiun,coba aja dulu!

    BalasHapus
  89. sy perlu yoke untuk tv samsung flat 15" dg ketlabel di yoke sbb:
    SAMSUNG-T
    DIF-1592CA
    050107
    AA27-000069A
    tolong dibantu, klo pun ada persamaannya pake yg apa krn klo bli di srvice center hrs skalian tabungnya, trmksh

    BalasHapus
  90. assalamu'alaikum...mas mau nanya tv akira CT-14DS9CP strnya terbkar jadi tak tau kodenya,kira2apa ya kodenya..?

    terimakasih

    BalasHapus
  91. mas..mau nanya biar bisa langganan sama blok mas gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan klik "joint this site" atau "subscribe by email" di bawah kolom komentar.

      Hapus
  92. mas aku arep takon, tv panasonic TC-21Z88JA no chasis TNP4NA002, distart balik lagi ( merah - hijau - merah ), tr horiz. apik, flay back ora short, B+ normal, cuma 5V & 8V drop, tapi kalo 7805 & 7808 di open tegangane normal. mohon pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba elko sak cedake 7805 karo 7808 kui di ganti disik.

      Hapus
  93. Siiip.. Masboss, sangat bermanfaaat, salam kenal N' salam sukses olwes bang Aisy..

    Lanjuutkan... He..he...!!

    BalasHapus
  94. mas AISY maaf saya mau tanya...saya memiliki masalah dengan tv wansonic yang memekai IC LA76810A dan IC program LC863528C yang ga bisa nangkap gambar alias siaran,waktu start sich muncul tulisan wansonicnya terus abis itu jadi gelap dan waktu coba di program pencariannya jalan tapi ga ada reaksi apa2...MOHON PENCERAHANYA

    BalasHapus
  95. begitu ragam pola pikir orang ya..ada yang pelit ilmu padahal dulunya ga tau..ditanya diem aja,takut kesaing barangakali tapi akang aisy dermawan ilmu, mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung Kang!

      Hapus
  96. Mas, mau nanya nih, yoke tv samsung 20" model lama brapaan ya? tv nya memakai ic tunggal TDA9381xx. soal nya dah cari kemana2 gk ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. # bulan yang lalu beli di madiun harganya 190rb Kang! original punya!

      Hapus
  97. Mat pgi n slm kenal mas aisy,saya johan dr kota reog mau minta solusi mas aisy.cara masuk sermod tv cina dengan ic croma LA76810A prog LC863528C menggunakan remot universal mas.karna remot aslinya udah rusak kata yg punya. Email sy johanreog2@gmail.com
    makasih sblm n sesudahnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan berkunjung ke blog ini Kang! di halaman paling bawah ada sederetan daftar service mode.

      Hapus
  98. mas aisy, minta ilmunya ya. tv cina gambar menurut yg punya bergaris putih, sampe dirumah puter screen flay back normal lagi..balikin ke empunya dpt bayaran hi..hi bahagianya. eh, dtg lagi katanya AV nya ga masuk & tak bersuara. bongkar diurut cek teg..ganti IC 8873 yg kakinya banyak ga berubah juga waduh rugi nih.mohon petunjuknya ya. trimakasih (andi)

    BalasHapus
  99. waduh seharusnya jangan buru-buru ganti IC 8873nya dulu,periksa dulu softwarenya/data service dengan masuk ke service mode,cek beberapa OPTIONnya.
    Jika di rasa tak ada masalah dengan software baru cek bagian hardware/part/komponennya.
    Jangan lupa solder ulangnya,walaupun kelihatan sepele tapi sangat menentukan hasil perbaikan.

    BalasHapus
  100. alhamdulillah, garapanku sdh selesai ternyata bukan Ic 8873nya. ku amati jalur input videonya lha koq aneh..siapa yg ambil jalurnya?tv nya yg bo'ong apa yg punya nih..?dengan seutas kabel ku cari inputan video,ketemu di kaki elco 1u/50v kaki plus menuju pin 6 IC8873.jreng..!!trmkasih mas aisy dukungannya. (andi)

    BalasHapus
  101. Mas Aisy, saya nyari Yoke Defleksi SAMSUNG 17" dah nyari kmana2 ga ada. Ke Dealer SAMSUNG harus skalian tabungnya (wah klenger ki.. He2he..). Pernah dpt di sebuah toko yang katanya cocok utk smua TV SAMSUNg dgn seri 1592AA trus saya pasang, gambar normal tapi warna tabung jadi pecah menjadi 3 warna (kiri hijau, tengah biru, kanan merah).
    Jenengan masih ada stok ga? Serinya DIF 1792CA ato pokoknya utk SAMSUNG 17"
    Harga + OngKirnya brp? (ke Jogja)

    Klo ada minta alamat email Jenengan utk komunikasi lebih lanjut. Nanti saya kirim gambar YOKEnya.
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Kang Andar ini alamat email saya a1sy.sum4r@gmail.com silahkan kirim gambar yoke,biar nanti saya coba carikan yang identik,syukur-syukur dapet yang sama persis.

      Hapus
    2. OK Mas Aisy, dah saya kirim gambar YOKEnya via email. Saya tunggu konfirmasinya segera ya.. Makasih

      Hapus
  102. numpang nanya mas aisy, depleksiku kobong pletik2, tv ne samsung flat 21", sek nyervice ngawur....aku di obo 200ewu, pertanyaanya: apa bisa awet bila ganti yoke baru & orsi, bagaimana jk di ganti dengan persamaanya....terimakasih, mohon petunjuk mas aysi yang ahli....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe.......harga yoke original tv samsung memang gila,beda jauh dengan punyae tv LG,kalau buat tv samsung flat/slim terakhir saya beli dengan harga Rp190rb,sedangkan punyae tv LG yang flat/slim cuma Rp90rb,terpaut Rp100rb hehehehehe......
      Kalau pletik-pletiknya sedikit,dalam arti terbakarnya cuma beberapa kawat email saja masih bisa di sambung sendiri,tapi kalau terbakarnya sampai kedalem dalemnya ya harus ganti dengan yang baru.

      Hapus
  103. mohon solusi kang, bila yoke dipasang tv standby tapi kalau yoke dilepas tv tidak standby alias normal, trus saya ukur hambatannya utk HOR=2 ohm dan VER=8ohm
    apakah itu normal kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh normal,coba periksa X-ray protectionnya Kang!

      Hapus
  104. mas bro, mau nanya nih... defleksi yoke aku terbakar merk samsung 17" setelah aku sambung kembali gambar keluar dgn bagus, tp setelah keesok harinya aku nyalain ternyata gambar tdk keluar ada bunyi tik..tik..bunyi nya di D2499, pertanyaan aku apa ada masalah di D-F Yoke nya yg aku sambung tadi, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung seberapa banyak yang terbakar dari coil tersebut hehehehe.....
      kalau terbakarnya banyak ya di ganti saja dengan yang baru Kang!
      Kecuali kalau terbakarnya cuma 1 atau dua lilit saja sih mending di sambung lagi,saya rasa masih bermasalah itu defleksinya.

      Hapus
  105. nah...kalo aku ganti dgn yg baru utk masang kabel nya pa sama posisinya / tempatnya di Defleksi yg lama, bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa "YA" bisa "TIDAK",tapi biasanya "YA" sesuai dengan defleksi yang lama posisinya, "TIDAK" bila setelah di test ternyata gambar terbalik,silahkan tukar posisi kabelnya.

      Hapus
  106. mas bro...setelah aku sambung D-F yoke yg terputus TV samsung flat 17" nyala...tp kok bunyi kayak berdenging disekitar Defleksi, kira2 pa lagi ya...n kok IC D2499 panas. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan berdenging tapi berderik,memang semua defleksi begitu bunyinya baik yang baru maupun yang sudah terpakai.

      Hapus
    2. Kalau D2499 panas nya terlalu cepet berarti masih ada yang short di defleksi yang terbakar tersebut.

      Hapus
  107. mas saya sedang nyervice tv sharp alexandra rusak yokenya(gambar kecil gelombang),kira2 yokenya bisa diperbaiki tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya alloh masih bisa,asal berani dan hati-hati pasti bisa!

      Hapus
  108. Pak e kasi input yak.. Televisi Akari 14 in Model no.IC-14B78V garis vertical kedip kedip..kuwi apanya yang rusak Pak e..kamsia

    Nb.ic vrtcl replace udah..input 20v out 11v vrtcl

    BalasHapus
  109. Pak e kasi input yak.. Televisi Akari 14 in Model no.IC-14B78V garis vertical kedip kedip..kuwi apanya yang rusak Pak e..kamsia..

    Display megap megap ndak isa mblegar e

    BalasHapus
  110. bos aisy saya mau tanya,saya baru servisce tv LG ultra slim model 21SL1RD yokenya terbakar.kebetulan sy nyari suku cadang nggk ada.telp service center LG di jogja harus ganti sama tabungnya kira2 1,6jut.mungkin bos aisy bisa bantu atau mungkin punya solusi diganti dgn yoke merk lain?terimakasih seblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooooohh.....mungkin yang sampean maksud yoke crt Flat/Slim yang kaya gini ya?
      Yoke CRT Flat-Slim 1
      Yoke CRT Flat-Slim 2
      Yoke CRT Flat-Slim 3
      Yoke CRT Flat-Slim 4
      Sudah ada kok di pasaran,atau mau pesen via saya juga di layani lo.

      Hapus
  111. maaf bos aisy copi sy rsk beberapa hari.tapi skrg dah oke lg.contoh gambarnya sy buka kok gak ada y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya perbarui linknya,silahkan di lihat kembali.

      Hapus
  112. sepertinya agak beda ya bos,kalau punya sy depannya agak kotak kalau punya si bos bulat,coba sy upload pic walaupun cuma pakai kamera hp.http://i1065.photobucket.com/albums /u388/selmacell/fa09074a.jpg http://i1065.photobucket.com/albums/u388/selmacell/bff4aa49.jpg http://i1065.photobucket.com/albums/u388/selmacell/cc270eaa.jpg

    BalasHapus
  113. maaf bos ini link yang satu.http://i1065.photobucket.com/albums/u388/selmacell/fa09074a.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas aku mau tanya kalau tv panasonic tau giga gambar kanan,kiri atas,bawah melengkung itu di bagian mana yang harus di cek katanya bagian ew ya nah yang mau ku tanyakan bagian ew terletak di sebelah mana dan di tandai dg komponen apa mohon penjelasannya ok

      Hapus
    2. Sebelum mengutak-atik hardware lebih baik mengutak-atik softwarenya dulu,caranya masuk dulu ke service mode kemudian cari pengaturan EWnya.

      Hapus
  114. Matur suwun ilmune Pak'e
    Aku maleh iso nyerpis tipi

    BalasHapus
  115. assalamualaikum mas aisy....ni aku mau minta ijin ikut belajar disini ya?

    BalasHapus
  116. maaf mas numpang nanya tv saya flat lg model 21fb7cg setelah saya serviskan ke orang gambar atas dan bawah melengkung seperti bantal dan saya lihat yoke nya merek samsung apa pengaruh dari yoke nya itu ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tv flat,yoke yang di gunakan juga harus yoke khusus tv flat,jangan menggunakan yoke untuk tv layar cembung,bisabermasalah bentuk layarnya.

      Hapus
    2. no model yoke yang cocok untuk tv flat lg 21fb7cg kira kira apa mas .....maaf mengganggu

      Hapus
  117. Coba cek komentar-komentar di atas,kayaknya ada beberapa jawaban yang sama.

    BalasHapus
  118. iya mas master......sudah saya culik foto nya ......he he he......lg nya sudah cling.....salam sukses untuk mas master......

    BalasHapus
  119. ,askum..
    .om,minta solusi.....karet kop tabung tv q kluar kilat2,,trus bunyi Pletak2.....karetY Msh bagus om,,,apiY kluar dr dasarY.....gimana caraY Biar gak kyak gitu....apa kurang nempel ya??trus gmana biar nempel..??...,.kasih tau caraY Ya om,,yg jelas+mudah..maklum,q cewek...!!heheh

    ,wasalam..

    BalasHapus
  120. masAisy yg budiman, saya lg bnrin tv samsung, SlimDNIeJr CS21A550ML kena petir, ganti mesin wansonic biasa, krn yoke flat susah, (maksain banget ya mas, :D) gbr kluar ciut sbsr amplop, lengkung kirikanan, minta saran mas, bisa gak kira2 diakalin rangkaian defleksinya. biar layar ketutup semua dan jg lengkung jg hilang ? (vDy 9ohm, hor 3.5ohm). maturnuwun.

    BalasHapus
  121. mksd saya tadi, mesin cina flat kehbsn stok di tmpt saya. jadi gmn cara ngakalin mesin cina biasa buat yoke flat samsung tsb ? salam sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh...saya sendiri sih belum pernah coba yang kasus kaya gitu hehehehe.....
      Tapi kalau untuk memperlebar horizontal sih bisa dengan menambah lilitan di FBT yang di hubungkan ke pin H- dari yokenya.

      Hapus
  122. mas aisy aku mau tanya ni kalau tv sanyo aic vertikalnya cepat panas itu masalahnya apa ya no ic la7846 tolong dong pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tegangan untuk IC vertikalnya kegedean.

      Hapus
  123. Assalamu'alaikum....
    salam kenal.....
    mohon bantuannya....tv samsung flat model = cs21k40ML matot....setelah pengecekan mati pada tr hout TT2206 penggantian ku lakukan sekalian FBT FOX14B0001...
    kemudian timbul kasus untuk gambar bagian bawah gelap sekitar 10cm ic vertikal LA78040....semua komponen vertikal udah aku ganti....tapi tak ada perubahan....aq setel pake servis menu jga ngga bergeming...
    mohon wejangannya bung...makasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa ada yang bermasalah di jalur V.Ramp nya.

      Hapus
  124. mlam mas Aisy,ma'af ni mau nnya!tv sy samsung layar datar 17 inch,kmrn waktu di setel tiba" layar'y mengecil dri atas-bawah &kanan-kiri trus mati,trus sya servis dan mesin'y d bwa plng sma yg nyervis,kta'y sih sdh jd pas d pasang mesin'y&d nyalakan keluar asap dri konde'y!!yg mau sya tnya,itu teknisi'y ad salah pasang ap gmn ya??mohon info'y mas ya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah....sebenarnya sih mesin tvnya sih nggak apa-apa,justru kalau di lihat dari alur ceritanya dari awal,yang bermasalah memang yokenya,cuma ketika itu yoke baru dalam kondisi gosong saja,naaaaah....setelah itu barulah jamur mulai menggerogoti di area yang gosong tadi,dan ketika mesin di pasang terus di ONkan ya jelas saja M@K BULL...kebul-kebul deh yokenya,konslet semua,jadi teknisinya tidak salah pasang cuma salah diagnosa saja,seharusnya yang di utik-utik tuh yokenya kok malah mesinnya yang di utik-utik,begitu kira-kira prediksi saya hehehehehe.....

      Hapus
  125. mas,maaf mau tanya.saya dpt servisan tv lg ultraslim matot.stelah saya cek tr hot short.kemudian saya ganti dg tipe sama yaitu c 6090 dan kapasitor damper juga saya ganti.ternyata tv tdk dpt hidup,tpi bila yoke hrisontal dilepas tv nyala.kemudian tr sya ganti d 1554, tv langsung nyala,tapi raster menjadi kembang kempis.ic dan tr sirkit ew sudah saya ganti tapi tetap tidak berubah.apanya yg bermasalah ?mohon jawaban dari senior..........terimakasih

    BalasHapus
  126. Mas tanya
    Harga IC TDA 12011 PQ/N1F00 berapaan ya..
    ini saya mau beli susah banget dpatnya
    pada gk punya!

    BalasHapus
  127. Mau tanya...
    Setelah defleksi tv terbakar, defleksi diganti yang baru tapi tv tetap tidak menyala. Apakah ada indikasi kerusakan di bagian komponen tv yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul sekali!
      Terbakarnya defleksi bisa juga membuat transistor horizontal mati karena mendapat beban lebih,coba di cek transistor horizontal dan komponen-komponen pendukung lainnya.

      Hapus
  128. mas maaf ikut ngerepotin sy baru masang mesin baru tv china tapi ko gambar nya terbalik...heeheh jungkir kira kira apanya ya mas makasih mas

    BalasHapus
  129. Balasan
    1. Koneksi kabel yoke vertikalnya terbalik,silahkan di tukar,yang kanan di pindah ke pin kiri atau sebaliknya.

      Hapus
  130. salam kenal ni dari priuk servis abal abal,di meja kerjaku ada tv samsung zoom vision pake smr 40000cdengan kerusakan bila di on playback bunyi pret..tanda idup layar ada kilatan, tapi begitu di ukur tegangannya kok turun lagi kaya protec trus b+ 160v normalnya 125v elco bagian hor dah di ganti semua termasuk elco di bagian primer 22uf 35v gimana cara mengatasinya tv 14 tsb..dahh mumet..tolong penjelasanya.maaf pertanyaan nya kepanjangan..heheh

    BalasHapus
  131. Yoke yang cocok dengan crt sony trinitron 21"?karna originalnya udah tdk ada dijual..?
    mesinnya pake wansonic,mohon petunjuknya..thanks!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari yang second saja,karena format gulungannya untuk CRT trinitron berbeda dengan TV CRT biasa.

      Hapus
  132. mas aisy,mau tanya?Tv lg slim 21" habis di ganti mesin baru dengan merek dan type yang sama,tapi hasilnya gambar tv jadi membesar dan sisi kanan,kiri menciut.kira kira ada kerusakan dimana ya mass? mohon bantuannya mksh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Set ulang pengaturan geometrinya dari V.Size,H.Size,dan pengaturan EW correctionnya.

      Hapus
  133. Bos AISY..
    Minta bantua ya boss, saya pnya tv, penyakitnya gambar di tv ga mau pindah2 padahal no chanelnya dah berubah.. Misal indosiar no 1, sya pindah no 2, 3, 4 masi tetap indosiar.. Minta solusny ya boss.. Trimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sebelumnya pernah di lakukan solder ulang,coba periksa semua solderan tersebut,kemungkinan ada yang nyambung.
      Pernah dapet kasus kaya gitu cuma lupa penyelesaiannya heehehehe.....

      Hapus
    2. Ok boss sy coba.. Tp sy lupa blang tambahan penyakitny gambarnya getar kalo volumenya d besarkan..
      Info y boss .. Trimakasi

      Hapus
  134. mas. klu raster kurang sdkit pd sisi kiri apay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting H.Center kurang tepat juga bisa atau ada gangguan di jalur AFCnya.

      Hapus
  135. Boss aisy, minta petuahnya..
    Tv 29 sharp saya kalo belum panas gambar nya berkedip gitu seperti kalo kita pindah canel , kalo berkedip warnanya hijau dan suaranya jg jd hlang sebenta tar normal lg, ini terjadi setiap 5-10 detik.. Apnya yang hqrus saya ganti boss? Tlng infonya.. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek tegangan 5V nya apakah agak ngedrop?

      Hapus
  136. Mas, ksh tip klo mo beli br defleksi yg model
    CT-21PH9CP
    AKIRA
    21"...dah bc tanya jwb di atas tp msh bingung, ksh tips.nya yach Mas?...n kira2 dimana didaerah jgj yg bs dpt defleksi AKIRA?.
    Thanks...maturnuwun.

    BalasHapus
  137. mas sy mau tanya mgni problem deleksi TV LG 32 inch yg terbakar ktnya tkg servisnya kena ke tabung. ap bisa sy ganti dg defleksi yg lain krn sy baca diatas mas punya stock Yoke mgkn ad yg cocok dg yoke TV Lg tsb.

    trims

    BalasHapus
  138. mas kalau tv lg 29FU3RL cuma garis horizontal tapi tak full kiri kanan saya sudah ganti ic vertikalnya ( STV 9326) ,sudah ganti elco2 vertikal, IC EW dan fr403+14 dari tfb kalau menurut sumber yg saya pernah baca penggantian IC vertikal dan fr 403 katanya tv sudah normal kembali tapi ini belum juga normal masih tetap garis horizontal yg ngga full kiri kanan apakah ic yg saya ganti rusak lagi?dan apa persamaan ic stv 9326 apa bisa di ganti LA 78040 atau LA 78041mohon pencerahannya makasih

    BalasHapus
  139. mas saya baru ganti mesin cina biasa (bukan slim) wansonic 14-21" ke TV toshiba flat biasa (bukan slim). H-size dan V-size normal tapi bagian atas dan bawah nya sedikit melengkung, itu kira2 apanya ya? pas pakai mesin ori-nya sih normal gambarnya, hanya data eepromnya rusak jadi volumenya gak bisa berfungsi alias full terus. jadi saya ganti mesin). kemudian saya coba mesin nya dipasang ke tabung biasa (bukan flat) normal. jadi yang musti diakali dibagian mana ya? kalo di bagian mesinnya dimodifikasi dibagian mana kira2 agar bagian atas dan bawahnya gak melengkung kedalam? thanks..

    BalasHapus
  140. permisi mas, saya punya TV Pansonic TC 21FG21JG rusak defleksinya tipe MDY-2130P dicari di toko nggak ketemu katanya sih tdk diproduksi lagi, yang ada hanya persamaan untuk tabung bagian belakang besar, punya saya tabungnya kecil. setelah diservis oleh tukang diganti mesin wcom dan defleksi baru katanya mesin original tidak cocok dengan defleksi lain, tapi hasilnya gambar tidak penuh sempurna bagian atas dan ada garis blanking putih. maunya saya pakai saja mesin original kan nggak rusak dan nanti pesan defleksi ditempat lain.Mas punya ada yang tipe diatas atau persamaannya? kalau ada bisakah di pesan sekalian harganya?

    BalasHapus
  141. Mau nanya mas,saya ada servisan tv polytron 29".ada garis blanking dilayar atas.udah ganti part disekitar ic vertikal termasuk ic.tp tetap sama.mohon dibantu.ic pake la 78141.

    BalasHapus
  142. Mas defleksi tv cina hor o.5ohm vert 1.5 ohm .out ic vert 11 volt. Bila dinyalakan tv cm nampak hor aja. apakah defleksi rusak? mohon info nya

    BalasHapus
  143. Slamat siang master.saya joel dr jkt.saya mau nanya tv saya sanyo 29" abis kena petir gambarnya langsung langsing kiri kanan.kira2 apa yg harus di ganti tolong bantuannya.anak baru mah belajar service sendiri nih..thanks master!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di lihat dari gambarnya yang langsing kiri kanan berarti yang bermasalah rangkaian EWnya,coba di cek barangkali ada diode atau mylar yang bermasalah.

      Hapus
  144. mas mau tanya kalau samsung 21' gambarnya setengah keatas hitam setengah kebawah gambarnya ada, kira2 apanya ya......?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kasus INI bisa sedikit membantu.

      Hapus