Senin, 27 April 2009

Layar Redup Pada Tv AKIRA


                Pernah suatu hari saya mendapat panggilan untuk menyervice tv china merk Akira 21",typenya tak terdeteksi karena udah saya cari-cari di sekililing boxnya memang tak tertulis,hanya tertulis AKIRA 21".TV ini milik Bp.Karyo/ibu Supini,ds.Blaran,Barat,Magetan.
                Dengan kerusakan gambar yang di hasilkan tidak bisa begitu terang,walaupun pengaturan contrast sudah di set pada level maksimum,gambar tetep saja redup.Disamping redup,untuk saturasi warnanya juga gak normal,terutama untuk warna birunya sangat tipis sekali.Awalnya saya mengira kerusakan pada CRTnya,tapi menurut sang pemilik,tv ini baru dibeli dari toko sekitar 8 bulan yang lalu.Yaah maklumlah tv jaman sekarang,gak ada yang awet.
                Lalu saya cek tegangan pada pin RGB normal,saya cek tegangan pada tiap katodanya juga normal,ternyata kerusakan terletak pada sebuah Transistor pada pcb blok RGB,yaitu V630=C3198 dalam keadaan short.


                Setelah penggantian  komponen tersebut,tv saya coba nyalakan dan MAAK CLLIIIING......
Tv langsung normal kembali,gambar pun langsung terang kembali dan warnanya juga normal lagi,wiiiuuh nikmatnya jika menuai keberhasilan di dalam bekerja,ALHAMDULILLAH YA ALLOH.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

23 komentar:

  1. bang aisy,boleh nanya k gak..?.kalo boleh nih aq tanya, tv china redup(kontras lemah).lalu saya cobak naikkan sedikit heater,lalu layar jadi terang biru dan terang,tapi gambar tetapredup mala hilang.kira 2 kenapa ya...
    mohon pencerahannya..trimakasih

    BalasHapus
  2. mangsutnya layar terang biru itu,di sertai garis blangking atau tidak?

    BalasHapus
  3. mau tanya kang tv akira gmbr brgaris 2 horizt gmbr ada dominn warna merah brapa volt teg vcc untk vertikal nya kang ?wasalam

    BalasHapus
  4. untuk vcc vertikal menggunakan tegangan 24v,kalo gambar bergaris-garis horizontal,kemungkiinan tegangan SCREEN kegedean,elco katoda 22uf/250v kering,atau bisa juga katoda R short dengan G1

    BalasHapus
  5. Memang betul ya bang kalo tv china itu kasusnya aneh aneh, tp dengan saling berbagi jadi mempermudah rekan rekan service tv..sukses selalu bang....

    BalasHapus
  6. Tanya Mas, Kalo ini kebalikanya, Layar menjadi sangat terang (putih) gambar tidak jelas bahkan tidak keliahatan karena putih brigthness. FBT Brightness sudah saya setel minim dan lumayan gambar muncul tapi masih terang sekali belum normal dan gambar kelihatan berhantu warnanya. Kira kira kerusakan pada apanya yah.. Merk Akira 14". Trims atas jawabnnya. di tunngu.

    BalasHapus
  7. mas,tv china redup fbt udh aq ganti pnya ea??

    BalasHapus
  8. ANONIM & EKO SERVIS + coba cek komponen di jalur ABL nya

    BalasHapus
  9. aku ada kasus bang, tv akira 21' tv dapat hidup, cuma g bisa nangkep siaran, setelah selang beberapa menit tv jadi eror, tombol chanel dan remot tidak bisa di akses, tv ini menggunakan IC tunggal Toshiba8823CPNG5BB1 dan ic memori 24c16,
    tolong solusinya yow bang maklum baru belajar,
    darto bojonegoro

    BalasHapus
  10. Gan,,,twolongin daku...TV akira ku matot.. cuma led power kedip.. tapi monitor blank item... model : CT-21HA9CP ...21"... TV warisan nih..
    thanks Bos atas bantuannya.. oya.. punya schematic diagramnya Gan? saya nyari ga dapet2..

    BalasHapus
  11. salam kenal. Kalau roomx masi aktif tolong dibalas soalx aku suka dengan postinganx.

    BalasHapus
  12. salam kenal. Kalau roomx masi aktif tolong dibalas soalx aku suka dengan postinganx.

    BalasHapus
  13. mas Aisy mau tanya,,,,tv shrp 14" stanby,saya cek youke terbakar(GOSONG,PUTUS2)..sudah saya ganti baru dg Ori..(waktu beli dikasih 2 pilihan Ori dan KW).hihi.....saya nyalakan sudah normal,tetapi ada gambarnya warnanya luntur hijau pada tiap pinggir orang yg ada ditv itu..mohon pencerahannya,Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sudah terjadi penurunan kwalitas fosfor pada CRTnya,coba cek elco tegangan katoda 10uf/250V dan kedua elco B+nya.

      Hapus
  14. pak dhe.....resistor tv akira 21" dibagian regulator ada yg gosong.depan elko 400v.tepatnya R517.berapa nilainya pak dhe?matursuwun

    BalasHapus
  15. mas aisy mau tanya tv akira saya kok layarnya berwarna biru ya dan garis2
    warna birunya agak transparan...
    kadang juga berwarna hijau...
    mohon jawabannya mas aisy.
    terima kasih.

    BalasHapus
  16. mz aisy nanya ni tv politron 21 gambar redup meski sudah di adjusmen full di flyback

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan settingan gambar di MENUnya? Apakah pengaturan Kontras dan Brightnessnya sudah maksimum?

      Hapus
    2. Monggo di invite rumiyin nggih!
      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/MyPIN_zpsfd2fa054.jpg

      Hapus