Rabu, 29 April 2009

Kelemahan Pada Tv Rakitan China (1)

 
                Hari ini saya mendapat servisan 2 tv sekaligus,dua-duanya mesin originalnya telah dengan di ganti dengan mesin tv rakitan china dengan merk HUI JIA,dan kedua-duanya juga mengalami kerusakan yang sama yaitu mati standby,tv tidak bisa dioperasikan baik dari remote maupun dari panelnya.
                Berdasarkan pengecekan saya,semua tegangan pada output trafo acmaticnya normal semua,kecuali output tegangan 16v nya drop tinggal 9v,setelah saya telusuri ternyata elco C564=470uf/25v bocor,setelah penggantian elco tersebut tv pun bisa normal kembali,perlu di ingat buat para pemula(bukan kepada para insinyur elektronik tentunya he he...)penggantian elco jangan hanya yang terlihat rusak saja,karena umumnya elco-elco pada tv rakitan china menggunakan elco yang tidak tahan terhadap panas,gampang menggembung dan bocor,ganti elco yang berkualitas bagus pada C561=220uf/160v,C562=22uf/250v,C563=470uf/35v,CC564=470uf/25v,C565=1000uf/35v,juga elco-elco pada rangkaian vertikal dan audionya.
                 Dengan mengganti elco-elco tersebut setidak-tidaknya bisa menambah panjang umur mesin tv tersebut alias awet,tapi jangan lupa penyolderan ulang pada bagian -bagian yang rentan terhadap panas mutlak dilakukan,kalau tidak tv yang baru anda reparasi tidak beberapa lama akan kembali lagi ke meja kerja anda alias kumat lagi he he....oke selamat bekerja,selamat mencoba,sukses buat anda semua

138 komentar:

  1. Balasan
    1. mas saya lagi ganti tv sharp dengan msn china merk vcom pada kartu petunjuk perlu kita memesukan kode tp setelah tak masukin kodenya tapi kok ngak bisa masuk program factory mode,minta penjelasannya mas

      Hapus
    2. hehehehe....di baca dengan teliti lagi brosur petunjuknya,mungkin ada yang terlewatkan,kalau pakai kode nggak bisa masuk service mode,coba cari lubang kecil di jajaran keypad remotnya barangkali bisa buat masuk service mode.

      Hapus
  2. He he baru nongol nih mas Mandor :)

    BalasHapus
  3. masukan bagus mas keep going ya

    BalasHapus
  4. Oke mas Poersz! terima kasih supportnya

    BalasHapus
  5. Thanks U bgt neh,bro,ats info2nya buat nmbh2 masukan..

    BalasHapus
  6. mas sy ada tv cina tegangan pada 115v drop,padahal kaki colektor horizontal sy lepas jg msh drop kira2 apanya ya?

    BalasHapus
  7. bisa dari FBT dan diode 115V nya,cek dulu semua diode di regulator outputnya.

    BalasHapus
  8. kang aq dapat servisan tv china.tegangan B + nya drop sampai 70 volt.jika r yang menuju basis tr hor driver saya lepas tegangan B + normal 110 volt.(horisontal g aktif).saya cek fbt nya ground ke kolektor tidak short.saya coba lepas defleksi juga drop.c 220uf/160 volt dah saya ganti g ngaruh.tr hor D24xx masih ok.TR c1815 yang berhubungan dengan optocoupler juga oke.tapi meskipun tegangan drop suara HV nya kedengaran pertanda H osc kerja.cuma layarnya g ada gambar.kira kira apanya ya?power suplly saya coba ganti tv china lain.tetep aja drop.mohon bantuannya trims.

    BalasHapus
  9. Hehehe....nek menurutku rangkaian regulatore isik bermasalah,coba jajal nganggo acmatic eksternal alias robot transformers gimana reaksine?

    BalasHapus
  10. MAS SY MAU NNYA ADA TV CINA HUIJIA , LAMA BETUL NYALA NYA KIRA2 1 JAM DARI POSISI STANDBY. SEMUA TEGANGAN DIUKUR BAGUS, PANEL & REMOT TIDAK BERFUNGSI. KIRA2 APA Y??????????????

    BalasHapus
  11. silahkan di cek xtal aisy programnya dan solder ulang tentunya hehehehe....

    BalasHapus
  12. Bang aisy.sy ada tv cina merk changhong 14"awalnya matot.setelah dicek ada elco 10uf/160v dijalur b+ gembung.dang solder ulang.nah waktu coba dionkan.nyala led merah saja.tak mau hdp.semua tegangan ngak ada.baik dari out trafo swicingnnya.apa nya yg rusak ya?dicek tr dr 5287 oke.zener oke.dijalur regulator.

    BalasHapus
  13. coba optocopler ganti dengan yang baru pengaruh apa enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi mas sya mo numpang nanya nie.sy punya tv china vitron.mati stenby dari remot/tombol gak mo on tegangan normal.cuman tegangan di vertikal output ada 5volt.mohon solusinya mksh.

      Hapus
    2. Bang salam kenal. Saya mau nanya ada tv polytron kan gambar kurang lebar atas bawah ada trimpot saya putar malah tr horizonyal ngebul gmana bang solusinya

      Hapus
  14. mas Aisy numpang nanya, mesin china setelah on 10 menit hilang contras/gambar jadi samar2 dibelakang warna putih itu rusak bagian apanya ya? LA76810A dah diganti tp ga ngaruh,
    mohon solusinya, makasih.

    BalasHapus
  15. coba di periksa elco 22uf/250Vnya aman nggak?

    BalasHapus
  16. elco aman, barusan Q coba angkat pin CRT RGBnya, kok ternyata ada tegangan skitar 150 volt?normal nggak mas?
    setau Q intensitas warna berbanding terbalik dengan tegangan pin RGB(mohon koreksi) tp disini ga ada penunjukan aktifitas naik turun tegangan di pin CRT RGB, sampai Q coba ganti block RGB tetap ga ada perubahan,
    mohon bantuanya, makasih

    BalasHapus
  17. selamat malam mas.saya mau tanya.saya ada masalah tv cina garis putih/vertikal.voltase oke 24 volt ic ganti baru la 78040 tetapi kalau tidak mau membuka kira-kira penyebab lain apa mas.dan tata pun hilang.

    BalasHapus
  18. malam mas,ijin nanya ? kemarin saya mengganti mesin tv sharp dengan mesin tv china,semuanya normal cuma ada sedikit masalah,yaitu setiap pindah channel koq dispeakernya bunyi dug....apa ada stelanya yang kurang ????makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  19. met malam mas. bisa minta dagramnya tv hui jia 5119 ya mas

    BalasHapus
  20. Mau nanya nih Mas, TV Fujitec Slim flybacknya rusak penggantinya nomer berapa ya ?

    BalasHapus
  21. Mas mau nanya lagi, TV Akari 14 inch gambarnya sering hilang warnanya kenapa ya ?

    BalasHapus
  22. mas aisy. saya mau nanya mas..saya punya TV HUI JIA 21". kerusakan awalnya yaitu muncul garis putus2 horizontal di layar. trus saya biarkan sebulan kemudian TV saya lama hidupnya dri posisi stand by. nah sebulan kemudian TV saya ga mau hidup lagi..cuma stand by aja..saya cek elco c564 nya kok 470uf/16v y mas..bukannya 470uf/25v. apa ga ada masalh jika nanti saya ganti jadi 470uf/25v. sekian mas terima kasih. maklum saya amatir dalam hal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. woooo....silahkan di ganti dengan ukuran tegangan 25V boleh,pakai yang 35V juga boleh.

      Hapus
    2. mas aku mau nanya,kode aisy merk huijia berap

      Hapus
  23. mas master , saya mau nanya tv saya changhong 25 " udah tek ganti mesin dengan mesin china yang harganya 300 rb gambar bagus cuma sisi kanan kiri melengkung ke dalam sekitar 1 cm bagaimana solusinya apa yang harus diganti padahal servicemodenya udah tak seting tapi tetap begitu, mohon pencerahannya terimakasih banyaaak ditunggu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rangkaian EWnya ada 2 trimpot kalau nggak salah,coba di atur dulu 2 trimpot tersebut.

      Hapus
  24. mas aisy,,,numpang tny nih,,,,,out travo ac matic tv samsung g ada tegangannya,,,trus untuk ic str 6750 pin outnya no brp n out tegangan normalnya brp volt??? n untuk pin no 4 fungsinya ap?,,,,mhn keteranganya

    BalasHapus
  25. mas tolng saya ada mslh dengan tv huijia baru saya ganti 3 hari kini rusak dalam posisi lampu led y hidup arus 160v menurun sedand kan arus divertikal ngedrop kira'' apa y mas prmsalahan y mintak penjlasan y........ km dri sumsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tegangan B+ elko 160V jangan di masukkan ke FBT dulu,apakah masih ngedrop?
      Kalau nggak ngedrop kemungkinan area horizontalnya yang bermasalah.
      Tapi kalau masih ngedrop kemungkinan area regulator yang bermasalah/ada diode short di output regulatornya.

      Hapus
  26. Mas Aisy saya mau nanya, Tv Toshiba 21 mesinnya saya ganti dgn mesin cina rakitan Wansonic
    pertama bgus/normal, tapi setelah dipakai 3 hri timbul masalah, nyalakan tv lama setengah jam dri posisi stanby itu juga diawali gambarnya kabur lebih dahulu trus kalau dipakai untuk game gambarnya agak bergetar, mohon solusinya mas...
    mkch bntuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk gambar yang kabur silahkan ganti soket CRTnya! sedangkan gambar yang agak bergetar saya rasa ada yang bermasalah di output regulatornya,biasanya ada elko yang error,coba di cek sekali lagi.

      Hapus
    2. ok, terimakasih y mas infonx, sya coba lgi..
      kalau nyala tvnya lama dri posisi stanby itu apa mas.?

      Hapus
    3. masih sama penyebabnya,ada elko yang kering di output regulatornya.solder ulangnya jangan lupa.

      Hapus
    4. Siiiippp.... skali lgi mksih y mas solusinx.

      Hapus
  27. Mas Aisy yg sya hormati& semwa ahli2 service TV,Sya mau nanya.TV CINA yng mnggunakan IC THOSIBA 8895 CSNG7EP3,gambar tipis kurang kontras,kontras dinaikan/diturunkan ga da prubahan.kira2 apanya y mas? mohon pertolongan~y?

    BalasHapus
  28. mas tv aku samsung 21 slim model cs21z50ml , tegangan b+ drop semua mulai dari keluaran trafo sewitcing gak ada teg sama sekali,ganti gacun msih sama drop.kira2 apa ya mas yang rusak.thx

    BalasHapus
  29. Mas, bisa bantu saya gak? tv samsung model cs 21 z57 mn indikator cuma kedip2, yg rusak bagian mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek kesehatan dari FBTnya,TR Horizontal,dan IC vertikalnya,Eeprom yang korup juga bisa menyebabkan indikator kedip-kedip.

      Hapus
  30. smua voltase sdh tk cek normal, TRnya msh bagus, fbt sdh cb tak ganti tp msh blm bisa, indikator msh kedip2 terus mati, cuma eepromnya yg blm, pusing sayanya Mas..

    makasih jawabanya Mas.

    BalasHapus
  31. oya Mas, didekat FBT ada TR 905N20P, ini TR bkn Mas? klo TRnya Horizontal TT2222.

    BalasHapus
  32. Mas Aisy..Saya mau tanya,tv china komponen rusak dioda In4002 short pada sekunder trfo sdh saya ganti,Transistor primer dan drivernya jg short sudah saya ganti baru,resitor 3,9OHM putus sudah saya ganti,resistor 1 watt abu2 sudah saya cek baik,komponen di primer trafo sudah saya cek satu2 mulai dioda penyearah,dioda zener,R,C,keramik keadaan baik..tetapi saya colokkan tidak ada tegangan disekunder trafo,padahal input trafo sudah ada tegangannya...mohon sarannya mas Aisy..Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi TR A1015 dan optocoupler yang masih bermasalah atau malah tranfomatornya yang juga short/putus.

      Hapus
  33. salam sukses master. mau tanya nih tv sharp 21 diganti mesin tv huijia penyakitnya start standby, start standby terus gitu berulang2. startnya sudah sempat keluar gambar+suara bagus. tegangan 110 normal, horz oscilator normal, 8.2 normal, 5v normal, 24 normal, 180 sekitar 190an, v heater normal, opto normal, semua elconya waras, ic croma di pegang agak panas. tulung harus di cek apane lagi master. bikin mumet ini. maturnuwun sakdurunge...

    BalasHapus
  34. Mau nanya mas.....Tvmesin wansonic seluruh tegangan normal..led indikator power hidup....tapi tv tak mau hidup...........fbt hanya diam...............

    BalasHapus
  35. Mas mau nanya mas aku punya tv mesin wan sonic singel ic suara tv ada gambarnya nggak ada tegangan 180v hanya 115v heater tidak nyala remot ama panel depan tidak berfungsi apa ada kemungkinan ic nya yang rusak mass tegangan ke icnya semuanya ada normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan rangkaian horizontal dan FBTnya belum bekerja.

      Hapus
    2. Kang aisy,tv chino yg ada EWny dpsang tr hrizontalnya ko lngsung koit psang lg koit lg,mhon pncrahanya kang,tv ini pke ic sngle 8823.trmksih kang.

      Hapus
  36. Mas saya mau tanya? Ini saya punya masah...yaitu. Saya kan baru pasang mezin tv china merk wansonic. Begitu saya pasang, gambar samping kiri dan kanan melengkung melengkung....terus yg saya tanyakan, apanya sih yg bermasalah, kok gambarnya bisa melengkung..klo boleh tau kasi tau dong saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pasang pada CRT jenis apa? Cembung,Flat,atau Slim CRTnya?
      Kalau mesin tv cina biasa di pasang ke CRT Slim atau Flat,ya jelas saja melengkung,karena pada mesin tv cina yang biasa belum ada pengaturan EWnya.
      Kalau CRT tv sampean Flat atau Slim silahkan pasangi mesin tv cina yang untuk CRT slim juga yang sudah ada pengaturan EWnya.

      Hapus
  37. Sore mas.saya da tv china skytron pake ic ls76931k.pd saat dinyalainlayar full.tp ketiks ujung tuner kasih kabel..layar lgsng menciut tinggal separuh keatas trus ada garis2 datar warna itemkemungkinan apa yg hrs diganti(ic vertikal elco baru smua),
    Tegangan normal.(posisi av normal)
    Terima kash mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah diode pump up IC vertikal sudah coba di ganti?

      Hapus
  38. Mas mau tanya aku punya tv mesin wan sonic suara ada layar gelap hanya ada garis vertikal warna merah pada layar kira kira apanya yang rusak ya mas...

    BalasHapus
  39. mas numpang tanya saya ada tv cina pakai ic tunggal tosibha 8873csc,ngak ada gambar tapi suara bagus,elco 220uf/160v sama 22uf/250v udah saya ganti,fbt juga udah tegangan normal semua tapi masih tetep kagak nongol gambarnya,sampai saya coba pakai tabung lain tetep nihil.mohon solusinya.trims/

    BalasHapus
  40. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  41. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  42. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  43. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  44. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  45. bos q da tv adven lampu stenbay kadang berkedip & ga mau nembak k tabung.tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  46. permisi mau tanya mas,saya coba2 masang mwsin tv cina pada tv sharp tv saya,tapi kalo suaranya keluar gambar ngedap-ngedap,mohon bantuanya,trimz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh elko untuk tegangan B+ audionya kurang besar kapasitasnya,atau bisa jadi antara GND audio jadi satu dengan GND mainboardnya,biasanya sih GND audio dengan GND mainboard pisah jalurnya.

      Hapus
  47. Kang aisy,tr hrzontal jbol trus gnti lg y lngsung sktika mati tr'ny,o iy tv ini pke ic8833,ada vr 2 buah yg ktny Ew.mhon solusiny kang trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh C resonansi di kolektor horizontalnya bermasalah,atau mungkin ada diode untuk EW bermasalah.

      Hapus
    2. O iy kang aisy,C resnsi udah tak gnti bkas knibal ada prubahn tv hdup tp smnit tr horzntl mati lh kang,dioda ew mksudy yg sjjar/prrel dngn C resonsi gt kang?mhn bntuany kang sdh 5 tr horzntl yg dgnti,itec.servicetv@gmail.com

      Hapus
    3. Naaah....kalau sudah semenit baru mati lagi TRnya,ada dua kemungkinan yang bermasalah,bisa jadi FBTnya yang sudah setengah konslet atau yokenya yang juga sudah mulai error.

      Hapus
    4. Trm ksh kamg aisy,tak cari fbtny dlu.

      Hapus
    5. Kang aisy matur suwun,mesin tvny sdh oke stlh pnggntian tfb,trnyta tbungny jg kena ada prcikan api pd flmeny.yg pny tv ngga ju2r klo tvny berkawan dngn petir.

      Hapus
  48. cak aisy aku punya tv sony trinitron 29" matot, aku cek TR HOR putus aku ganti baru, aku nyalakan langsung putus, elco n milar sdh ganti baru, fbt msh bagus, kira2 mana yang rusak ya cak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semua part pendukung di sekitar rangkaian horizontalnya aman-aman saja,kemungkinan yokenya kena,aman jugakah?

      Hapus
  49. Mas
    Saya beli msin cina mrk wcom 14-21 inci
    Mw dipsang ke tv mrk fujitex
    Kira2 resistannya ada yg perlu di ganti gak mas

    Pengen langsung di coba tpi takut ada yg rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh langsung plug and play,don't worry.

      Hapus
  50. alasan apa mas
    apa karna fujitex mrek cina

    dan soket ke tabungny beda mas
    msin bwaan 8 lubang msin cina yg saya blik 10

    mmang sih soketny sudah ada tnggal di ganti,
    tpi apa akan tetap plug and play

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.....plug n play versi saya jangan di samakan dengan plug n play nya suatu product ya! plug n play versi saya tu maksudnya pasang dan mainkan,naaaah "MAINKAN" di sini artinya memainkan kreatifitas kita,atau bahasa kasarnya memodifikasi,gitu kira-kira maksud saya hehehehe........kembali ke topik permasalahan.Kalau CRT sampean 8 pin ya silahkan Soket yang di mesin yang baru di ganti yang 8 pin,kan sudah di sediakan tempatnya.Naaah....permasalahanya tergantung dari CRT dan mesin tv baru sampean.CRT sampean pakai jenis CRT model apa? Cembung? Flat? Super flat? Slim? Ultra slimkah? Lalu mesin tv yang baru sampean beli itu,untuk CRT jenis apa? Cembung? Flat? atau untuk CRT slimkah? Kalau CRT sampean cembung terus mesin tv baru sampean juga untuk tv cembung,insya Alloh plug n play,tapi kalau CRT sampean Flat/Slim terus mesin tv baru sampean untuk tv CRT cembung ya nggak plug n play lagi,tapi plug n mumet jadinya.Jadi antara CRT dan mesin tv kalau bisa diusahakan sesuai atau cocok,walaupun nggak harus cocok 100% hehehe...

      Hapus
  51. malam sob, saya punya tv china merk wcom. Masalahnya standbay tidak mau start padahal lampu jg hdup. Kira2 kerusakan dibagian apa ya sob,? Tolong bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pakai LA76810/18 kemungkinan tegangan H.vcc belum ada atau Xtal IC program bermasalah.

      Hapus
  52. bener sob tegangan h.vcc blm ada. Tp ada masalh bru sob startnya lama bnget hrus nunggu 2-3 menit. Kira2 masalah apanya lg ya sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua elko di output regulatornya di ganti dulu.

      Hapus
  53. assalamualaikum.....
    mz aisy sya mw nanya....
    klo tv china mati standby knpa? padahal semua ic komponen ga ada yg mati dan tegangan normal smua bahkan ic program dan ic memory udah coba d ganti hasilnya nol, udah 3 tv masalahnya sama? tlong bantuannya?......

    trimz...

    wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah 3 tv? kalau pakai dua IC,pastikan H.Vcc di IC kromanya sudah ada tegangan 9V,tapi berdasar pengalaman saya kemarin komponen ini (lingkaran merah) pantes untuk di curigai.
      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/SNC00617_zpsa24469e8.jpg

      Hapus
    2. Om nompang nanya klu tv ku di on langsung sekring putus .. dan listriknya langsung jeglek..

      Hapus
    3. Bagian AC input atau regulatornya ada part yang bermasalah,coba teliti sekali lagi

      Hapus
  54. Siang Bos..mau nanya nih! Saya ada pasien tv samsung slim cs21z50ml str regulator nya pecah.kira2 berapa no str nya Bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tvnya pakai chassis S16C,insya Alloh STRnya pakai W6750F

      Hapus
  55. assalamuaalaikum mz aisy mo naya... kalo tv wansonik fbt bunyi dan scren kdip2 di sertai garis pertical di bawah ....mohon solusinya

    BalasHapus
  56. assalamualaikhum kang aisy.klo tv china gambar kanan kiri melengkung ,vr ew ditrimpun ga bisa,sebelumnya normal vrpun bisa ditrim.,setelah pasang travo yoke ada timah nempel dikaki yoke koslet deh..kirakira apanya kang aisy mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sing neng lingkaran merah-merah kuwi wis di pastikan waras Kang?
      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Skema/RangkaianEWpakaiVR_zps95648b0d.jpg

      Hapus
  57. Assalamu allaikum salam knal, apkh ada almt fbnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI halaman Facebook saya
      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/AisyAdira_zps4d460470.jpg

      Hapus
  58. Kang tv ku merk niko ic tunggal 88xx
    Di auto/manual search koq cuma nangkep 3 chanel mnc,rcti,sctv tok yang laine nggk mau nongol.
    Mohon pencerahanya.suwun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada pin VT tuner seharusnya ada tegangan 33V untuk bisa menala chanel secara lengkap,kalau tegangan di pin VT drop atau kurang dari 33V,maka penalaan jadi kurang sempurna,coba di cek dulu.

      Hapus
    2. bos mau tanya nhe kalau tv asiatec gk bisa start kira2 rusak aapanya ya tolong pencerahannya

      Hapus
  59. mas sya punya tv cina merk multimax 14 in lampu led nya mati...ukur tegangan di elko dan ic regulatornya normal....tapi sy ukur dioda yg besar dekat kaki regulatornya tembus....klo sy buka kaki solderan diodanya lampu lednya nyala sy ukur tegangan normal smua...tapi tv nya jadi standbay....

    BalasHapus
  60. salam kenal mas..mas numpang nanya... sya punya tv cina merk multimax 14 in lampu led nya mati...ukur tegangan di elko dan ic regulatornya normal....tapi sy ukur dioda yg besar dekat kaki regulatornya tembus....klo sy buka kaki solderan diodanya lampu lednya nyala sy ukur tegangan normal smua...tapi tv nya jadi standbay....

    BalasHapus
  61. Numpang nanya lgi ne Mas Aisy... mesin tv rakitan sya layarnya berbentuk garis lurus, kalau dipukul bodi tvnx normal lgi... kerusakannx itu dimna mas... bisa gk disertakan gambar dimana tempat komponen yg longgar itu...

    BalasHapus
  62. Mas mau nanya....sy baru pasang mesin tv cina asioma.setelah kurang lebih 1 jam menyala lansung mati dan ada bunyi mendesis di mesinnya...mohon solusiny..salam kenal

    BalasHapus
  63. mau nanya kang...mesin cina wansonic mcb jeglek saya pastikan bagian ps nya..tr d1884 jebol. udah ganti. r kapur 20 watt..short. udah ganti. dioda. 2 tr udah ganti. ptc udah ganti..akhirnya saya pasang gacun..tapi belum puas klo belum ketemu permasalahannya kang? solusinya kang

    BalasHapus
  64. Kang aisy mw mintol dong. Mesin tv wcom cun nyala garis horisontal. Sy coba ganti ic vertikal eh malah ttp gada pengaruh. Kira2 apanya ya kang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek semua elko dan R di rangkaian vertikalnya,pastikan Vcc 24V sudah masuk di IC vertikalnya.

      Hapus
  65. Mas mau tanya. Ic vertikal utk tv wcom 21 inch flat itu pakai la78040 apa la78041?

    BalasHapus
  66. o gitu ya.. atur nuhun ya kang. kalo heatsinknya tu memang panas gitu ya? kok sampai pecah ic la78040nya. apa problemnya pada defyoke? moga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heatsink IC vertikal memang panas,kalau sampai pecah kemungkinan tegangan IC vertikalnya terlalu gede atau lebih dari 30V.Untuk defleksinya Insya Alloh aman.

      Hapus
  67. mas aisi minta ilmunya dong ni pasang mesin wcom di tabung thosiba 29'' ada bunyi sesses di soker crt dan gambar kurang 10 cm kanan kiri padahal menu ajus dah mentok mohon pencerahannya ms thans' sblmx......

    BalasHapus
  68. Gan mau tanya : elco tv china yg 22uf/250v bisa diganti dgn kisaran brapa ya? Soalnya ditempatku nyarinya susah yg sesuai nilainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.....untuk elko filter tegangan katoda ya nggak harus segitu juga nilai kapasitasnya Pak Bro,yang umum saya pakai sih 10uf/250V,tapi kalo lagi kehabisan stock,nilai 4,7uf/250V pun bisa jadi kok hehehe....

      Hapus
  69. Sip bos mampir ke soldiradem.blogspot.com

    BalasHapus
  70. Mesin tv china 1ic merk wcom, ada suara normal cuma suara ada nois, yaitu berdengung kenapa kang master,volume nol tetap dengung.padahal ini mesin baru, semua elco d cek normal,tegangan ke ic power juga normal apanya ya kang master.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah....ikut prihatin atas kurang beruntungnya,coba elko-elkonya di ganti baru semua,kalau masih sama saja giliran IC audionya,bila masih sama saja juga pastikan sumber dengungnya,apakah dari rangkaian audio atau dari output audio IC singlenya.

      Hapus
  71. Mas aisy, mesin tv cina paling bagus merek apa ya?

    BalasHapus
  72. Mas kalo mau ganti mesin tv, mesin tv apa yang awet dan tahan lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua mesin TV China yang di jual di toko-toko elektronik kalau masih dalam keadaan standar tidak bagus dan tidak awet,untuk menjadi awet yang biasa saya lakukan adalah menyolder ulang di semua bagian,lalu mengganti semua elko-elko di output regulator dan di rangkaian vertikalnya,Alhamdulillah awet bertahun-tahun.

      Hapus
  73. Slmt siang semua saya mau numpang nanya kawan2 semua mana lebih bagus mesin tv cina yg merek wansonic dibandingkan dengan yg merek w com trimakasih...? Slm wayan dari bali mohon respon kawan2

    BalasHapus
  74. Bang Aisy Mohon pencerahannya mesin tv china.ini dapat masalah di bagian flybak , setelah penggantian flyback baru masih terjadi tegangan tinggi balik ke kaki2 flyback terutama pin ground dengan pin t4 ( konslet gitu ) Trimakasih Bang .....

    BalasHapus
  75. Mas mohon pencerahannya,saya baru ganti mesin tv wansonic 21inc ic tunggal.setelah di pasang ok gambar tetapi siaran gak yantol satupun..

    BalasHapus
  76. Mas mohon pencerahannya,saya baru ganti mesin tv wansonic 21inc ic tunggal.setelah di pasang ok gambar tetapi siaran gak yantol satupun..

    BalasHapus
  77. Pak master.klo msin wcom slim tr D2012 puanas sma R10om di kaki conetor menuju lilitan yang ada ferit nya itu puanas juga.karna apa pak

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. sudah sya ganti elco C564=470uf/25v nya mas, tapi masih gk mau juga...apalagi yg rusaknx mas mohon solusinx....

    BalasHapus
  80. Tv w com 29"plat mati standby.tegangan dari trafo ac matic semua normal.tv tetap tidak bisa start.

    BalasHapus