Sabtu, 21 Februari 2015

Regulator TV China

                            Suatu ketika dapat kasus TV China yang menampilkan gambar yang redup,warna kusam,dan warnanya mblobor ( bahasa Indonesianya mblobor apa ya? hehehe...),di cari-cari komponen yang bermasalah  yang berhubungan dengan warna,ABL,tegangan B+,elko katoda 185V,ternyata semua normal,tak di nyana tak di kira ternyata komponen ini yang bermasalah.


Hari berganti hari dapat lagi kasus TR horizontal tidak awet,kadang bertahan 2 hari kadang sehari,reboisasi sana reboisasi sini,tak di nyana tak di kira ternyata komponen ini yang bermasalah.


Bulan berganti bulan dapat lagi kasus regulator nggak bekerja,kadang berdenging kadang berderik,untung muncul reaksi dari si komponen ini alias kebul-kebul.


Tahun berganti tahun dapat lagi kasus begitu TV di ONkan,MCB PLN rumah langsung njeglek....hehehe,ternyata komponen ini penyebabnya.


Abad berganti abad......Aiiit Abad? nggak...nggak...nggak..Saya belum setua itu hehehehe......Suatu waktu dapat juga kasus semua tegangan output regulator drop semua,saya kira rangkaian horizontal dan FBT yang bermasalah,ternyata komponen ini yang bermasalah.


Dan beberapa waktu kemarin juga dapat kasus regulator mendesis dan dari speaker audionya keluar suara ngorok rooooookkkkk.......gitu hehehehe.....ternyata komponen ini juga biang keroknya.

Naaah....dari beberapa kasus di atas tadi,sumber permasalahannnya sama tapi efek dan reaksi yang di timbulkannya berbeda-beda.Semoga bermanfaat dan SUKSES untuk Rekan Semua.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

62 komentar:

  1. Upload skema tv Panasonic model no TC-20s10m3 pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampun wonten Mas Bro,pakai chassis MX5 di SINI

      Hapus
    2. Kesuwun pak.....
      Nanya lagi nihhhhh.... Tv merk Niko flat 21", suara normal tp gambar bagian atasnya kurang sedikit dan juga ada garis hitam vertikal disisi kanan nya... minta pencerahan pak?

      Hapus
    3. Sebelum mengutik-utik mainboard TVne,lebih baik di atur dulu via service modene,untuk gambar bagian atas yang kurang sedikit full bisa diatasi dengan mengatur V.Sizenya terlebih dahulu.Untuk gambar ada blok vertikal di sisi kanannya bisa di atasi dengan mengatur H.Size atau H.Wide nya terlebih dahulu,bila ternyata sudah di atur kok masih ngeyel nggak ada reaksi,baru obrak-abrik hardwarenya hehehehe.....

      Hapus
  2. Iki postingan kang Aisy sing tak Tunggu , makasih Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun kunjungane kang,semoga sukses selalu

      Hapus
  3. Setelah lama menghilang ahirnya sang master nongol lagi,salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....bangun dari tidur yang panjang wakakaka....

      Hapus
  4. sangat membantu banget ma kasih

    BalasHapus
  5. permisi mas.. tv saya tcl 21.tidak bisa start..alias standby.. tpi bila di on kan awal.. raster hidup sebntar kira2 1 detik.kemudian langsung standby..artinya flyback sempat bekerja..tapi langsung terprotek..kira 2 apa masalahnya ya mas.tolong dibantu,,bingung deteksinya..tegangan langsung drop..titik proteknya dimana ..thanks sebelumnya..sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali masih kurang lengkap info yang di berikan,type TVnya berapa ya? Syukur-syukur saya sudah ada skemanya,kalau belum punya ya sekalian di infokan IC IC yang di gunakan TV tersebut hehehehe....di tunggu

      Hapus
    2. tipenya AT21276 pake ic tunggal 8873CSANG6J71 dan IC vertikal dengan seri stvxxx.... -dah diukur regulator powernya kayaknya normal2 aja.. apa mungkn dri FBT nya ya?.. tpi lw diukur multi..gk ada yg korslet B+ ma Ground.. begitu jg Abl nya aman2 aja secara fisik... Tr Horizontal jg gk rusak .kira kira dimana masalahnya.karena sempet hidup filamennya..ma Fbt nya sempet berdesis..tuh artinya tegangan kerja dgn baik. sulit ngukurnya mas.masalhnya setiap mo diukur dah standby lagi..dah putus asa nih..tolong mas.. solusinya..dan gimana cra buka titk proteknya..terima kasih bnyak..atas balasannya..

      Hapus
    3. walah walah malah telat balesnya saya hehehe.....semoga saja sudah beres tv nya.

      Hapus
  6. salam sukses buat kang aisy,bagus banget kang

    BalasHapus
  7. tr regulator jebol terus mrk wcom apa solusinya..?mhon di jwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah sudi meluangkan waktu untuk mampir ke blog saya ini,penyebab langsung jebolnya TR regulator bisa dari C snubber seperti gambar-gambar di atas,atau bisa juga karena rangkaian error amp bermasalah karena ada komponen yang meninggi nilainya,biasanya ada salah satu R yang naik nilainya bisa yang 47K,100K,atau yang 150K,tapi perlu di waspadai pula transistor A1015 di dekat optocoplernya,bila TR ini bermasalah juga bisa membuat langsung jebol TR regulator.silahkan di cek satu-satu.

      Hapus
  8. Askum..sore Bos.mau tnya ni Nilai kapasitor C447 di dekat travo suiting regulator pada mesin tv wcom dg aisy LC 863533C55P9.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh..susah Bro,rata-rata skema TV china yang saya punya termasuk punyae WCOM juga,untuk capasitornya di area regulator,memakai C5xx semua,nggak ada yang pakai C477,kebakar atau gimana to Bro? kok sampai kehilangan jejak?

      Hapus
  9. aslm.kang aisy.. tdi pagi tak utak atik tv tcl nya..tak ganti FBT nya BSC25-0299D.. karena sewaktu di lepas tr horizontalnya...langsung suara ada.. bisa pindah chanel gk protek..berarti FBT nya masalah.. setelah di ganti dan pasang lgi TR horizontalnya..tetep protek lgi.. waduh apa lgi nih..kemudian kepikiran tinggal vertikalnya nih..karena supply 24V dri Fly back..saya putusin supplynya ke ic vertikal stv9302B..lalu tak idupin lgi ..tetep aja stand by..lalu iseng tak ganti stv9302 nya..kebetulan ada stok LA78040..lalu tak pasang.. dan ternyata tv langsung jrenggg..hidup.... saya tes 2 jam oke oke saja.. yg jadi pertanyaan kok bisa IC vertikal bermasalah.. langsung protek... padahal umumnya ada garis horizontal ditengah aja.. mohon pencerahan dri kang aisy.. dan terima kasih..skema tclnya..dari link partner.. sukses selalu buat kang aisy..semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat atas kesuksesannya,waah....kalau urusan teori saya kurang menguasai hehehe....saya hanya menguasai prakteknya saja wakakaka....sukses selalu.

      Hapus
  10. Waduuuuh.. Kmana aja kang lama ga nongol? Sukses selalu kang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah....masih memperdalam ilmu Kang wakakaka......

      Hapus
  11. Boleh minta no hp nya kang! Atau pin bb. Mkasihh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pin BBM sih ada,monggo di invite dulu

      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/MyPIN_zpsfd2fa054.jpg

      Invite dulu baru dapet nomer HP hehehehe.....:))

      Hapus
  12. Balasan
    1. hehehe....situ juga bagus lah sudah berkunjung,terima kasih ya,sukses selalu.

      Hapus
  13. assalamualaikum pak AISY,,,apa kabar semoga baik2 selalu ,,,,dan selalu update isi blog nya,,,(matur suwon)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumus salam,Alhamdulillah masih baik-baik saja,insya Alloh akan selalu update post blognya,mohon support dan do'anya ya! Sukses selalu buat anda sekeluarga.

      Hapus
  14. assalamu alaikum wr.wb
    TV niko 21" mati ternyata capasitor 471 1kv (4 biji hangus) di depan milar 822j2000v ada juga tetapi tidak tahu nilainya karena hangus.
    Tv keadaan mati.
    setelah ganti beberapa komponen TV di tekan bisa on tetapi led merah saja.
    Layar hitam, suara waktu tekan switch saja bunyi dug.
    panel dan remote di tekan2 tidak fungsi.
    mohon bantuannya
    nurany

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumus salam,maaf baru bisa balas,karena padatnya kesibukan panggilan servis,Alhamdulillah masih ada sedikit waktu luang untuk membalas,bila remote,panel switch belum merespon menandakan IC program belum bekerja sempurna,Coba cek Vcc 5Vnya,IC reset,X-tal,dan IC eepromnya.

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Kang Aisy muncul lagi memberikan ilmu baru bagi kita semua. Saya termasuk sering mengunjungi blog ini (dari tahun 2011).
    Makasih Kang aisy, semoga bermanfaat ilmunya dan memberikan keberkahan. Saya berdoa moga Kang Aisy dilancarkan selalu rejekinya. amiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin 3x ya robal alamin,terima kasih support dan kunjungannya,Semoga kesuksesan menyertai anda sekeluarga.

      Hapus
  16. Amienn ..... ! Makmum ae aku . ( nyekeli sarunge motrok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....di suwelne sing pener to kersane mboten mlotrok mawon.....

      Hapus
  17. saya punya tv cina merk saab,kendala nya flyback nya sprt bocor tp tidak,ada yang ngasih tau kalo itu tegangan b+ nya gak stabil,suruh ganti 4 zener di bagian vd514 vd516 vd518 vd519 tp kok di mesin tv saya terpasang zener cuman di vd514 doang,kira kira kalo saya pasang gak bakalan apa apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diode-diode tersebut di rangkaian apa Pak?

      Hapus
  18. Balasan
    1. Kalau diode tersebut normal,ya abaikan saja diode-diode yang nggak ada itu,memanglah betul gejala flyback seperti bocor itu karena tegangan B+nya nggak stabil atau lebih tepatnya tegangan B+na naik,cek R senilai 47K,100K,150K di jalur elko B+ 100uf 160V nya.

      Hapus
  19. siap mas,terima kasih atas info nya...

    BalasHapus
  20. memang nakal "Si Kecil BiruMuda itu"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir,terbaik buat Anda sekeluarga.

      Hapus
  21. ass.mas mau tanya samsung 14" fbt over, rerukur 150v, kira apanya ya ms. trms

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumus salam,rangkaian error amp B+ bermasalah.

      Hapus
  22. assalamualaikum kang aisy, mau tanya...
    toshiba 20" (20d22 mungkin) jack audio dipasang, suara ada, terus kalau jack video dipasang, gambar ada tapi suara malah hilang, kenapa ya kang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam,waaaah....kurang tahu pasti saya penyebabnya,tapi kalau menurut saya untuk soket audio ada semavcam switchnya,kemungkinan sudah berkarat.

      Hapus
  23. kang itu 681/2kv bisa diganti dengan no lain gak seperti 821/2kv ato 471/2kv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh bisa,saya sendiri bila mengganti C ini biasa memakai nilai 102/2KV.

      Hapus
  24. ikut belajar master pak aisy,

    http://basistv.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahkan,terima kasih sudah berkunjung!

      Hapus
  25. skalian mw tanya mas bos.. kl teg 110v dan 180 volt, penyebabnya di mana ya mas.... matur thankyou sblumnyanya mas..

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung! Sukses selalu buat Anda dan keluarga.

      Hapus
  27. Assalamualaikum&Salam kenal mas Aisy, Klo Tv china pakai Regulator Gacun tegangan out ( 115v) ditrafo tidak ada kira2 kerusakan nya dimana yah? ( Tr Hor dan kaki Flyback B+ sdh dilepas )
    Mhn pencerahan nya... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam!
      Kemungkinan di trafo itu sendiri,atau diode B+ rusak

      Hapus
  28. Blog nya sangat membantu,ada kasus ni mas tv china juga bag regulator,tr A 1015 selalu rusak yg dekat opto penyebabnya apa ya,opto sdh diganti masih sama sj,yg dicek nampaknya msh normal,makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Aisy.
      Saya kalau menjumpai TR A1015 di regulator yang bermasalah,biasanya saya juga mengganti TR C3807.

      Hapus
  29. kang aisy,boleh Tanya dong,,tv polytron tabung datar type L'SiDi PS62UM70SM tidak bisa nangkap siaran,udah ganti TUNER type 5V kanibalan dari TV Sharp flat,tegangan B+ 5v sama,,tapi masih gak mw nongol,sama raster bintik semut gak keluar padahal "blueback" udh di matikan,, kira2 apa ya mas penyebabnya..hehe.. tolong d bantu.. salam kenal mas aisy,,

    BalasHapus