Kamis, 19 Februari 2009

Volume Suara Tak Terkontrol

                Pada kebanyakan tv GOLDSTAR error pada volume kontrolnya adalah hal yang biasa,hampir rata-rata semua tv GOLDSTAR dengan type awal CA pasti mngalami error pada volume controlnya. Pada waktu tv di hidupkan,kalo kita tidak menekan tombol OK terlebih dahulu pada front panelnya,maka kita tidak bisa mengontrol volume baik untuk mengurangi atau menambah level suara lewat tombol di tv,kalau via remote control sih ndak ada masalah,tapi kalo sewaktu-waktu remote rusak atau hilang kan repot.
                Sedianya kita tuh mau mengurangi volume suara tv tapi yang terjadi malah suara tv menjadi sangat keras,karena tahu-tahu set volume pada posisi level full,kita pencet lagi untuk mengurangi volume eee........malah nggak ada suara sama sekali,karena lagi-lagi set volume pada posisi minimun atau 0 level,kalau volumenya irih alias pelan kan enak,tapi kalau volumenya gede kan yo mbrebeki tonggo to ya,untuk mengatasi hal tersebut cukup anda ganti dengan yang baru IC02=24C02/A,jangan lupa pasang pula soket IC biar gampang bila sewaktu-waktu ingin mengganti kembali.
                Anda pun kini bebas mengotrol volume dan mengakses menu dengan mudah via frot panel tv kamu,Oke Dulur Selamat Berkarya,Sukses buat anda!.l



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

53 komentar:

  1. Halo salam kenal dari Iwan.
    Saya mau tanya untuk penggantian IC EEPROM pada TV seperti ini kan biasanya harus diprogram dulu atau diisi dengan data defaultnya. Bagaimana dengan TV goldstar ini apakah ada cara untuk memprogramn ulang eepromnya? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  2. Pada tv ini semua settingan tidak full digital,karena beberapa settingan masih memakai bantuan trimpot,untuk tv yang sudah full digital settinganya,maka IC Eeprom nya harus di reload ulang Datanya,baru bisa digunakan

    BalasHapus
  3. Pada tv ini semua settingan tidak full digital,karena beberapa settingan masih memakai bantuan trimpot,untuk tv yang sudah full digital settinganya,maka IC Eeprom nya harus di reload ulang Datanya,baru bisa digunakan

    BalasHapus
  4. Oke deh mas Sumar Yanto thanks berat untuk tanggapannya yang cepat. Semoga sukses selalu.
    Dari Iwan

    BalasHapus
  5. Hai bro salam knal ma aq RION. Bro aq mau tanya tv goldstar untk gambar n suara ok punya, tp tampilan menu kok g jelas (tertutup warna hijau, seperti 180v drop) uda d soder ulang tp tetap aja menu g jelas, kira kira apanya broo.

    BalasHapus
  6. Salam kenal saudara Rion!
    Ngomong-ngomong Goldstar type berapa dan menggunakan IC apa aja nih? Di Goldstar ada yang menggunakan IC TA dan TDA.

    BalasHapus
  7. Ok kang sumar. Maaf ternyata bkan goldstar tp akari, type lagi ada d rumah orangxa xixixixi unt kroma TA8690AN program PTC90819-01. makasi sakdurunge

    BalasHapus
  8. Oke saudara Rion! Untuk Akari,coba masuk ke service modenya dengan menekan MENU pada tv dan SLEEP pada remote secara bersama-sama,nanti di tengah layar atas muncul ''T1'',tekan SLEEP sekali lagi untuk menampilkan data-datanya,lalu gulir ke OSD.CONTRAST lalu kurangi levelnya sampai di dapat tampilan menu yang jelas,bila sudah di rasa cukup tekan SLEEP sekali lagi untuk SAVE atau EXIT,bisa juga dengan mematikan tv,selamat mencoba!

    BalasHapus
  9. Matur suwun kang sumar.uda d balok n balek pcb na OSD na tetep masi ngambek yaa akhirna aq pasang n aq ttup tvna. pegang remote + tombl tv, weeee ternyata bentol tu OSD nyerah jg. Sekali lagi matur semba nuwon kang.
    SALAM SUKSES

    BalasHapus
  10. mas bro,,,,mnt pencerahanya dong.golstar ca...d nyalain bunyi cuit cuit,q cb ganti playbacknya mo nyala bentar,stelah itu elco yang ke crt 180 volt itu malah meletus,kenapa y mas itu?apa yang harus sya lakukan mas?

    BalasHapus
  11. kang kalau tv golstar pada posisi av suara maupun gambar gak ada masalah namun kalau ke tv suara gak ada kira2 apanya yo kang.mator sembah nuwon sak derenge pon....?

    BalasHapus
  12. udah tak ganti tapi tetap aja gak ada suaranya,tapi kalau R619=1k yang ber hubungan dengan Q602=C3198,tak ganti elko 4,7mf suara bisa keluar dengan normal.pin 3=DE-EMP pada ic TA860AN,sebelum R619 tak ganti Elko terukur 2vsetelah tak ganti 5,6v.kira2 penyebabnya apa yo kang,komponen di sekitar situ kayaknya gak ada masalah?

    BalasHapus
  13. wah gak ada respon yowes tak mumet dewe kikikikik

    BalasHapus
  14. mas tv goldstar saat bru dinyalain suara n program langsung full trus chanel yg sudah di stored tidak bsa tersimpan

    BalasHapus
  15. om kalo suara tv akari volume 1 tapi suaranya seperti volume 100, cara ngatasinya gmna om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti R pada input audionya dengan nilai yang tinggi.

      Hapus
  16. mas Aisy salam kenal ya
    oh ia mas ada Pin BB or YM gak mas ?

    iki pin aku mas 75A36EAB
    iki YM ku mas sriponcos@yahoo.co.id

    ojo llali di add yo mas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ada dong,ada di SINI PIN saya.
      Untuk YM : a1sy@ymail.com

      Hapus
  17. sore mas salam kenal,,saya dapat pasen tv goldstar 14 inch model ca1472j keluhannya ada 2 dioda zener di bagian yuk setelah saya ukur jebol kedua dioada zener ini,,nilai nya udah tidak kelihatan cari skema tidak ada,,tolong dong bantu kira kira nilainya berapa?

    BalasHapus
  18. salam kenal pak aisy, aku punya tv goldstar siaran gambar oke tampilan volume naik turun juga jalan di layar tv tp bisu gk ada suaranya, udah aku ganti ic LA7222 tetap bisu, apa masalahnya ya pak aisy biar gk bisu tv saya ? Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Mas bro, tv sy merk goldstar. volume tv suaranya terlalu keras padahal stripnya sudah diangka 1. sangat terganggu kalau nonton tv dimalam hari. sy ingin belajar mencoba memperbaiki sendiri. mohon bantuannya agar suara tv sy normal. terima kasih.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. permisi gan?sy mo tanya.sy pnya mc tv china merek skytron.ic singel toshiba hay-22- 8873CSCNG6PR6.dengan keluhan gak bisa nangkap siaran,diauto share tegangan VT 32volt gak berubah.mohon pencerahanya mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ketika dilakukan searching layarnya blank gelap ataukah sudah ada noisenya?

      Hapus
  22. punten kang saya punya servisan tv lg kerusakan nya suara tidak bisa di kecilin walau volume sudah 0 tapi suara masih besar tolong solusinya kang aisy

    BalasHapus
  23. Malam menjelang pagi kang Aisy ,mau tanya kalau tv lg rd14j20m kerusakan suara ga bisa dikecilkan volume udah "0" apa sama kerusakan pada ic 24c02 ,sebelumnya terima kasih kang Aisy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun sama merk jika sudah beda chassisnya ya sudah berbeda lagi penyelesaian masalahnya Mas Bro! kemungkinan ada settingan service menunya Mas Bro!

      Hapus
  24. tv saya awalnya ada bunyi letupan-letupan dan pada akhirnya mati.. minta pencerahannya dong. mau d bnerin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. letupan-letupan berasal dari kop anoda yg sudah tidak rapat lagi,ganti baru kop anodanya dan perbaiki power supply dan horizontalnya

      Hapus
  25. tv saya merknya LG SLIM tiba tiba tidak ada suaranya,biar di atur volumenya tetep gk ada suaranya, trus suaranya bunyi kayak grimis to...udah sy ganti ic.ya tapi tetep masalahnya,,,solusinya gimana bro,,

    BalasHapus
  26. Kalo TV sharp apa juga sama nama IC nya ? Jika kasus nya di kecil kan malah naik tapi terkadang juga turun ?

    BalasHapus
  27. maju terus kang a1sy.kaya tukang ojeg ga pernah mundur.semangat!!!

    BalasHapus
  28. selamat siang mas..mau nanya tv saya tiba2 volume nya besar sendiri dan siarn nya nukar sendiri....itu knpa ya mas?

    BalasHapus
  29. Sepertinya tombol Volume + dan tombol Prog -/+ nya minta di ganti dengan yang baru.

    BalasHapus
  30. Punyaku sudah diganti icnya volumenya sudah bener,tp siaranya g bisa ksimpen pdhal kalo di searching keluar semua chanelnya,tp g bisa ksimpen,giliran diganti ic yg lama chanelnya ada tapi suaranya langsung kenceng,apanya yg rusak ya gan?

    BalasHapus
  31. Permisi bang. Saya mau nanya tv saya volume nya kenceng sendiri, dan tombol tv nya juga serada rusak banyak yg ga berfungsi.

    BalasHapus
  32. Mlm bang aisy,, sy egi mau tanya mslh tv led sy yg tiba2 kencang sendiri volume nya trus pindah chanel pun lama koneksi sensor nya, nunggu dlu sensor konek bru bisa,, klo dari remote nya sendiri sih mh fungsi
    Knp iah bang? Sebelum nya tv sy kecipratan air ujan yg bocor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya di cek ada dulu semua part di Mainboardnya apakah ada yang mencurigakan,seperti berkarat atau berjamur.
      Terlebih pada semua tombol switch dan sensornya.

      Hapus
  33. mas kalo tv LG joymax volume 0 volume masih ada itu apanya, bahkan tv posisi standby suara masih kedengeran itu apanya ya mas, makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  34. Kemungkinan ada yang bermasalah di IC control stereo atau switch AVnya.

    BalasHapus
  35. halo min salam kenal,sy mau tanya di menu bagian chanel kq gk bisa kenapa ya???dan volumenya tdk bsa di besarkan.

    BalasHapus
  36. maaf gan, saya mo tanya....tv lcd saya merk LG tombol volume full gak bisa di turunin, tombol chanel tv berpindah-pindah sendiri, remot tidak berpungsi. itu apa nya gan?? suku cadang nya kira-kira berapa ya gan?? mohon pencerahan nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh suku cadangnya murah.
      Silahkan ganti semua tombol switchnya dengan tombol yang baru,tombol bawaan LCD sudah berjamur dalemnya.

      Hapus
  37. Salam kenal gan?? ,mau tanya pasienku tvnya LG 21inc, gambar normal kok selang beberapa menit tiba2 hilang suwara, volume udah naik turun tetap gada suwara. Klo tv di of trus di on suwara ada lagi. Itu apanya ya gan??

    BalasHapus
  38. Bagaimana cara ngatasi tv samsung bila star awal volume langsung max
    Tapi bila posisi standby masih norma seperti setingan terakhir of

    BalasHapus