Rabu, 01 April 2009

Tv AKARI IC 20M11 Mati Standby


                 Di akhir bulan maret kemarin,siang pukul 10.30 aku dapet panggilan untuk menyervice tv AKARI type IC 20M11 di kediaman Bp.Harjo Kadimun/ibu Laminem,mulus,Purwodadi kec.Barat Magetan,dengan kerusakan tv tidak bisa di hidupkan baik dari panel tv maupun dari remote control,jadi tv tak berkutik dari posisi standby.
                Langkah awal yang aku lakukan adalah pengecekan pada tegangan B+ 115V yaitu pada elco C561,yang hasilnya menunjukkan 1000V lebih dengan avometer digital,lalu aku lepas elco tersebut yang ternyata pada salah satu kakinya putus karena termakan karat/jamur.Pemeriksaan beralih pada 2 resistor yang terlihat hangus disamping kiri flyback yaitu R443=10K/2W dan R231=120K yang meninggi nilainya.
               Setelah penggantian 3 komponen tadi,lalu tak lupa saya lakukan penyolderan ulang pada bagian-bagian yang rentan terhadap panas,seperti bagian regulator,horizontal,vertical,dan lain sebagainya.Usai penyolderan ulang,tv pun siap di coba untuk melihat hasilnya,dan YESSS......tv AKARI sudah normal kembali,keluarga bp.Kadimun pun bergembira karena sudah bisa menikmati acara tv kembali,setelah 2 hari absen menonton acara tv,selamat bergembira!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

88 komentar:

  1. terima kasih pak dokter,telah membantu ibu laminem sekeluarga,smoga tambah banyak rezekinya....

    BalasHapus
  2. he..he..perkembangan lagi nih, tinggal widget buat chatting nya euy !

    BalasHapus
  3. Hallo Aisy, saya www.tvservicemenu.blogspot.com
    saya ikut blog anda karena ingin menjalin silaturahmi di antara bloger indonesia walaupun saya sedikit kurang mahir bahasa indonesia tapi karena lahir di indonesia maka bisa saja biar di edit duluh sebentar,Oh yah Aisy, saya akan bantu anda untuk menamba conten di blog anda, silakan daftarkan email anda ke tvservicemenu@gmail.com dan kami akan mengirmkan anda beberapa conten dari kami termasuk data teknis elektronika.semua kami berikan untuk anda gratis, anda juga bole memasang service menu code di blog anda dengan mencantumkan sumbernya dan membuat link ke www.tvservicemenu.blogspot.com.
    dalam waktu dekat kami akan menerbitkan blog berbahasa indonesia dan anda akan kami masukkan kedalam komunitas teknisi elektronika seindonesia di blog khusus yang kami miliki.Anda dapat mengikuti blog kami jika anda mau, salam kenal Aisy insya ALLah kita saling membantu satu sama lain.
    Sudah dulu aja yah ,
    sampai jumpa
    Best regards
    www.tvservicemenu.blogspot.com

    BalasHapus
  4. terima kasih kepada team tv service menu blog atas kunjungannya,saran dan permintaan anda akan segera saya tindak lanjuti,sukses buat team blog anda,terima kasih.

    BalasHapus
  5. ilmu untuk anak sd kok dipamerkan di internet oalah mas mas ,........ kalau cuma gitu semua orang elektronik sudah ngertos "komunitas insyinyur elektronik blitar jatim"

    BalasHapus
  6. Selamat datang "komunitas insinyur elektronik blitar".kalau sudah ngertos ya syukur alhamdulillah,tapi bagi rekan pemula mungkin akan berguna sebagai bahan tambahan referensi,sukses buat anda.

    BalasHapus
  7. support untuk aisy, mungkin insinyur memang ndak perlu tapi bagi anak sd sangat perlu.

    BalasHapus
  8. Terima kasih supportnya Bung Wahyudi! Saran,kritik,dan komentar saya terima dengan senang hati,sebagai acuan untuk lebih maju lagi,sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
  9. Salam bang aisy maju terus pantang mundur,thanx atas ilmunya,sangat bermanfaat bg saya dan semga juga bermanfaat bagi yang lainnya...Sekalian juga minta ijin kalau saya mengikuti blog anda bang Aisy...Smga tambah sukses selalu...

    BalasHapus
  10. Terima kasih bening! Sukses selalu buat anda sekeluarga.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Bang... Penyakitnya sama seperti TV saya yang merk toshiba 32DW4UC besarnya 32 inch yaitu hanya lampu merah standby yang nyala kalau onkan pakai remote cuma bunyi klik aja nggak mau start apakah yang rusak plybacknya.. terimakasih atas jawabanya bang. wassalamualaikum

    BalasHapus
  12. Mahmud:belum tentu flybacknya mas,coba solder ulang dulu pada bagian regulator,horizontal,vertikal,dan ic if/croma,jangan lupa periksa semua elco pada bagian yang udah saya sebutkan tadi.cek juga tr horizontalnya,kali aja short.

    BalasHapus
  13. terima kasih atas referensi yang anda berikan ,bagi pemula seperti saya itu sangat besar manfaatnya .semoga allah selalu melimpahkan rahmatnya bagi orang2 yang ikhlas dan bersabar

    BalasHapus
  14. Terima kasih kunjungan dan doanya....sukses buat anda!

    BalasHapus
  15. halo mas aisy salam kenal mas saya masih banyak belajar dari mas aisy yg sudah lama dalam servis tv

    BalasHapus
  16. halo mas artikel ya sangat membantu kita di sini mas yg masih culun dalam info servis bantu kita ya mas

    BalasHapus
  17. oke terima kasih semuanya,enjoy aja!

    BalasHapus
  18. tv saya sama akari ic20m11.gambarnya putih kotak kecil di tengah,suara gak ada.kalo volume ditekan keliatan samar2 garis volumenya.komponen mana yang harus dicek/diganti?

    BalasHapus
  19. mas tv akari gak bisa ngunci,coba manual tuning tetap aja lewat ic if TA8690AN.Kendala bila pindah chanel pertama gmbr ada lalu hilang terus volume walaupun tampilan udah full tapi tetap gak berpungsi sdng ic audio bagus?mhn infonya trim's

    BalasHapus
  20. Untuk tv yang pakai TA8690AN bila gambar suka ilang sendiri (bergeser sendiri) biasanya yang perlu di ganti adalah coil MF untuk AFT dan IFnya yang bertype 489U/E08L.

    BalasHapus
  21. akang,, numpang tanya,,

    saya ditawarin tv akari tipe 1c 2lf99al 14411199

    nah,,saya sndiri gtw pnampakannya sperti apa,apa flat ato engga

    mohon penjelasanny,,,
    makasih,,,

    BalasHapus
  22. saya sendiri juga belum pernah menjumpai type tersebut,kalo menurut saya jenis flat deh kayaknya.

    BalasHapus
  23. mas aisy semoga tetap sukses selulu.tanggapi ejekan dgn biasa saja. anggap saja anjing menggonggong kafilah berlalu, mas aisy lah kafilahnya.

    BalasHapus
  24. Apapun yg anda rela tulis diblok anda adalah amal anda utk dunia achirat. Jangan lemah oleh cercaan dan hinaan orang.Suatu saat akan diputar balikan dunia ini.Baik yg utk anak sd maupun insinyur.Dunia sangat luas ...bahkan yg insinyurpun sekali waktu harus berguru kepada anak sd.coba deh ank sd kelas lima bisa membuat seseorang kaya/dapat duit banyak di acara TV.Saya sendiripun sering buta dan kalah dgn anak sd......apalagi internet saya harus belajar banyak dari rekan2 yg mungkin sepantaran anak saya.Saya kepingin dapat ilmu dari siapapun....maukah anda menjadi guru saya mas aisy?

    BalasHapus
  25. wah wah terima kasih yang sebesar-besarnya atas support dan penyemangatnya Kawan!

    BalasHapus
  26. salam kenal Mas aisy, numpang nimba ilmu

    BalasHapus
  27. Q sudah lama Membaca artikel2 di Blog panjenengan. Anda sangat memotifasi saya dalam memecahkan masalah TV yang saya hadapi, waloupun kerusakanya sama,? Tp sumbernya itu berbeda tapi kadang ada pula yg sama dgan panjenengan alami. terima kasih Bapak aisy, semoga Sukses untuk semua.
    Slam Darto, punggur, purwosari, bojonegoro. Jatim

    BalasHapus
  28. SLAM DARTO=terima kasih supportnya

    OPUNG ELEKTRO= salam kenal juga

    POER=OKE OKE OKE.....

    BalasHapus
  29. halo bang,met kenal sebelumnya,persamaan playback Sharp Picolo 21" JF 0501-32601 apa y,mohon bantuannya ,trims.

    BalasHapus
  30. type yang di pakai bukan yang itu Kang Karno! tapi yang di bawahnya,kalo nggak salah typenya RTRNFA132WJZZ atau di singkat FA132WJ,Kalo di pasaran susah dapetnya,sampean harus ke Sharp SC dong,tapi kalo mau pakai persamaannya pakai aja FA093,itu pun ada ''TAPI''nya hehehe.....kalo sampean beruntung ya langsung JRENG,tapi kalo nggak beruntung,biasanya gambar bagian atas/layar atas agak melipat sedikit,karena FA093 untuk CRT 14'',sedangkanFA132 untuk CRT 20''/21''.

    BalasHapus
  31. trims kang atas bantuannya,& berterima kasih sekali, semoga tambah sukses selalau buat kang Aisy,o ia,hampir lupa, alamat Emailnya dong kang,kirim aja di: "wiraptr@gmail.com" thanks.

    BalasHapus
  32. hallo mas aisy aku ni nak tanya mas aisy tahu persamaan fbt jf 0501-32601 yg umum/ ada dipasaran. soalnya ditempat saya ni susah cari la. makaci mas aisy atas atensinya

    BalasHapus
  33. ooooooo.....untuk tv sharp alexander ya?
    kalo tv nya 20"/21" bisa pakai F0101KM,F0102KM,FA012WJ,FA061WJ
    kalo tv nya 14" bisa pakai BSC26-2631S/FA122WJ,FA093WJ,

    BalasHapus
  34. Bung Aisy,saya di Tasikmalaya,TV saya AKARI type IC21SL98WO tiba2 aja hilang gambar,suara kemudian standby............. dicoba berulangkali pake remote maupun manual,eh malah ada yang hangus,tapi saya ndak berani buka, takut garansinya batal,mohon sarannya matur nuwun

    BalasHapus
  35. lho? kok masih bergaransi? tv masih baru to? la kalo menurut saya lebih baik sampean komplain aja ke toko tempat anda beli,mudah-mudahan dapet ganti yang baru,dari pada sampean bongkar sendiri.

    BalasHapus
  36. SIP TO KANG INSYUR SEKRG BANYAK YG PINTAR ....TAPI NGIBULIN TU DI SENAYAN WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK

    BalasHapus
  37. Begitulah adanya dunia kalau lagi naek daun anginnya semakin gede Kang Aisy,bukanya tukang Insinyur belajarnya merakak dari Sd...dan belum tentu tukang insinyur prateknya jago.aku berani adu cepet ngerjain beberapa peralatan elektronik,ayuh mau dari mana,dari yg diatas apayg dibawah monggoh tukang insinyur milih,buktikan...Salam buat Aisy,Succes selalu Amin Ya robal alamin.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. kang aisy lam kenal aku cah jonggrang.barat.magetan,,blog anda bgs apalagi tuk pemula seperti saya.

    BalasHapus
  40. pak aisy pada tv2 cina input ic 7812 dr tr a.. ga mau keluar.padahal di emitor normal kenapa ya pak? mhn pencerahan mksh

    BalasHapus
  41. Dear Mas Aisy...
    Terimakasih sebelumnya atas "pencerahan" pd tv Toshiba saya terdahulu...nah sekarangg saya ada beberapa pertanyaa sekiranya mas aisy bisa membantu dan juga rekan-rakan lainnya...

    TV akari type IC-20588Z mati total.
    elco besar (220uF/400V) terdapat tegangan sekitar 265V Tidak ada 180V,B+
    ganti Q402 (horz TR): BU2508DX dengan 2SC5297
    Ganti IC 301 : TA8445K

    Oh yach TV ini menggunakan FTB : FUY-20C009
    IC Video IC501 : TA8690AN
    IC101 : AKARI PTC-80499-01
    Q806 : 2SC3461 (switching)

    ditunggu pencerahannya kembali ... :P

    Terimakasih
    Salam Hangat
    Vrya
    e-mail: h3liax@gmail.com

    BalasHapus
  42. mas infone keren, lanjutkan postingannya

    BalasHapus
  43. lam knl mas aisy,saya sering buka blok andapernh jga kometr,tapi kayaknya ga ditanggapi,skakli lg saya mohon bantuanya,klo ada skema samsung slimfit 21 in.skirnya rido mohon dikirm ke,nanoruhyono@yahoo.co.id,seblmnya maturnwun..........sukses slulu.

    BalasHapus
  44. walaaaaah masak sih? makanya kalau ninggalin komentar jangan lupa kasih nama,jangan anonim,karena kalau anonim saya tuh cenderung nggak mau membalas,tapi ya tergantung mood juga sih hehehehehe....

    Untuk skema samsungnya silahkan ubeg di sini kali saja ada yang cocok! sukses buat sampean!

    BalasHapus
  45. maturnuwun mas atas tanggapan dan skema2nya,eh...ya mas saya NANO.maaf nih saya baru sempet buka2,maklum sibuk.semoga allah memberi rahmat dan hidayah tik kita semua.aminnnnnnnn.maturnuwun...........

    BalasHapus
  46. hy aisy Saya ingin ikut berbagi nih...
    TV AKARI SAKURA IC-1493AN5 SUARA NORMAL
    LAYAR BLANK PUTIH BERGARIS DAN BERGOYANG

    Pada tanggal 01 April 2011, Ada tetangga datang minta tolong di cekkan tv akari miliknya yg bermerek Akari Sakura IC-1493AN5. Keluhan yg disebutkan tv tsb bersuara Normal,dan kadang terlihat samar Tulisan Akarinya.Namun Layar yg Nampak dominan Putih blank tapi agak bergaris sedikit hijau dan bergoyang seperti pada saat kita mencari channel baru. (lihat gambar)

    Langsung saja untuk pengecekan pertama Saya coba cek bagian Horisontal dan ternyata TR Horizontal bagus. Langkah kedua Saya tertuju ke IC vertical dan ternyata masih tidak ada pengaruhnya.layar masih tidak berubah. Akhirnya kecurigaan saya tertuju ke IC LA 76810A. dan Saya coba ganti baru dan dihidupkan masih juga gak ada sama sekali perubahan.semua Elco sdh diganti dari yg bernilai 160v/100uf,25v/1000uf,35v/1000uf dan semua elco yg disekitar horizontal serta vertical. Semua resistor dan diode di cek baik semua.tegangan 24v juga ada. Sayapun bingung… terpaksa pencarian saya lanjutkan esok harinya. Setelah esok datang, sayapun mulai lagi pengecekan.tanpa basa –basi kecurigaan saya muncul sendiri dan tertuju ke Elco yg tak disangka – sangka yg berada di samping Flyback paling pinggir. Dan ternyata..hmmm… Elco 250v/22uF yg bodynya tampak segar ternyata dibagian kaki bawah hangus terbakar.(lihat gambardibawah).
    langsung tanpa pikir panjang Saya bergegas ganti Elco tsb… dan maknyosss…greeek… TV hidup normal kembali. Bayaranpun menunggu….
    Semoga bermanfaat…!

    *Berdasarkan pengalaman pribadi “Tri .Y.Hasnan”.

    BalasHapus
  47. TRI Y HASNAN = terima kasih atas sharing pengalamannya,sukses buat sampean sekeluarga!

    BalasHapus
  48. salam kenal bos.salam sukses...minta pencerahan master...aku ada kasus akari sakura.chanel gesar geser.tuning mau berhenti,dan nyimpen.tapi chanel gak mau berhenti stabil....?????thanx

    BalasHapus
  49. TV AKARI SAYA STEMBAY TERUS.GA BISA HIDUP LAGI
    APANYA YAH BANG, AISY?

    BalasHapus
  50. cek Xtal sama IC resetnya Kang!

    BalasHapus
  51. Lam kenal SUHU.........!
    Lg butuh pencerahan nich........
    Mohon bantuannya.....
    q msh minim pengetahuan tv, so tantangan televisi rusak bikin puziiiing jg!@#$%&^.......hehe
    bolek kursus jarak jauh ga......?
    materi, biaya, dll detilnye mhon kirim email: satriomadukor0@yahoo.co.id
    Mohon bantuannya SUHU................

    Suhu...... lam kenal.
    butuh pencerahan nich ..........!
    kursus televisi jarak jauh bisa ga, pengetahuan q msh minim, tantangan televisi rusak lumayan bikin puzingg?*#@%*. Biaya, dll detile infonya kirim ke email:satriomadukor0@yahoo.co.id.......
    Matur Thanqiu Suhu..........

    BalasHapus
  52. waduh kok bingung to!
    sampean mem-follow tiap-tiap blog elektronik saya rasa sudah bisa di jadikan sebagai bahan untuk belajar,atau bisa juga jadi member aja di SINI

    BalasHapus
  53. Ilmunya dan pengalaman yang sangat bagus untuk berbagi, semoga tetap dapat menjadi bengkel elektronik yang bisa melayani masyarakat dengan sepenuh hati

    BalasHapus
  54. Bang aisy,salam kenal,minta petunjuknya,,,!saya punya tv AKARI type IC 20M11,gambar normal tapi suaranya gerimis sperti ngak ada acara.mohon solusinya bang aisy,terima kasih.

    BalasHapus
  55. Kemungkinan settingan system audionya belum betul,coba di koreksi dulu,kalau settingan system audio sudah betul kok masih mendesis suaranya kemunginan CF 5.5Mhz bermasalah.

    BalasHapus
  56. mo nanya nie mas.... saya punya problem pada Tv Sony board KV - 1404 GE pakai Flyback 1-439-421-21.... jenis Kerusakan nya : jk dinyalakan tv sebentar hidup sebentar mati.... untuk tegangan bagus... saya mengira dari flyback... flyback tak tes ne ktnya gak pa2.... mohon pencerahan Mas....
    muhammad syahrir di tulungagung

    BalasHapus
  57. MAS AISY ,,kalau tv akari 20 inc matot yg paling mendasar atau utama di cek apanya bisa di posting ga gambar tutorial nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek area regulatornya,waduh untuk gambar screenshootnya belum punya,belum dapet garapan tv Akari hehehehe.......

      Hapus
  58. Lam kenal Mas Aisy...saya mau belajar dgn sampean.banyak problem kerusakan tv yg tidak terselesakan..sehingga harus ganti mesin..hehehe.. lam kenal Badrun dari Jambi

    BalasHapus
  59. Mas Aisyi saya pendatang baru boleh ikutan ngga dlm bidang service menservice?. Maturnuwun lho. Dari Bambang Crbn.

    BalasHapus
  60. Salam kenal bung Aisy, saya dapat kendala akari 20M11 ini jg, pada saat AV, gelap tidak ada gambar dan jg suara, OSD pun tidak muncul, mohon pencerahan nya. trima kasih.

    NB : IC tipe OM 8361 blum saya cb ganti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada IC switch AV coba di ganti dulu,jangan lupa resolderingnya

      Hapus
  61. Trima kasih buat respons nya, sudah saya cek, tanpa ic AV swich 40XX, langsung menuju pin 15 OM8361 untuk jalur V nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooooo.....kalau begitu giliran OM8361nya yang di ganti.

      Hapus
    2. Dah saya replace dgn TDA 8361 bung. tokcer rer rer rer, tapi muncul masalah baru, gambar video nya bergerigi, audio pecah suaranya. Mohon pencerahan nya dari bung Aisy.
      Trima kasih.

      Hapus
    3. Waduuh dadak oleh bonusan barang!......
      Jajal di cek elko-elko sing berhubungan karo AV in dan Audio in nya.

      Hapus
    4. blom sempet bongkar lg bung, agak susah keq nya penyakit nya.

      Hapus
    5. assalammualaikum...mas aisy..maaf ganggu,punya skema tv akari IC-20m11 ga...boleh minta ga klw ada...

      Hapus
  62. mas aisy,,, sblmnya saya brtrimaksh atas tnggpan anda kmrn,, n saya mw tanya lagi nih,,tlg dong ksh tahu titik protek tv samsung 21" pake ic LA76941A(CHROMA+PROGRAM),,Kasusnya ;tv hidup 5 dtk, trus mati' gambar normal tegangan B+ normal,n 5v-nya normal,8v-nya jg normal,,,mksh mas ya/??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mati total apa mati standby? kalau mati total silahkan ganti STRnya

      Hapus
  63. Mas aisy mta no hpx smskan ke no 081354400114 nti sya hub ada masalah sma tv saya! Mksh sblmx

    BalasHapus
  64. Mau nanya bos, saya punya akari ultra slim, penyakit stanby, sekali distar naik, tapi standby kembali, mohon jawaban untuk masalah tersebut, Terimakasih bos,

    BalasHapus
  65. mau tanya bos klo tv akari yg ada ktpnya fuse selalu putus dan ptc selalu terbakar kira kira kerusakannya dimana?mohon bantuannya terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  66. mas Aisy,, untk pengganti FBT BSC26-2631S/FA122WJ-B yg cocok pakai apa ya mas,,, soale dikotaku susah banget nyarinya.. thanks ya mas...

    BalasHapus