Kamis, 30 April 2009

Kelemahan Pada Tv Rakitan China (2)


                  Perhatian!!! postingan ini khusus buat para PEMULA (buat para profesional,bisa untuk tambahan referensi he... he... he...).Penyakit yang sering di jumpai pada tv china sejauh pengalaman saya adalah mati total ataupun mati standby,yang mungkin di karenakan kualitas komponen yang digunakan bagi saya kurang baik,akan tetapi tidak semua tv china menggunakan komponen yang kurang baik,ada merk IZUNLI,MAYAKA,CHANGHONG,KONKA yang keawetan dan daya tahannya luar biasa,bahkan melebihi tv-tv merk dari Jepang maupun Korea.
                  Oke langsung saja ya! pada tv china yang mati total biasanya kerusakan pada blok regulator acmatic,yang ditandai dengan putusnya fuse FU501 dan R502=3.9R7watt,dimana penyebabnya antara lain:

Pertama     = short pada V513=D2498/D1710/C5299.
Kedua       = short/mati pada V512=C3807.
Ketiga       = short pada C516=680pf/2KV.
Keempat   = putusnya R524/R525.

                  Hal-hal di atas adalah penyebab utama mati total pada tv china.Short pada TR penguat horizontal V432 kadang juga menyebabkan rangkaian regulator acmatic menjadi lumpuh,tapi bagi saya sangat jarang terjadi.Mungkin ada tambahan dari rekan-rekan teknisi yang lain?

138 komentar:

  1. Pa' Aisy, saya punya tv rakitan cina dengan kerusakan persis dengan apa yg disebutkan diatas. Sudah saya ganti semuanya termasuk Playback-ny tetapi tv masih jg mati total.Terakhir kali sy cek, tv tdk ad arus 115V di jalur B+ ny. Sy coba ganti komponen di jalur B+ (resistor,transistor & optocoupler-ny jg sy ganti) tp masih meletup, juga kira2 ap-nya ya Pa'?
    Mohon bantuannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo switching kemungkinan short. Coba ganti pasti normal.

      Hapus
  2. Saudara Doel! Mohon diperjelas lagi yg meletup tadi apanya?

    BalasHapus
  3. Fuse-nya Pa'. Saya jg coba cek TR regulatornya (C5802)jg jebol. Biasanya ap-nya ya Pa' yang rusak?
    Mohon bantuannya..... thanks

    BalasHapus
  4. Kalo yang putus fuse dan Tr regulatornya,cek Tr 3807 nya(bila ada),dan Tr A1015 (bila ada),bila ada 2 elco 47uf/50V ganti aja semua,jangan lupa cek semua diodenya baik zener maupun kupprok penyearah AC,jg R dan C barangkali,ada yg melar/short,untuk menghemat duit dan part Tr regulatornya,saat pengetesan,sementara fuse di ganti lampu pijar/bohlamp 100W,keterangan lebih lanjut bisa baca ulasan Kang Zaenal ,bila langkah-langkah tersebut belum juga berhasil,kemungkinan trafo acmatic short,ganti aja dengan "ROBOT TRANSFORMERS"atau acmatic eksternal yang banyak di jual di pasaran,silahkan coba dulu.

    BalasHapus
  5. Makasih banyak ya Pa',saya akan coba.....

    BalasHapus
  6. mohon bantuan ,gimana ac matic naik apanya yang harus diganti.waktu aku colokan ketegangan listrik elko yang 22uf 250 meledak mohon apa yang mesti diganti dari budi bojonegoro

    BalasHapus
  7. sebenar nya tv kit china itu kan merek nya sanyo,cuma kit mesin china kadang di pasang komponen yg kurang mutu nya,jd soal ketahanan agak kurang

    BalasHapus
  8. BUDI=wah sorry telat bales,nek kasuse sampean biasane B+ adjust bermasalah.

    ANONIM=tepat sekali ,terutama penggunaan komponen elco dan buruknya kualitas solderannya .

    BalasHapus
  9. aq punya mesin tv hui jia katanya sich untuk 25" - 29 " tapi dipasang di crt jvc 25" kok verticalnya bermasalah tak bisa penuh dan bag atas layar ada garis2 putih horizontal, penyebabnya apa ya? mhn solusinya

    BalasHapus
  10. coba tegangan B+ nya di puter sedikit-sedikit sambil amati gambar,bisa hilang nggak garis-garis tersebut,kalo nggak mau hilang,kembalikan ke posisi semula setelan B+ adjust yang di puter tadi,kemudian pindah soket bagian H+ horizontalnya dari soket option 1 ke option 2 atau 3,biasanya berupa 1 soket berdiri di sekitar FBT,itu untuk pilihan H.Sizenya,silahkan di coba dulu.

    BalasHapus
  11. pak untuk skema tv cina yg bapak contohkan diatas downloadnya dimana ya?

    BalasHapus
  12. aslm alkm mas aisy,... saya Bambang Arianto dari Lumajang aq pny servisan tv china 14 in'' mesin sdh dgnti mesin china wcom ic dobel.nah ini mati tatol dan njeglekno meteran listrik.stlh tak buka ketemu D2498,C3807,dioda RU2 mati,setelah tak ganti saya coba tek! kipas mutar sbentar{mesin saya beri kipas yang tegangannya saya ambil dgn melilitkan kabel kecil ke ferit FBT 3kali trus saya searahkan dgn kuprok trus di7812kan biar stabil trus ke kipas dah} tek langsung njeglek lagi,stelah dicek D2498 mati lagi,kenapa ini ya mas Aisy?mohon bola lampunya alias pencerahanya matur nuwun

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. klu pengalaman saya mas bro ,coba ganti elko regulator mungkin kurang bagus mutunya gak nyimpan muatan listrik juga bisa..wlaupun mesinya baru kan gk jaminan juga;;kalau perlu ganti elko out acmatiknya soalnya mutunya kurang bagus ..........tapi setelah komponen lain di cek dioda jga resistor bagus egak....di coba aja mas bro..mencoba adalah pengalaman .ok.

      Hapus
  14. kalo bolak-balik njeglekne listrik trus bola-bali mateni D2498ne,cek Tr A1015se,trus cek optocoplere,trus cek semua R di bagian B+ adjustnya,bisa dari R 47K,100K,150Knya,di samping kui C3807 lan D2498ne mau ganti maning,cek juga C neng kolektore D2498ne,semua D dan ZD neng regulator di cek kuabeh pisan yo!.......

    sorry baru di bales koneksine lagi nguambeg hehehehe...

    BalasHapus
  15. ooo...keee mas bro Aisy...matur nuwun mas Aisy... kulo cek sedoyo sukses kanggo sampean sedoyo nggeh!wassalamu 'alaikum.....!

    BalasHapus
  16. rasmadi pinggir kecamatan iki bambang blk singosari.pean ono endi?

    BalasHapus
  17. Maaf komentar tak hapus mulu soalnya ru bljar sih khi.khi....oya salam kenal kang aisy
    saya juga pernah
    ngalami masalah mesin
    cina bagian regulator.Hany sekedar
    syerink ja klik di : anugrahservis.blogspot.com/2010/07/nesin-cina.html

    BalasHapus
  18. salam kang, aku punya tv izunli matot dah tak ikuti semua nasehat akang untuk menganti komponen regulator tapi tetep matot. gimana ini kang?

    BalasHapus
  19. salam kang aisy saya punya tv votre 14 inch dgn gejala layar gelap padahal horisontal, vertikal, heater @ rgb semuanya normal mohon pencerahannya. trims

    BalasHapus
  20. pak persamaan untuk tr d5024.trims

    BalasHapus
  21. untuk tv horisontal pak

    BalasHapus
  22. tr horisontal tv 21" china pak

    BalasHapus
  23. pak mw tanya tentang tv china.kmren dpet servisa tv china matot n udh d cri kerusakan'y n ktmu seperti elko yg jebol d regulator n tr horisontal.d cba d nyalakan n bagus smwa tp setelah d matikan kemudian d hidupkan kmbali pagi'y eeeh g mw idup mlh stenby tu pa'y y pak trims

    BalasHapus
  24. Bos,sya punya tv led Konka menurut anda kwalitasnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pabrikan cina yang terbaik menurut saya KONKA,CHANGHONG,AKIRA,dan HEISER.
      Merk-merk tersebut produk-produknya berkualitas.

      Hapus
  25. Assalamualaikum kang Aisy. saya kedatangan pasien TV cina merek KONKA. keluhannya tidak bisa nangkap siaran, laster nois tidak ada kira-kira apa yang harus di ganti. mohon petunjuknya, Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf salah bukan KONKA tapi VOTRE :D

      Hapus
    2. Silahkan cek dulu tegangan Vcc IFnya ada apa belum? kalau tvnya pakai LA76931 kemungkinan IC yang bermasalah.

      Hapus
  26. salam kenal mas!saya sedang perbaiki mesin tv merk W com,yang mau saya tanyakan pada kaki 7 IC LA 78040 dapat berapa volt ya seharusnya?yang terukur cuma 2 volt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh..itu to!
      itu pin pump out fungsinya untuk syncronisasi,tegangan normalnya memang 2V saja.

      Hapus
  27. Salam kenal dari yoko di demak, relator TV cina yang induksinya mau naik tapi gak kuat. pada B+ jarum multi mau bergerak tapi tidak jadi. mohon pencerahannya padahal rangkaian udah dicek kelihatannya oke.

    BalasHapus
  28. Kemungkinan ada ZD atau TR untuk tegangan 5V yang masuk ke IC tunggalnya bermasalah.

    BalasHapus
  29. Di samping tegangan 5V untuk CPU juga harus tegangan untuk H.Vcc untuk dapat hidupnya TV,coba cek apakan sudah ada tegangan 8V di pin H.Vcc nya.Untuk skema sementara ini belum ada,saya sendiri kok masih asing dengan type IC yang di pakai tv tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya di coba saja dulu di ganti dengan LA76931,di tempat saya harganya Rp40rb

      Hapus
  30. met malam mas, aku dpt servisan tv merek konka 29" mengunakan ic jungel la 76932n.awal kerusakan tr hor jebol dan travo driver hor putus di sekundernya.setelah pergantian tr hor dan trapo driver hor yg saya ganti punya tv 21".tv tetap gak mau start padahal tegangan normal semua.kira2 yg rusak apa mungkin ic jungelnya.soalnya saya tes vcc utk tr hor gak ada teganggan.saya cek nya mengunakan lampu led yg saya solderkan antara kaki basis dan emitor di tr horz.yg tentunya saya cabut tr horiz.mohon bantuanya mas.

    BalasHapus
  31. saya pya tv dah ganti mesin dengan mesin tv cina dengan ic tunggal gejala tv nya ga nangkap siaran kira2 ap nya mas mhon bantuan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ketika dilakukan Auto/Manual search Tuning tidak muncul raster kepyur/noise salju bisa di pastikan IC single bermasalah

      Hapus
    2. ooh ia mas mksih ilmu nya sngt bermanfaat skli wat saya ...ada stu lagi sama mesin cina rakitan merk vicom baru beli 5 hari bagian regulator nya jebol terus mas..dengan seri kor st8812fx mohon slusi nya mas mksh sblum ya..?

      Hapus
    3. NB....satu lagi mas tv merk TCL dngan gejala garir vertikal udah saya ganti IC vertikal nya tapi tetep aja garis saya telusuri stum ke bagian vertikal nya ga ada jalurnya dari flaybek apa harus ganti flaybek nya atw gmana ...mhn bantuan nya maaf mas jdi ngerpotin ni malm sya msh thap belajar heheh....

      Hapus
  32. Aslamualikm mas aisy slam knal saya nur jakarta mas saya mau tanya.saya punya tv cina menggunakan ic tunggal dengan seri R2J10190GA-A00DB ga bisa nangkap gambar di tunggu jawabany trimaksih

    BalasHapus
  33. kalo regulator tv changhong 14 model biasa thn 2006 itu rusak, biaya benerinya kira2 brp ya...ane takut di tipu tukang perbaikinya ne,, tolong infonya dong..

    BalasHapus
  34. salam mas aisy trims atas ilmu y,mas sy mau tanya,kalau kendala ac matik tv china B+ adjust tidak berfungsi kira2 pa yg hrus sy gnti,mhon pncerahan y,

    BalasHapus
  35. siang gan ini saya mau nanya .ni aku dapet tv dengan mesin gantian merek w-com tapi size vertikal nya kelebihan giliran mau servis mode remot ori dah gak ada ..cara nya gimana ya mas ..mohon pencerahan nya trim

    BalasHapus
  36. MAS master saya punya servisan tv dngn ic tunggl 79csn931cte1vo1 ,,gambar kurang lebar atas bawah,, suara audio keprek tidak jelas,, cara masuk ke mode servisnya gimana , segala cara saya lakukan seting gak bisa masuk menu factory seting , mohon pencerahhanya

    BalasHapus
  37. ane punya tv tomico mas,..nah ane beli remote baru,..kalau mau setting remote ke tv gimana ya mas, untuk tv tomico,.

    BalasHapus
  38. mas saya siki surabaya,, tv saya merk start,,problemnya itu hidup kira
    '5 menit tiba2 mati sendiri trus hidup lagi tp gbrnya goyang,truz mati lagi sma speakernya itu bunnyi duk2 tidak ada gbr?? komponen saya cek ok semua.. kira2 komp apa yang rusak mas aisy..trima kasih

    BalasHapus
  39. mau tanya mas tv china menggunakan ic la7631k 7n rusak, saya ganti dgn yg baru kok cuma stanby g mau start kira2 apanya yg perlu di cek.....?

    BalasHapus
  40. maaf maksudnya ic la76931k...

    BalasHapus
  41. Maaf mas mau tanya ....punya skema TV IZUNLI 21" model TC-2110BC.....ada Resistor yg terbakar nilainya jadi tidak di ketahui.....punya skemanya gak mas.... R443...Trims.

    BalasHapus
  42. Maaf mas mau tanya ..kit tv cina w com baru, katanya untuk crt slim 29" kalau pasang apa adanya elco 4,7 uf 250v pd blok horizontalnya selalu meletus, tampilqn layar kiri kanan melengkung kedalm dan meliuk2, bagian bawah naik inchi putih, bgn atas melengkung keatas, disenting vertikalnya cuma bisa berubah bgn atasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh, masalah kita sama..
      C444 4.7mf/250v selalu meletus..
      Tp bedanya vertikal rata, hanya kurang penuh aja..

      Hapus
  43. mesin tv W-COM masalah ada pada vertikal(garis tengah mendatar)udh tk ganti LA78040B tp tetep aja, tegangan di IC CRHOMA pin 8 harusnya 5volt,tapi ini 0 volt kadang ada berapa detik lagi hilang, mohon solusinya.trima kasih

    BalasHapus
  44. MAS PNY DATA PIN IC 79CSN931CTE1V01 ?tlg dbntu,,trmksh sblmna,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh sama dengan LA76931 fungsi kaki-kainya Mas Bro.

      Hapus
  45. bos gimna caranya merubah logo tv huijia dengan nama kita....
    mohon di bantu ya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada keterangannya di brosur dan skema dalam duz pembeliannya.

      Hapus
  46. gan tv ichiko sy setelah ganti elco 10uf 250v ma r 100ohm, elco 4,7uf 50v yg ke aram memory meletup terus, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  47. Gan q da tv mitoshiba 14" matot R517 n' R523 hangus ma C3807 kebakr solusi n' ukran R gan. . Ma kash buanget. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. R517 : 560 ohm dan R523 : 1K,permasalahan masih di regulator dan outputnya.

      Hapus
  48. Pak mau tanya pengganti tr horisontal tv china d5024 apa ya..? D.pasaran ga ada..persamaan.nya juga ga ada..mohon bantuanya..trims

    BalasHapus
  49. Kalau tr hor D5042 dipasaran ga ada berarti.kita hrs pake feeling dan akal ala mc gyver,itu salah satu kelemahan rakitan tv cina,sparepart susah cari persamaannya bahkan diganti pun masalah blm tuntas tv blm on bhkan mslah lain muncul,mgkin itulah tv cina di buat dengan dana minimalis shg harga barunya murah dg harapan ktika rusak cepat di lem biru, tp coba dulu taklukan tv cina tsb periksa ulang d5042 tsb benar2 rusak atau mgkin.komponen sekitarnya yg rusak coba ganti dg tr hor yg bertipe D juga D2498,atau Dxxxx lainnya pokoknya jgn menyerah teruss berjuangg boyzz cimahi

    BalasHapus
  50. mlm kang,mau nanya ni saya punya tv china pakai ic la76931 gmbar garis datar ditengah ic vert dan ic la nya udah diganti tp gada perubahan mohon pencerahanya,trma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lebih teliti lagi,kemungkinan di rangkaian vertikal masih ada yang ketinggalan belum di periksa,bisa elko,R,atau mungkin yoke bagian vertikalnya yang putus lebih dari satu.

      Hapus
  51. Sekedar sharing aku lg utak atik tv konka14 in,Dg ic LA76810 Bcassing dah butek, tp mesin ori kerusakan matot..aBku bersihin mesin paje kuas dan cling mesin ok Butuh solderan blm banyak bekas solderan ,aku tatap komponen masih pada ganteng,cuma solderan asli yg tipis udah banyak yg retak aku solder ulang dg rapih..aku coba on kan tv jepret listrik mcb turun,aku copot mosfet ukur ok..,tanpa ragu aku ganti ic TDA4605 Seharga 5rb perak dan Dioda brige dan pasang ulang mosfet 7N60B yg masangnya pake penghalang jgn nempel pendingin,, dan jess tv hidup tp.. layar merah..seneng tp rada mikir..krn searching google dominan mengatakan ini rusak tabung layar..waduh...
    Eitt tar dulu aku cek CRT jalur KR KG KB aku cek KR Katoda red komponen oke2 tp ada solderan resistor udah mentah dan retak gak kelihatan ..aku solder ulang dg rapi ....coba on kan tv dannn siiip warna normal ganteng lagi tv pun sudah siap normal,jd jgn keburu memvonis tabung rusak..trimakasih..boyzz cimahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharing dan kunjungannya,semoga sukses selalu.

      Hapus
  52. Sama sama mas aisy, tulisan2 mas sangat bermanfaat bagi hobiest penggemar elektronik....
    sukses selalu,, boyzz cimahi...

    BalasHapus
  53. numpang nanya gan,ni tv votre 14 inc ada plek merah di bagian bawah layar ,jg layar ada sedikit goyang2 tu kenapa ,mohon pencerahannya mksh

    BalasHapus
  54. bos numpang nanya,,ane punya pasen LG flatro 21" suara ok tp gambar ga bsa dtonton cuma gars gars kaya buku dan berjalan dari atas turun ke bawah,,,,raster menyempt bagian vertkal

    BalasHapus
  55. siang om aisy, saya punya televisi Panasonic tidak menyala sama sekali, indicator standby pun mati.
    pas saya cek, 220V masuk, terus ada komponen yang sudah terbakar hangus, tapi gak tau itu komponen apa, ada tulisan R502 di boardnya.. boardnya made in china
    ini fotonya dikit
    http://www30.speedyshare.com/cFkgT/download/IMG-20140726-00166.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang di lingkaran merah bisa di kasih 22 ohm 10W ,kalau R itu terbakar biasanya di rangkaian regulator ada hubung singkat.

      Hapus
  56. oh begitu, terimakasih om aisy untuk responnya.
    saya coba dulu

    BalasHapus
  57. Mnrt om aisy, tv led konka dan coocaa bagusan mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pribadi lebih memilih Konka LED TV

      Hapus
  58. Mohon bantuan'a gan.sya gi benerin tv votre model 1589Q mati stanby. Waktu pertama sya bwa dri teman tv dlm kondisi mati total. Kemudian saya ganti transitor horisontal'a lampu led langsung nyala tanpa yoke. Stlah yoke sya pasang coba tekan tombol eh.. transitor langsung jebol. Kemudian sya pasang lgi transitor yg baru tanpa memakai yoke sya hidupkan mesin tv langsung stanby lampu nyala merah sya coba tekan power diremot dan tombol chanel di tv tetap gak ada reaksi. Kira" apanya y...? Mohon baantuan'a gan...!! Tegangan Acmatik semua normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yoke belum terpasang,tv tetep dalam keadaan standby,coba cek dulu area horizontalnya,kemungkinan ada C dan D yang short.

      Hapus
  59. Sya dah periksaa c dan d satu persatu gak ada short kira" apanya ya..? Maaf Gan dah merepotkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira defleksi yoke bermasalah,mungkin resistansinya yang terlalu kecil,ngomong-ngomong ketika ngetest pakai CRT dan yokeyang gimana? CRT+yoke monitor atau CRT+yoke TV?

      Hapus
  60. Crt+monitor gan. Iy.. gan kya'a yoke bermaslah coz sya coba pke mesin tv selalu jebol trus Transitor'a, sya dah abis 3 gan ganti transitor. Tpi ketiika sya coba tes mesin tanpa yoke transitor baik" saja (stanby)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek kumparan yoke bagian dalemnya,terutama kumparan untuk horizontalnya,apakah terbakar ataukah tidak,bila tidak ada tanda-tanda terbakar silahkan di modif dengan menambahkan trafo khusus yoke untuk menambah nilai hambatan dari yoke tersebut,sehingga aman bagi transistor horizontalnya.

      Hapus
  61. Sebelum sya pasang trafo wansonik. di yoke bgian horisontal tlah ada semacam lilitan di parelel dengan resistor 1ohm tpi tetap saja teransitor jebol...

    BalasHapus
  62. Benar gan ternyata yoke'nya terbakar. Jdi itu yg menyebabkan transitor jebol terus..! Makasih gan telah bantu.. Trus klw yg menyebabkan mesin stanby apa'a gan..? Apakah yoke'a juga..?

    BalasHapus
  63. Hehehehe.....kalo lilitan horizontal masih paralel tetep aja jebol,kecuali lilitan horizontal di ubah jadi seri insya Alloh nggak bikin jebol.

    BalasHapus
  64. Hehe...kebetulan di tempat kerja sya ada bekas monitor komputer samsung dan terafo yoke WANSONIK . klw mo dipakai apakah yoke'a harus di rangkai seri dulu atau gak usah..?

    BalasHapus
  65. saya mau tanya dong om Aisy, kalau tv Samsung layarnya kuning gitu, gimana cara perbaikinnya ?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena CRT yang mulai melemah kwalitas fosfornya,bisa jadi karena settingan B/W Balancenya yang berubah,atau bisa jadi karena salah satu part pendukung salah satu katoda berubah,coba yang paling mudah dulu yaitu cek settingan B/W Balancenya dulu,atur satu persatu pengaturan R.drive,G.drive,B.drive,dan pengaturan R.bias,G.bias,B.biasnya via service mode,kalau masih pakai VR ya di atur via VR di blok RGBnya.

      Hapus
  66. maaf saya ingin tanya, tv saya merk niko 21" pertama yang terjadi meletus. saya buka cover ternyata fuse putus, saya ganti fuse 3A dan putus lagi. terus saya ganti lagi Fuse 3A, TR1802, TR3807, TR1803, 681K2KV bisa nyala dan pada saat mau saya tutup saya pasang degosing (kalau tidak salah yang kabel dari PCB ke Tabung melingkar dengan ditutup isolator) saya tancapkan kemabali meletus lagi. kira2 saya harus bagaimana ? terus dioda RL207 yang berjumlah 4 bisa diganti dengan type apa saja ?
    terima kasih mohon dengan sangat.
    ynnrny@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau meletus lagi fusenya,kemungkinan ada yang bermasalah di AC filter,bisa dari 4 diode penyearahnya,PTC degaussnya yang konslet,atau coil filter ACnya,coba di cek dan ukur sekali lagi.Untuk 4 diode penyearahnya bisa pakai IN4007.

      Hapus
  67. kang Aisy.... ic program hbt 00-004G teg 5 volt drop terukur 2.4 volt.... ku coba lepas pin 5 volt nya lngsung normal...apakah ic program harus diganti baru atau gimana kang.... mohon solusinya.... tv merk polytron type ps1422.... suwun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh memang IC HBT tersebut sudah error coba ganti dengan yang baru.

      Hapus
  68. terima kasih respondya kang aisy.. sukses untuk anda dan keluarga......

    BalasHapus
  69. Kang aisy,mo tanya ni......tv china suara normal gambar tidak muncul,tp sy cek semua tegangan normal! Apa ada yg terlwtkan ya pengecekan sy?! Mohon bantuannya kang,tv ini pake ic vertikal tda3653b,mrtnwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan heater belum dapat tegangan atau bisa juga rangkaian AFC dan ABL bermasalah.

      Hapus
  70. assalam wrb ..salam kenal bang aisy .. sy sulaeman tv china mati stàndby stelah 6 menit br nyala apa mohon solusi nya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi solderan di regulator dan output regulator kwalitasnya sudah buruk,elko-elko di output regulator ada yang soak,atau X-tal IC program bermasalah.

      Hapus
  71. Masukkan komentar Anda..Assalamualaikum wr bb.
    mau tanya mas. Ada tv votre 14 inc gambar bagus tapi suara seperti bunyi desis fm saja. Kerusakannya apa ya mas? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam!
      Kemungkinan setting system suara di D/K atau M atau I,silahkan geser ke BG.

      Hapus
  72. gan...AKARI dan KONKA bagusan mana ya untuk led tv 50inch full hd?

    BalasHapus
  73. pak saya mbenerin tv china menggunakan ic la76931k 7n dh tk solder ulang elco pun dh ak gnti cristal pun udah tapi ko warna tetap hitam putih yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada tegangan Vcc yang ngelantur di IC singlenya.

      Hapus
  74. Pak changhong sama Coocaa bagus mana ya
    Saya rencana beli Coocaa 40E3000T fiturnya komplit soalnya

    BalasHapus
  75. Salam kenal kang..saya pasang mesin tv wcom slim ternyata gambar kurang lebar,lalu saya pake travo yoke untuk melrbarkan gambar eeeee mlah elco 250 4.7uf meledak,tolong solusinya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudah berkunjung.
      Untuk mengurangi/menambah lebar gambar yang paling yahud menggunakan ferit yang di lilit dengan kawat email beberapa gulungan yang di serikan dengan H- yoke.
      Atau sampean cari aja coil copotan yang biasa di H- tv china atau tv yang lain.

      Hapus
  76. Asslmkm wr wb...sudah hampir 6 tahun saya nyimak blog kang aisy,dan kang aisy msh ttp eksis bantu memberi solusi buat yg membutuhkan...smoga rezeki kang aisy selalu lancar...amiiiin.wsslmkm wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam!
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Aisy,Terbaik untuk semua!

      Hapus
  77. Assalamualaklum kang, sy punya led konka 26" , kondisi blank cuma hitam ngga ada suara,, kira2 apanya ya kang yang rusak,, apakah ic nya ? Kalo rusak ic apakah harus ganti total ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk TV led LCD memang satu modul untuk penggantian sparepartnya,kecuali jika memang part yang rusak sudah tersedia di pasaran,barulah hanya part yang bermasalah saja yang di ganti.

      Hapus
  78. ass...sy pny mesin tv china tnp fbt...tuk mengetahui tegangan 300v cek nya di mn...?ouchh...ya...dioda capasitor n resistor di output pada hilang,komponen output tsb type n ukuran brp?mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kirim gambarnya ke WA/Line di 085856042114

      Hapus
  79. mas mohon pencerna hanya tv wcom 2ic kalo tv dinyalain ko siaranya pinda pinda terus gk mau berhenti kalo dipencet tombol menu baru bisa berhenti itu apa gejalanya makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol switch program yang front panel lebih baik di ganti baru semua.

      Hapus
  80. Mas aisy, mohon bantuan...tv lcd konka 32 inch..klo listrik mati/dicabut ngak mo hidup..indikator mati/tidak standby tp klo dibiarin seharian baru dihidupkan lagi ngak masalah/normal aja..apa solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga masih di regulatornya permasalahannya,entah itu elko bocor atau kering atau mungkin solderan sudah berkurang kualitasnya.

      Hapus
  81. kalau tv saya merk coocaa, tampilan di tv redup, dan jga sering susah hidup kalau sudah mati lama.
    kira2 apanya yang harus di ganti?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV dengan gambar redup bisa di sebabkan ada permasalahan di rangkaian ABLnya,entah itu karena solderan yang sudah retak halus atau karena ada kerusakan part.Bisa juga karena ada part yang bermasalah di rangkaian IF,SAW filter contohnya.Gejala susah ON setelah lama di OFFkan bisa karena sudah terlalu banyak solderan yang retak halus atau bisa juga karena ada satu/beberapa elko yang sudah menurun kapasitasnya di rangkaian output regulator.

      Hapus
  82. Pk aisy klo c680pf/2kv pecah...mo ganti di toko nya lg pd kosong...klo d ganti sm yg lain bisa gk???...caranya gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ganti dengan ukuran 470pf/2KV,560pf/2KV,1nf/2KV

      Hapus
  83. Terima kasih atas balasanya pk aisy
    ..sy coba dl ya...!!!

    BalasHapus
  84. mas aisy, kalau tv cina gambar terang...tapi suara hilang, hanya desis aja.,kaya siaran geser, program suara BG. kira2 apanya ya mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di coba cek jalur sekitar rangkaian ABLnya.

      Hapus
  85. Maaf Mau tanya, mas kalau tv led sharp aquos 32" mati kena petir masih bisa diselamatkan gak ya :), saya buka Blog regulatornya sekring putus/hancur, jalur sekitar sekring ada yg mengelupas, trus untuk Dioda RL207 bs dganti dgn type apa? nuhun,

    BalasHapus
  86. mu tanya mas.. tv sanyo dinamic hbs ganti play back kok elco 22 mf 250 volt sering kembung ya.. di ganti kembung lg.. stlah di cek tegangan di kaki + elco 22mf 180 dan di kaki - elco 22 mf kok jg ada tegangan 180 ya.. apa ygnrusak ya mas

    BalasHapus
  87. pa aiys kl mesin konka r525 itu ukurannya berapa punya saya restanya warnanya ilang karna terbakar

    BalasHapus
  88. Salam sukses ya mas , met buka puasa aja jika menunaikan... Makin lama makin gendeng saya mas , minta pengalaman dikit ya, soal mesin cina ini copotan dari tv cina 17 tabung monitor kayaknya ya...kemudian tabung nya konslet dan mesinnya saya mau pake di LG slim, tidak melengkung. Tapi menariknya kanan kiri kuwalahan saya mas, dah tak gulungke kabel di fbt nya sampai 25 lilit , masih kurang terus , dah tak tambahi kapasitor 9n1 jadi sekitar 15, masih kurang juga , kapasitor yang out nya aslinya 464 ke 204 , eg masih saja. Malah ada elko di sirkit 4,7/250v meletus ... Gimana ya cerita saya bisa di bantu nggak ya..mksh

    BalasHapus
  89. Kira kira di fbt nya di gulungan yang saya buat itu memang ada perubahan dan mau saya tambahin lagi biar layarnya pas dikanan dan kirinya itu berbahaya apa tidak , maksudnya efeknya

    BalasHapus