Senin, 20 April 2009

Monitor GTC ultimate VA-770KT mati standby


                Siang ini kedatangan monitor komputer dari salah satu warnet di PPU Maospati,Magetan.Dengan kondisi kerusakan monitor tidak mau hidup/start meskipun tombol power di tekan berulang-ulang,jadi hanya lampu led indikatornya saja yang menyala.Semua tegangan pada monitor ini normal,kecuali tegangan 6,3V ada sedikit masalah,setelah saya periksa ternyata Q605=D1616 short,TR ini menyuplai tegangan 5V untuk micro control dan penguat videonya.
               Setelah Q605 saya ganti dengan yang baru,lalu saya coba nyalakan monitornya untuk melihat reaksi selanjutnya,monitor tetep tidak mau hidup/start hanya saja kali ini lampu led indikatornya berkedip-kedip,hmmm...... apanya lagi nih(gumamku),kemudian penulusuran saya lanjutkan untuk mencari penyebab shortnya Q605=D1616 tersebut.Ternyata penyebabnya terletak pada IC 801=LM1246AAC,IC ini terletak pada pcb soket CRT.
              Setelah penggantian IC tersebut kembali monitor coba saya nyalakan untuk melihat responnya dan YESSS .....ALHAMDULILLAH ya ALLAH monitor tersebut kini sehat kembali,dan sang pelanggan warnet pun kini sudah nggak lagi berlama-lama untuk mengantri,selama berinternet ria pelanggan,sukses selalu buat anda semua



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

29 komentar:

  1. mas, sy ad punya monitor, pertama rusaknya bagian vertikal, ic nya udh di ganti, trus skarang layar udah "penuh" tapi gambar putih terang( blank),tolong solusinya,,,,

    BalasHapus
  2. Coba di cek tegangan 95v yang menuju ke RGB,lakukan penyoderan ulang di bagian yang rentan terkena panas,cek juga soket VGAnya.

    BalasHapus
  3. mas dimana saya bisa beli ic lm 1246aac, saya tinggal di jakarta saya sudah cari tapi sampai sekarang belum dapat.trim's.

    BalasHapus
  4. Waduh maaf banget untuk IC tersebut,saya ambil dari monitor GTC yang lain,he he sebelumnya juga muter-muter seantero Madiun juga kagak dapet,di Jakarta aja susah apalagi di daerah waduh lebih susah lagi dong!

    BalasHapus
  5. bang aisy saya mau nanya nih ada g ia ?wiliem eprom yang bisa buat ngepeles ac program shap kalau buat memori aku udah ada .tlng dong infonya.

    BalasHapus
  6. Waduh waduh waduh belum paham aku maksud pertanyaanmu hehehe,tolong lebih detil lagi!

    BalasHapus
  7. gan,thx bgt.aq mo coba...mg g usah ke tukang service
    mohon tar bimbingannya kl tanya2

    BalasHapus
  8. oh iya, cara tau itu ic yg mati gmn gan? kl diukur dr input rgb kan pasti ad,trus out dr ic itu pin brp?

    BalasHapus
  9. Aisy ini yang rusak pin VCC nya short circuit terhadap GND,jadi jika di ukur dgn Avo posisi ohm dia konek dengan GND

    BalasHapus
  10. mas kalo mmonitor saya samsung 551v gambarnya getar kira2 apanya elco primer 400volt dah diganti ic regulator juga sudah.

    terima kasih

    BalasHapus
  11. waduh aq juga punya pasien gtc tanda tandanya persis sama punya pak aisy.tapi lagi2 ni bingung cari ic lm 1246 aac ini. ada yang puny g ya?

    BalasHapus
  12. Assalamu alaikum kang aisy,salam kenal.Sy ada sedikit masalah kang pada monitor GTC ultimate mati total. Ada output dari trafo tp lampu indikator blm nyala. Mohon bantuanx kang.

    BalasHapus
  13. HERU PACITAN=wah isone golek kanibalan Pak!

    ZUL=cek tegangan 5v yang ke aisy micom udah masuk apa belum? jangan lupa IRF630 nya periksa semua

    BalasHapus
  14. bang klo gambar getar pada monitor ultimate apanaya yg ga beres.

    BalasHapus
  15. mas,ini masalah GTC juga, led power mati, led pengaturan contras berkedip dan ada suara mendesis didaerah flyback, yang harus di cek apanya ya ??? matur nuwun

    BalasHapus
  16. Assalmu'alaikum..
    Salam Kenal..Mas mohon pencerahannya,ini monitor Merk AOC17 inch..Menu selalu muncul dilayar.Mohon bantuannya. Trims
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  17. DYLAN WYN = bisa di coba dulu ganti semua tombol-tombolnya.

    BalasHapus
  18. mas klo gtc milenia layar datar gambar geter kaya mau menyampit kekanan kiri apanya ya?

    BalasHapus
  19. Gan, monitor CRT GTC Millenia punyaku tampil menu contrast terus dan mengganggu tampilan desktop. Mohon solusinya gan, thanks...

    BalasHapus
  20. silahkan reboisasi dulu semua tombol di panelnya!

    BalasHapus
  21. .MAS PUNYA SKMA MONITOR GTC MODEL VA-570HK GK???
    KLO PUNYA SHARE DONK.

    BalasHapus
  22. sory master ane mo nanya,, monitor ane GTC juga, gambarnya blank putih,, tadinya bener cap gebrak dikit... bagian apanya tu master.. please elp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti solderannya sudah pada kendor,silahkan solder ulang dulu!

      Hapus
  23. Maz, Aq mo Jawaban nih, tolong dibantu yaaa. wek ku Monitor CRT GTC Millenia GM777 15", Tampilannya Hanya Setengah layar dari tengah ke atas doang, kadang2 rolling, tdk sama uk Font atas dan bawahnya. Aku dah cari VR untuk setting hrztl dan vertk koq gak ada yaa, please help me.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solder ulang saja dulu,mungkin bisa mengatasi permasalahannya.
      Monitor ini sudah mengadopsi pengaturan secara digital,jadi tidak ada VR di rangkaiannya,pengaturannya via service mode,untuk cara masuk service mode berbagai merk monitor silahkan berkunjung ke SINI

      Hapus
  24. Untuk anda yang nyari komponen elektronik silahkan disini http://www.tokopedia.com/komponenelektro di kamin aman.

    BalasHapus