Selasa, 15 Juli 2014

TV SHARP Xpression type 21X25D cacat gambar

Kerusakan bagian rangkaian apakah yang anda pikirkan pertama kali,jika mendapati tv dengan keluhan seperti gambar di atas? Awalnya saya langsung mendakwa IC single IXB855WJZZnya yang kena,pikiran langsung mikir yang ribet-ribet dan yang neko-neko dulu,hehehehe....perkiraan saya rangkaian switch AVnya yang bermasalah,kadang juga tampilannya seperti gambar di bawah ini
tapi ternyata kenyataan berkata lain.Berawal dari pengukuran tegangan di output regulatornya,tanpa sengaja malah menemukan sumber permasalahannya,seperti sudah menjadi kebiasaan pada tv Sharp yang menggunakan IC 090RDA1 ataupun 050RDA1,permasalahan pasti tidak jauh dari IC tersebut ataupun komponen yang terhubung dengan IC tersebut,pada output tegangan IC 090RDA1 terukur 8.2V,Naaaaah....ini ni yang jadi tanda tanya,kok cuma segitu? kan seharusnya 9V atau paling nggak 8.9V gitu,akhirnya kecurigaan langsung tertuju pada elko filter di pin output tegangan 9V tersebut yaitu C643 = 470uf/16V,cabut dan ukur.....Naaahh.....ternyata sudah nggak ada kapasitasnya alias sudah kering elektrolitnya.

Pergantian pemain pun di lakukan dengan pemain baru yang lebih bertenaga,saya ganti dengan elko 470uf/50V biar tambah awet,semoga saja hehehehe.....!!.
Pengetesan pun saya lakukan,tv saya ONkan dan M@k Cling! tv langsung bersih mulus kembali gambarnya,ALhamdulillah ya ALLoh atas ridhomu.Semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan semua dan Wassalam!.


Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.





57 komentar:

  1. NUMPANG nyimak dan belajar kang Aisy, salam sukses semoga tambah rezeki,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahkan Kang Sawali,sukses juga buat sampean sekeluarga,terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. mau tanya kang aisy, tv sharp xpression 21inch ada suara gak ada gambar maupun OSD, tapi gk protek. cek tegangan semua normal, tegangan rgb dari ic IXB855WJZZ cuma 0,3 volt.udah coba ganti ic memori pake yang sudah diprogram ttp sama saja. kira kira papnya ya? terima kasih... salam heri purworejo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah....itu ada petunjuk,tegangan RGB out cuma 0.3V,Kemungkinan ada part yang bermasalah di AFC dan ABLnya.

      Hapus
  3. Sip, sukses terus Kang Sumar
    Lanjut

    BalasHapus
  4. Nyimak aja mas,biar tambah pintar,,, :) :)
    Kl beli part tv sharp dimana ya mas, di SC gak melayani lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan,terima kasih sudah berkunjung.Ya begitulah SC sekarang,nggak mau bagi-bagi.

      Hapus
  5. Numpang tanya mas aisy , tv panasonic tipe tc 2060r itu ada av nya enggak ya soalnya saya cari di remot tv sama di tv nya ngak ada av nya
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di box tv bagian belakang deket colokan antena nggak ada soket RCA ya berarti memang nggak support untuk multy system tvnya.

      Hapus
  6. Sudah saya kunjungi balik blog anda,nice Blog.
    http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/warawiri-GoogleChrome_zpsd909c054.jpg

    BalasHapus
  7. tv Lg mati total... biasanya yg rusak bagian mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di rangkaian horizontalnya atau rangkaian regulatornya yang bermasalah,tergantung komponen apa dan di bagian yang mana yang bermasalah di antara 2 bagian tersebut.Atau karena kabel ACnya yang putus bagian dalemnya juga bisa,fuse putus juga bisa,ya tinggal di cek saja,bagian mana yang sekiranya bermasalah.

      Hapus
  8. kedengeran suara kriuk-kriuk.....teryata kang aisy to

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe....iyo iki kang,lagi jajal update sitik-sitik.

      Hapus
  9. kang ane dpt servicean tv sharp czar sama ky rangkaian pcb gambar diatas,ic IX3394CEN2,STV 8164 IX3594CEN4,tr yg nempel dibawah terbakar di body RB 44 TULISANNYA,persamaannya atau nilai tr tu brp mas mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang detil sedikit infonya,TR berapa itu di PCBnya?

      Hapus
    2. nah tu dia mslnya mas yg ane tanyain brp tr tsbt nilainya atau bs pake tr biasa di body cm tertulis rb 44, alternatif pk tr brp ya mas,ane cari skemanya kaga nemu nilai trnya

      Hapus
    3. Maksud saya kode TR di PCBnya bukan di body TR tersebut,contoh ada TR di mesin TV typenya A1015 di PCBnya tercetak Q103,jadi Q103 = A1015,maksud saya begitu loooo......

      Hapus
    4. TR Q710 MAS pk tr type smd yg terbakar alternatifnya pake tr brp ya mas,bs ngk pake tr 8550

      Hapus
    5. Waaah...biar skema yang bicara deh,ada tuh di SINI

      Hapus
    6. Slmt siang kang aisy numpang tanya tv saya sharp alexander keluhan sprti gambar di atas stlh sya ganti C 470 16v udah bagus tp gnti warnanya cuma hitam putih kira apa lgi pnyebabnya kang

      Hapus
    7. Selamat siang juga,giliran elco di output IC 090RDA1nya yang di ganti,pastikan system warna sudah BG atau Auto.

      Hapus
  10. kang sya mo tnya tv lcd samsung sy klo di on pke panel ato remot lampu led kedip 2 kli trus stanby lg,kir2 opo ne y yg rusak,mhon pencerahan y kang

    BalasHapus
  11. salam,
    kang saya mau pesen ic eprom toshiba 24HV10E2 yang sudah terisi frimwarenya bisa ga kang,maklum saya blm punya alat flashnya,ini email saya untuk konfermasi lebih lanjut sabrinanajah.sn@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah....yang belum ada dan punya ya IC eepromnya itu hehehehe....kalau firmwarenya sih ada.

      Hapus
  12. salam...kenal mas smoga sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  13. kang aisy punya stok IC =
    OICTMSA003F
    LG631 9R
    58R7 7DA5Q
    ditempat saya tidak ada yg jual
    thank semoga panjang umur &slalu sukses

    BalasHapus
  14. salm kenal mas saya punya tv sharp wonder tipe 14w15 ic jungle ix3410cen3 ic vertikal tda 8357 si
    pertama saya nyalakan elco teg 185 v keluar asap setelah itu tv jadi protek kemudian saya buka jumper 223 tv bisa nyala tapi raster,osd dan suara tidak ada kira kira apanya mas saya mohon sekali bantuannya terima kasih

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum .... sebelumnya makasi byk atas komentarnya di Blog saya. Kebetulan sekali kemaren saya servis tv sanyo lama dgn IC ganda (program dan croma terpisah). gejala sangat mirip dgn gambar diatas, baik posisi AV maupun TV. Tapi setelah satu jam gambar berangsur normal. karena kondisi IC croma yg panasnya melewati batas normal maka saya simpukan IC cromanya sekarat. Berhubung yg punya membatalkan jadi sampai sekaran saya masi penasaran apakah kerusakan seperti itu benar dari IC croma? menurut kang Aisy gimana? makasi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam!
      Belum tentu IC kromanya,kalau melihat dari durasi munculnya gambar kemungkinan dari solderan yang retak atau mungkin dari elko yang kering.
      Tapi kalau IC kroma yang super panas bisa jadi memang sudah bermasalah.

      Hapus
  16. maaf kang aisy mau tanya , ada tv polytron 30" pin G2 socket crt nya keluar percik api,kalau diturunkan pot screen hingga gambar cenderung gelap percik api hilang.tapi kalau di naikan untuk mendapatkan gambar bisa normal percik api keluar lagi dan gambar berkedip disertai muncul garis2 blanking seiring percikan api. tegangan normal flyback sudah ganti, mesin sudah ku dicoba ke tabung lain. mohon dengan hormat solusinya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah kayaknya harus ganti CRT deh.

      Hapus
    2. sebagai informasi kang mesin tv nya sudah di coba ke CRT yg lain tapi problem tetap ada seperti itu.saya minta referensi pin ABL FBT besaran rata-rata tegangannya berapa kang? pengukuranya arus AC atau DC. terima kasih telah menanggapi keluhan saya.

      Hapus
    3. Untuk ABL pengukurannya pakai VDC,semakin terang gambar tegangan ABL bergerak mendekati 0V,semakin gelap gambar tegangan ABL bergerak mendekati 12V.

      Hapus
  17. mau tanya pak, saya ada tv advance 21" dengan chasis TS6101201A, ic croma LA76810A, ic program LC8635320, FBT BSC29-01N4014C led panel menyala terang tapi gambar tidak ada, kerusakannya dimana ya pak, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan heater di CRTnya? apakah juga sudah menyala?

      Hapus
  18. tanya pak?
    mesin TV Wcom, IC audionya panas skali, padahal blok audio sudah saya ganti baru semua tapi tetep saja panas, dimana lagi ya pak saya harus cek?

    BalasHapus
  19. Kangen postingan anyar Kang Aisy !!!, kapan Kang ?

    BalasHapus
  20. Pak mohon bantuannya, tv mati standby dengan ic croma LA76810A, ic program LC8635320, FBT BSC29-01N4014C 2 fokus, heater mati, jika saya coba pakai gacun pada regulatornya seperti ada suara tegangan tinggi pada kop FBT yang nyempur putus2 tidak stabil layar seperti buka tutup warna biru, B+ normal, tolong solusinya maklum masih pemula (surya)

    BalasHapus
  21. Tv ini awalnya bisa nyala, tapi tombolnya volume + kadang jadi channel +/- tombol sdh diganti baru, kemudian hanya 1 channel saja yang muncul setelah itu mati standby (surya)

    BalasHapus
  22. Balasan
    1. Terima kasih dan Terbaik buat anda sekeluarga.

      Hapus
  23. Salam kenal maz bro dr rohmat. Saya punya keluhan tv toshiba 19hv15e klo sudah panas ad garis putih d tengah‚ kemudian say matikan dan langsung sya nyalakan lg malah tv separo normal separo lg garis- garis putih‚ minta solusiny y maz... Tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali!
      Kemungkinan sama seperti pada kasus BERIKUT INI

      Hapus
  24. Terima kasih sudah berkunjung! Sukses selalu buat Anda dan keluarga.

    BalasHapus
  25. assalam wrb bang aisy sy sulaeman dr bogor baru bljr ni di dunia perservican tv' sy punya garapan sharp alexander 21 in slim ..tr hot 6090 nya panas dlm hitungan detik jebol terus .b nya 150v apakah itu normal.. cara menurun kan b gmana sedang kan ga ada adjus nya.. c6090 nya bisa di ganti dgn type apa aja bang.. makasih sebelum nya smoga bang aisy sekeluarga sllu dlm lindungan ALLAH SWT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam!
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Aisy!
      Untuk pengganti C6090 bisa menggunakan TT2140 atau TT2190.
      untuk penyebab TR horizontal yang panas dalam hitungan detik itu menandakan rangkaian horizontal bermasalah,bisa jadi dari FBTnya,yoke,atau part yang lain.Untuk tegangan B+ ada yang menggunakan 125V,ada yang menggunakan 130V,kalau sampai 150V berarti yang bermasalah di rangkaian B+nya.

      Hapus
  26. tv sharp pada IC 090RDA1 tidak keluar tegangan pada pin 2 dan 4, kira2 apa penyebabnya? trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan di pin INPUT/pin 1 belum ada tegangan 12V,atau di jalur pin OUTPUT / pin 2 ada gangguan/ada part yang konslet,atau 090RDA1 itu sendiri yang rusak,atau bisa jadi di pin KONTROL / pin 4 belum ada tegangan HI-LOW dari IC single,karena IC single belum dapet tegangan 3.3V dan 5V.

      Hapus
  27. Mohon pencerahan kang,saya punya tv sharp teg B+ naik jadi 150v
    Sudah saya cheks bagian power suply tdk ada yg rusak,pergantian elco sdh saya lakukan ,power suply ini mengunakan STR 5653 mohon bantuanya

    BalasHapus