Selasa, 14 April 2015

LCD TV Toshiba Power TV 19HV10E sepertiga layar bergaris-garis

                            Syukur Alhamdulillah akhirnya bisa mengabadikan moment penanganan LCD TV jenis power TV ini.Walaupun sebenarnya agak telat pembahasan ini karena LCD TV jenis ini sudah mulai usang,tapi karena banyaknya komentar yang ingin mendapatkan petunjuk penyelesaian kasus sepertiga layar yang bergaris-garis kaya motif sarung ini,membuat saya jadi "NGIDAM" ingin mendapatkan garapan LCD TV jenis itu masuk ke bengkel saya hehehehe.....Walaupun memang penyelesaian kasus ini bukanlah bersifat permanen,atau bersifat sementara saja,tergantung dengan tingkat kerusakannya dan juga tingkat keberuntungan sampean juga hehehe....Jika menginginkan hasil yang permanen,maka harus di lakukan penggantian COFnya.itupun kalau ada yang jual,kalau nggak ada ya ganti panel komplit.Alhasil rasa ngidam saya keturutan akhirnya,kemarin siang ada pasien datang membawa Toshiba power TV dengan type 19HV10E,dengan keluhan yang sama di harapkan.
                         

                                Garis-garis vertikal yang saya hadapi pada kasus kali ini sifatnya statis atau tetap,tidak ada gerakan sama sekali,juga tidak berubah warna,hanya pada warna hitam dan putih saja,anteng meneng jawane hehehe....Berdasar info rekan-rekan di luaran sana,kasus semacam ini karena ada masalah koneksi IC pada COF atau Chip On Film atau bisa juga Chip On Flex,lebih tepatnya COF bagian kolomnya.Seperti di tunjukan pada gambar di bawah ini.


Berhubung yang bermasalah adalah pada bagian kanan layar maka IC COF yang akan saya eksekusi adalah COF 3,adapun COF 2 untuk kolom bagian tengah layar dan COF 1 untuk kolom  layar bagian kiri,sementara saya abaikan dulu.Untuk mengeksekusi IC COFnya saya buka dulu PCB T-Connya seperti gambar di bawah ini.



Dan berikut penampakan IC COF yang kecil mungil seujung mata solder wujudnya :


Untuk eksekusinya cukup dengan memanaskan IC tersebut dengan ujung mata solder,berhubung saya cinta kebersihan,saya langsung memanaskan IC tersebut dengan solder langsung,tanpa mengolesi dengan siongka terlebih dahulu,tapi ya harus di pastikan apakah soldernya bocor apa tidak hehehe.....bagi yang pengin pakai siongka  untuk keamanan ya monggo silahkan.Adapun cara memanaskannya saya pakai cara dari ujung kanan terus geser ke kiri lalu balik lagi ke kanan.Seperti gambar di bawah ini :


Setelah memanaskan IC silahkan pasang kembali semua kabel koneksi dan lakukan pengetesan dan IT'S WORK!.

Oke rekan-rekan semua begitulah tadi kisah NGIDAM saya,untuk firmware LCD TV Toshiba ini bisa di download di SINI semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan,SUKSES buat SEMUA!


Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.




223 komentar:

  1. ikut belajar master, mkasih ilmu nya,moga barokah
    salam dari pemula,
    kunbal http://basiselektro.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudah berkunjung,sukses selalu.

      Hapus
    2. makasih master kangmas aisy.

      http://basis-elektro.blogspot.com

      Hapus
    3. misi mas bro numpang tanya kalau led tv toshiba cuma 5 menit normal setelah itu blank putih gimana solusinya mas bro?

      Hapus
    4. Thosiba sya cuma 1 ICnya trus yang bergaris_garis dibawah penanganannya bagaiman bossku...mohon bantuannya

      Hapus
    5. makasih infonya saya juga baru mau coba besok soale tvnya masih di bengkel

      Hapus
    6. makasih boss tv saya dah jadi cuma serinya beda dikit 19hv15E kerusakan sama penangananya sama hanya di[panasi pakai songka oke

      Hapus
    7. Mas susu, saya sdh lepaskan cover belakang tetapi ic cof yg dimaksud tdk keliatan, boleh caranya. Makasih

      Hapus
    8. IC COFnya masih bersembunyi di balik plat besi,anda harus melepaskan terlebih dahulu Plat besi tersebut,baru nanti kelihatan semuanya.

      Hapus
  2. Top Kang Aisy pokoke jempol untuk share ilmunya !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih support dan kunjungannya Kang,sukses selalu buat anda sekeluarga Kang!

      Hapus
  3. matur nuwun kang aisy akhirnya tv lcd lg 19HV10E2 bisa sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat dan terbaik buat sampean sekeluarga!

      Hapus
  4. Ini yg saya suka dari sampean, ihlas berbagi pengalaman tanpa pamrih. Saya belajar banyak dari sampean, bukan hanya ilmu tapi budi pekerti santun dan humoris serta belajar memahami sebuah ketulusan. Mudah-mudahan Allah ridlo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....Terima kasih support dan kunjungannya Kang,sukses selalu buat anda sekeluarga Kang.Aamiin!

      Hapus
  5. Alhamdulilah, TV LED toshiba saya dah sembuh matur suwun sanget mas, smoga jadi amal soleh dan allah membalas dengan balasan yg lebih. Aamiin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahir robil alamin,semoga awet Pak! Terima kasih support dan kunjungannya,Terbaik untuk semua!

      Hapus
  6. Cara memanaskan berapa kali kang, dan lamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti pada gambar ke 6,begitulah alur pemanasan IC yang saya pakai,dari ujung kanan ke ujung kiri terus balik lagi ke ujung kanan IC,pelan saja geser soldernya,semoga beruntung!

      Hapus
  7. Mas Aisy yg budiman salam kenal sy di Ruteng Flores. begini mas sy py pasien LCD POLYTRON XCEL MULTIMEDIA type PLM24M61.awalnya saat dihidupkan listrik jeglek lalu ganti IC regulator NDF06N60ZG dan sekring.stlah dipasang lalu tv di on sama sekali tdak tidup ternyata setelah diukur tegangan 12v dan 5v tidak ada sama sekali.mohon bantuannya Mas apanya lagi yg hrs cek tuk diganti klu jebol tas bantuan disampaikan trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya,Insya Alloh permasalahan masih di regulatornya,pengecekan jangan hanya pada komponen yang rusak saja tapi semua komponen di regulator tersebut perlu di periksa juga,mungkin masih ada yang terlupa.

      Hapus
  8. Saya punya tv asatron ultra slim 21 inc mas,gejala awal ada komponen yg meletus,di krenakan di tempat saya gak ada bengkel tv jd saya ganti saja kebetulan ada mesin tv yg sudah gak di pake..
    Setelah di ganti kok cuman ada suara doang layar blank pas di lihat flyback nya gak ada tegangan ke tabung,saya ganti flyback nya ttp aja ..kira kira apa nya ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa tegangan heaternya dulu,sudah ada tegangannya apa belum?

      Hapus
  9. hasil servisnya memuaskan mas..

    BalasHapus
  10. ini pengalaman diri sendiri ya gan, mantap

    berita jual beli

    BalasHapus
  11. Minta Bantuanya pak, Tv Samsung DNIeJr Sc21A550ML nyalanya lama sekitar 5 menitan, tp plyback nyembur tp tabung tidak nyala pak.... Minta pencerahan pak

    BalasHapus
  12. ass.... mo minta pencerahan kang.... ni ada PR samsung plasma 43" dengan kondisi hanya led indikator yang kedip kedip,,, terlihat semua teg normal, kecuali teg 200v dan 58v yang ke Ysus dan Zsus, bila sokt dari PSU yang ke Y dan Zsus dicabut maka teg 200v dan 58v keluar normal,, mohon pencerahan dan solusinya kang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah....untuk TV Plasma sementara No Coment,belum pernah dapet.

      Hapus
    2. Bisanya board Zsusnya rusak..coba di cek TR semua yg ada di board Zsus

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum....
    Sukses buat Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam!
      Sukses juga buat Anda sekeluarga!
      Terbaik....!!!

      Hapus
  14. saya pernah coba di beberapa panel,,,ada yg sukses dan ada yg kumat lagi,,,,

    tp salut buat akang,,sudah berbagi ilmu buat rekan2 lain nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe....kalau yang sudah sukses ya syukurilah! itu rezeki buat Anda!
      Kalau yang kumat lagi silahkan di coba lagi,kemungkinan panas soldernya kurang maximal sedikit hehehe.......

      Hapus
  15. Mas Aisy slm sukses slm perkenalan dri sy,mksh udah brbagi ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudah berkunjung!

      Hapus
  16. oh ya sy ada pasien tv sharp qvision 20 dgn ic program tda9381ps vertikal stv9302a problem gambar melipat bgian bawah dan kadang2 normal,udah sy ganti elko 1000uf/16v,470uf/16v,100uf/50v bahkan stv9302a udah sy ganti jg tp hasilnya ttap sma,vcc 12v dan -12v normal,mhn pencerahanya.mksh sblmnya.salam sukses slalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah....berarti giliran R nya yang di cek!

      Hapus
  17. Saya dah coba gan untuk kasus spt ini hasilnya langsung ok, kebetulan ada pasien tv toshiba 19 inch dengan kerusakan yang sama, udah 4 hari nginep di rumah, makasih gan atas sharing infonya.

    BalasHapus
  18. mas saya mohon dibantu tv sharp 21 suara kadang ilang lama bisa 2 hari tau2 suara ada lg.trimks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada solderan yang retak di area audionya atau ada elko yang error di area tersebut.

      Hapus
  19. Thank share nya master, 100% is working master,
    Semoga ilmunya bermanfaat dan barokah, Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali dan Aamiin ya robal alamin.

      Hapus
  20. Salam kenal mas, sudah lama saya ngintip blog anda tp br kali ini posting soalnya sudah mentok alias mumet, Saya mohon saran mas tv saya samsung 29csZ malam waktu nonton hujan petir tv saya matikan paginya dinyalakan langsung konslet decoder mati juga wah kena petir juga solnya kabel ac masih nancap, setelah str saya ganti tetap mati saya cek horisontal aman ternyata dioda dari trafo ke kolektor tr horisontal MUR460 short cari gak ada yg jual akhirnya coba dioda biasa dulu akhirnya nyala normal, eh 2 menit mati lagi tv diodanya short lagi saya pikir diodanya harus ultrafast akhirnya ambil dr bekas tv lcd MUR408 ampere sama tegangan lebih tinggi dr MUR460, pasang tv nyala gambar normal tapi suara gak ada, lagi ukur tegangan ic soung eh mati lagi dioda short, kira2 apa fbt ya mas tp waktu nyala gambar normal, tegangan normal, semua capasitor, resistor blok horisontal dah cek ok, waduh puyeng mas...tolong diterawang mas, matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ikut mumet juga saya hehehehe....coba diodenya pakai RU4C,capasitor mylar di horizontalnya di cek semua.

      Hapus
  21. Kluhan 2/3 lyar brgaris. COF ny sdah sya pnasin. Smbuh tp kmbli lg. Gmn itu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kambuh kembali biasanya saya panasi berulang-ulang IC COFnya ,berdasar prakteknya durasi kambuhnya setiap 3 bulan sekali hehehehe.....

      Hapus
  22. pak tv saya LCD TV Toshiba Power TV 19HV10E
    bisa bantu pencerahan nya gambar 1/3 bagian , apa kasus nya sama kayak dia atas , matursuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya insya Alloh kasus dan penanganan sumber masalahnya sama.

      Hapus
    2. ini sudah sya praktek kan tapi masih bergaris pak , apa perlu di panasakan lagi. thx

      Hapus
  23. trimas atas infonyamas aisy, btw apakah permasalahan ini akan timbul lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya katakan di atas bahwa "Jika menginginkan hasil yang permanen,maka harus di lakukan penggantian COFnya",jadi harapan untuk kambuh kembali pasti ada,kalau saya biasanya 3 bulan kambuh lagi tergantung keberuntungan hehehehe.........

      Hapus
  24. Salam kenal kang, kang mohon pencerahanya...saya sudah melakukan langkah tersebut. Kenapa pada saat saya lakukan pengetesan terjadi konslet pada ic tersebut yang mengakibatkan kabel fexsibelnya ikut terbakar? Mohon bimbingannya, apakah saya terlalu lama melakukan pemanasan pada ic tersebut. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan memang anda terlalu lama dalam memanaskan IC tersebut,kalau saya sih kurang lebih 3 detik atau 4 detik saja dalam memanasinya,berarti Anda belum beruntung,Coba lagi.

      Hapus
    2. baik kang terima kasih atas penjelasannya..tapi ada yang jual g yah flexibly nya atau memang saya harus ganti 1 set dengan LED nya?

      Hapus
    3. kasus sama nih gan, saya juga terbakar, dan sekarang bingung mau di gimanain

      Hapus
    4. Ikut prihatin atas musibahnya,Anda belum beruntung!

      Hapus
  25. Om benerin toshiba power tv bergaris biayanya berapa? Aku madiun kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk LCD ukuran 19" sampai 22" biaya servicenya 125rb.
      Untuk ukuran 24" ke atas biaya servicenya 165rb.
      Biaya di atas belum termasuk biaya penggantian sparepart.

      Hapus
  26. Ouw ternyata pembahasan listrik...hehe...ora njowo..seng jowo yoga ngneki ki..nk q cma isone ngitong duek tok..haha..hebat kreasimu mas..ciep jempol...hehe

    BalasHapus
  27. izin njiplak suhu...sangad manfaat untuk sy sebagai tuser amatiran, slm kenal & sukses selalu. wassalam

    BalasHapus
  28. Mas Aisy,saya lama mengikuti blok mas,cuma kadang mau tanya kesulitan untuk masuk.Saya punya servisan TV Samsung flat CB 21M17ML bekas servisan bengkel lain.Yoke sepertinya baru diganti dengan tipe sama.Gambar flek dan cacat bantal.Sudah saya atur posisi yoke.Flek teratasi walau masih ada sedikit bagian pojok kiri atas dan kanan bawah.Cacat bantalnya yang masih.Gambar melengkungs atas bawah dan kanan kiri.Masuk mode factory saya tidak bisa menemukan setelan EW.Mohon solusi untuk mengoreksi cacat bantal Mas Aisy.Nwn untuk jawabannya.Trisno Hadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan masih di rangkaian EW Correctionnya,sabar dan teliti lagi ya!

      Hapus
  29. Alham dulillah setelah ngikutin cara ini tv saya udah bagus lagi , terima kasih banyak ya bro

    BalasHapus
  30. mkasih info nya .. tpi bner sring kambuh lagi .. bongkar panasin lg .. bru nrmal

    BalasHapus
  31. Assalamu alaikum kang. Salam kenal Dan sukses selalu. Sy punya pasien TV LCD SHARP AQUOS LC-32LE34OM mati standby dengan lampu merah berkedip-kedip, sy sudah coba masuk menu service tp raster cuman puncul sekejab Dan layar kembali kelap Dan lampu panel berwarna hijau. APA lg yg harus sy lakukan kang, trus sy tidak tahu standar tegangannya.mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  32. Blum kang. Sy blum punya alat buat flash, belinya dimanaya. Trus sy jg blum punya software nya kangaroo. Downloadnya dimanaya... Mohon petunjuk kang Aisy

    BalasHapus
  33. Kang layarku Tosiba led abis tak bongkar malah jdi warna warni tok berubah ubah..kalo suara ada

    BalasHapus
  34. mas bisa minta kontak personnya. tv saya juga rusak dengan ciri ciri seperti itu. atau alamatnya deh. nanti tv saya saya antar ke sana.rumah saya ngawi. bisa konfirmasi ke saya di ridam83@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ic cof yg kanan toshiba regza sy pecah ada kanibalannya ndak ? itu no hp ne mas? sy di bojonegoro mas klo ndak ada mau sy jual aja dgn kondisi apa adanya ini no. hp sy085204881385 arifin

      Hapus
  35. makasih Kang ilmunya,alhamdulillah TV LED TOSIBHA dirumah kembali normal dengan mengikuti petunjuk akang,,makasih kang ya ilmunya.

    BalasHapus
  36. Alhmdlilah mas..tc lcd toshiba saya udh mendingan.. Biasa nya nyala cuma 5 menit lngsung rusak sebelah lyar nya.. Tp ini udh ampir stngh jam sya coba lancar2 mas.. Cuma msih ada renyek2 nya dkit..mdah2an aja ga rusak lagih..

    BalasHapus
  37. Aku coba trik diatas tsb malah gamnare jadi blank putih yaw gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blank putih kemungkinan kabel LVDS belum terkonek sempurna,coba cabut dan pasang lagi kabel LVDSnya.

      Hapus
  38. Salam sejahtera mas Aisy mumpung masih hangat nih mau nanya? begini mas lcd toshiba 19 inch tadinya cuma hidup stanbay aja,trus saya flash epromnya dan sy hidupin bisa normal lagi.tapi begitu tv dimatikan dan steker listrik di cabut penyakitnya kok kambul lagi seperti semula setanby lagi.kira2 apanya mas mhn solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira IC flash eepromnya minta ganti baru juga!

      Hapus
  39. Terima kasih sudah berkunjung! Sukses selalu buat Anda dan keluarga.

    BalasHapus
  40. kang mau nanya, manasin IC COF soldernya ditempelin atau ngambang diatasnya saja. mohon pencerahannya, trims.

    BalasHapus
  41. kena tarif servce brp bang jika gejala seperti di atas?bingung masalah tarif :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kena charge 125rb,entahlah kalau rekan-rekan yang lain.

      Hapus
  42. mas sudah saya solder, tpi bru 1hari uda kumat lagi. apa kurang lama soldernya ya? mohon bntuan, apa perlu d ksih thermal grease/paste mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon untuk di baca dengan seksama postingan saya di atas ya!Dan baca komentar-komentar saya dari atas sampai terkini.
      Bahwa trik ini tidak bisa mengatasi kerusakan secara permanen,tergantung tingkat keberuntungan anda.Kadang bisa awet,kadang juga nggak berhasil,berhasil tapi nggak bertahan lama,Terima Kasih atas kunjungannya.

      Hapus
    2. ooh oke mas mkasih. oiia mas apa ada yg jual IC COFnya itu ya mas? kira2 brpa hrganya?

      Hapus
    3. Kalau di tempat saya sih belum ada,mungkin bisa kontak rekan-rekan yang ada di Jakarta.

      Hapus
  43. makasih master.ampuh resepnya gw udh cb tv ane langsung jossss...

    BalasHapus
  44. Kang sudah solder tapi ternyata Arahnya salah apa gak ngaruh? Trus apa harus saya ulang lagi? Apa gak apa2? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....salah arah nggak jadi masalah kok yang penting IC COF tersebut di panasi .

      Hapus
  45. Mas mau tanya, kalo tv lcd bergaris horizontal trus gambar jadi 2, penanganannya harus seperti apa?

    BalasHapus
  46. Mas mau tanya, kalo tv lcd bergaris horizontal trus gambar jadi 2, penanganannya harus seperti apa?

    BalasHapus
  47. Mas maaf saya udh coba cara yg di atas. Hasilnya gda gambar/blank hitam cuma ada suara... Bagi petunjuk bang gmn yg harus saya oprek lg. Terimakasih..

    BalasHapus
  48. SAlam Kenal Kang...
    keluhan Led32pb201ej Toshiba gmbar polos garis2,mhon pncerahan ny.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ky pnya saya itu bs aja ic cof terbakar / pecah kecil soale itu ic cof panas bgt

      Hapus
    2. Penanganan kerusakan dengan memanasi IC COF hanya berlaku untuk ukuran 19" saja,untuk ukuran yang lain kemungkinan ada perbedaan solusi.

      Hapus
  49. sy pnya led toshiba sama kaya diatas probemnya saya panasin kok tidak bisa trnyata ic cof nye ada yg pucah apa bisa diganti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh bisa di ganti,coba berkunjung ke lapak INI mungkin masih ada stock

      Hapus
  50. dan ic cof nya ada 4 bh soale 32 inch apakah bisa di cut dijadiin 3 bh jd gbr lebih pendek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah....maaf sekali saya belum ada pengalaman untuk modif panel seperti itu,mungkin ada rekan lainnya yang sudah jauh berpengalaman memodifikasi jalur panel.

      Hapus
  51. maaf mau tanya klw tv LCD LG tiba2 mati total itu apanya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya alloh rangkaian power supply belum bekerja

      Hapus
  52. maaf pak minta solusinya saya punya tv lcd toshiba 19 juga tapi kerusakannya warna blur/klise apa masalahnya sama di ic cof nya...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh bukan di IC COFnya tapi permasalahan di TCONnya

      Hapus
  53. sama nh pnya ane jg keluhannya sama persis,, tp pnya ane msh wajar2 kayanya,, jd klu bru d nyalain suka ada garis tengah/ samping,,, nah klu mau ilang biasa saya matiin trs nyalain sampe 3x baru normal,, ,,, tp saya pengen service biar normal aja,,, agan ini service d mna y klu blh tau,,, klu jakarta saya mau service,,, coz sya liat servicannya rapi,,,, en kira2 kena biaya brapa y gan?

    thanks
    andi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya coba aja di service sendiri,insya Alloh sukses,sayang sekali saya berdomisili di Magetan Jawa Timur

      Hapus
  54. Siang bos... sama nih kasusnya, sudah saya solder COF nomor 3 hasilnya mantap....
    Haduhh nasib sial...
    Tapi setelah 4 menit layar bergaris biru ditengah.. dan lama lama jadi agak gelap bergaris full seluruh layar
    Saya bongkar lagi. Saya melirik COF nomor 2 malah jadi terbakar berikut jalur nya...
    Parah deh... gimana kelanjutannya nih boss ? Solusi nya?
    Trims... solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut prihatin atas musibahnya,kalo sudah kayak gitu coba berkunjung ke lapaknya rekan saya Digital Mas beliau sepertinya ada stock IC COF kolom seperti itu,semoga berhasil.

      Hapus
  55. sangat bermanfaat gejala tv saya gambar cuma kelihatan sepertiga layar yg tengah dan kanan muncul garis2 setelah ikut terik diatas tv hampir sembuh tapi masih muncul 1 garis vertikal..kira kira apanya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih tersisa satu garis vertikal kemungkinan ada jalur yg putus di IC COF tersebut

      Hapus
  56. salam kenal boss aisy...mohon bantunannya saya butuh regulator power supply Toshiba 29P23000VJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali belum punya coba berkunjung ke lapak Digital Mas mungkin ada stock

      Hapus
  57. Salam kenal mas...klo boleh tau alamat lngkapnys mas dimana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada di Ds.Patihan RT01 RW05 Kec.Karangrejo,Magetan,Jawa Timur

      Hapus
  58. salam kenal mas ../?minta firmware thosiba 24hv10e2

    BalasHapus
  59. Thosiba sya 32 inch cuma 1 ICnya trus yang bergaris_garis dibawah penanganannya bagaiman bossku...mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang satu IC COF saja belum punya pengalaman Maas Bro,mungkin ada rekan-rekan yang lain yang sudah share ke blog atau di FB

      Hapus
  60. salam kenal mas aisy, mau nanya, aku punya tvtoshiba 29" ada masalah pada warna hijaunya' ketika dibagian bawah dipadukan warnanya, pada bagain atas hijaunya lebih tinggi 1 cm dari warna lain, dimana masalahnya ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe....maklum lagi sibuk banget,sepertinya kasus tv sampean ada di pengaturan konvergennya yang kurang tepat,coba atur ulang kembali

      Hapus
  61. makasih mas.
    tanya dikit ya, lilitan dibelakang konvergen itu fungsinya apa, jujur aja tv itu terima dari kawan bengkel tanpa keterangan apapun, smtra konvergenya dah ga ada, jadi ku coba pakai konvergen tv 21" tanpa lilitan.

    BalasHapus
  62. Apa ya namanya hehehehe....ya sendiri juga belum tahu....kalau saya sih lebih ke konvergen aktif gitu deh....ngawur banget ya wakakakaka.......ya intinya masih di pengaturan konvergennya yang kurang tepat

    BalasHapus
  63. ok lah kalau bgt, aku usahaka cari kovergennya dulu.
    makasih untuk semua jawabannya.
    jangan bosan klw nanti aku tanya lagi ya he he he.
    selamat berpuasa

    BalasHapus
  64. Saya mau tanya nih, tv lcd samsung saya bagian atasnya sepertiga hitam dan setengah bagian dari atas ke tengah mengalami seperti terkena magnet gitu, mohon pencerahannya, sayang banget ini tv :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh saya belum pernah dapet kasus yang seperti itu,jadi ya belum tahu apa penyebabnya,tapi kalau secara tory sih yang bermasalah bagian ROW driver panelnya.

      Hapus
  65. Assalamu alaikum. Salam sejahtera kang. Saya perlu bantuan kang, nilai resistor dari pin7 k393 ke k2961 berapa ya? Matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam
      Nilai R pada chassis tv apa ini?

      Hapus
  66. Tv lcd saya tidak ada gambarnya tp ada suarany itu kenapa y? Ada no yg bs dihubungi mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Anda berdomisili di Madiun dan sekitarnya bisa hubungi di 085856042114

      Hapus
  67. Alhamdulillah Kang Aisy saya dah dapat nilai R untuk sirkit ew TV LG Flatron 29" pin 7 ic k393 ke fet k2961 nilainya 1 kohm. TV gambar dah normal setelah k2961 dan R yang hangus diganti. Salam sukses kang.

    BalasHapus
  68. salam kenal mas aisy, pemula nih mau nanya, aku punya tv led sony cx52 46" ada garis melintang kurang lebih 1 cm dibagian bawah, tolong kasih tau masalah mas aisy? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya!
      Kalau masih pemula alangkah baiknya jika di servis oleh yang sudah Berpengalaman,menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,servis LCD membutuhkan fokus yang lebih,baik fokus mata maupun fokus pikiran.
      Kalau ada kerusakan garis yang melintang silahkan cek jalur-jalur ROW drivernya.

      Hapus
  69. salam knal mas, sebelumnya selamat Hari raya Idul fitri, mohoon maaf lahir dan batin, mau nanya Punya lcd panel toshiba power tv 24 inch, rusak karena penca, kalau ada mohon pencerahanya... matursuwun

    BalasHapus
  70. mas apa tidak leleh dipanasi ic nya..
    berapa kali mas geser kanan kiri,, takutnya meleleh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...ya enggaklah,kan bahannya bukan dari plastik,berapa kali geser bukan aturan baku ya,jadi ya terserah mau berapa kali geser yang penting tidak sampai membuat IC mati/terbakar.
      Dan yang nggak kalah penting lagi resiko di tanggung sendiri ya!

      Hapus
  71. kang, tv led thosiba saya kasusnya sama dah saya coba tp tetep ga berhasil tp malah ada garis horizontal.
    garis vertikal nya dah saya perbaiki dengan cara cleaning cof 1, cof2, cof3 dengan cuter. sekarang saya minta saran untuk hilangkan garis horizontalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garis horizontal di sebabkan adanya gangguan di ROW driver atau di jalur ROWnya,coba periksa jalur-jalur di tepian panelnya,apakah ada yang mencurigakan,bisa jadi putus atau terganggu kerak karat/jamur.

      Hapus
  72. Maaf mas mohon bantuannya klo tv toshiba saya bergaris horizontal apakah sama dengan yg bergaria vertical penanganannya? Terima kasih mas

    BalasHapus
  73. assalamu"alaiku mz aisy. maaf masuk lagi dan nanya lagi. saya dapatservisan mesin wcom29". karena juah aku bawa pulang aja mesinnya, tapi saat mencoba dirumah agak buru2 shg salah pasang kabel yokenya, yoke hor trhubung dengan out hor & out ver. lamgsung elco out vertical meletus tr hor mati. sekarang tiap ganti tr horisontah hanya tahan 15 mati lagi.
    elco vertical out, c demper 912X2, FBT, Yoke dah diganti tetap tr horisontal mati lagi, kira2 bagian mana lagi yang hars aku periksa? makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam
      Waaaah....ikut prihatin dengan kondisinya.Permasalahan masih di seputaran horizontalnya,bisa C,D,atau lilitan.Cek lagi yang lebih teliti.

      Hapus
  74. Tv q Toshiba 24l2600 kadang hanya muncul warna yg bergantian di layar seperti merah kuning hijau biru hitam dst selama kurang lebih sejam setelah itu kembali normal lagi kira kira apa penyebabnya yh

    BalasHapus
  75. Balasan
    1. Timbulnya warna bergantian tersebut,satu layar penuh atau hanya sebagian atau sepertiga layar saja?

      Hapus
  76. Balasan
    1. Sudah di coba kabel konektor LVDS di bersihkan dulu?

      Hapus
  77. assalamu'alaikum mas aisy, nanya lagi.
    beberapahari lalu tmpat kami diserang petir beberapa tv mati, LED politron 32, LCD polytron 24, LCD TOSHIBA 32 2buah, yng 2 dah jadi skrg masih 2 buah lagi.
    masalahnya yang politron pwr supply dibetulin, tegangan dah masuk bahkan 5v ke sensor, tapi lednya nggak nyala. terus yang toshiba setelah memperbaiki pwr supply lednya nyala merah terus, semua tut tdk fungsi. tolong mas mohon bantuannya. kira2 apanya yang salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam!
      Coba kedua-duanya firmwarenya di flash ulang dengan firmware yang masih normal.

      Hapus
    2. aduh maaf mas, blm pumya alat, kemana nyarinya ya mas, saya beradadi Kab. Karo, Sumatra Utara

      Hapus
    3. Ups! Belum punya alat flashnya? Silahkan beli di Tokopedia atau di Bukalapak,yang jual banyak.

      Hapus
  78. mas.led Toshiba setelah nyala kurang lebih sejam mncul garis horisontal merah dan tambah banyak kira kira apanya mas.suwun

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. Mohon info,saya butuh firmware tv lcd Toshiba 24PB1E,mungkin ada yg bs bantu saya...email saya herdiantoa00@gmail.com,trm ksh se blmnya

    BalasHapus
  81. lanjut ya mas aisy, ternyata lcd toshiba yang hari itu kubilang ga mau start itu setelah aku periksa lebih mendalam ternyata tegangan pada kaki 8 ic eprom 24c08 dan 24c64 tidak ada, biasanya berapa tegangan untuk ic eprom itu?

    BalasHapus
  82. sekalian ya mas, kalu ada firmware LCD toshiba 32PB2E mohon dikirimi via email saya di ardojaya4@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  83. thanks mas,saya sudah coba pada tv lcd saya dan berhasil sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  84. assalamu'alaikum mas aisy

    salam kenal mas salam kenal dengan blog Semoga membawa hikmah dan manfaat yang banyak bagi para pembacanya

    BalasHapus
  85. Mantap mas. Sudah ku praktekkan berhasil. Makasih banyak infonya.

    BalasHapus
  86. Mantap mas. Sudah ku praktekkan berhasil. Makasih banyak infonya.

    BalasHapus
  87. Mantap mas. Sudah ku praktekkan berhasil. Makasih banyak infonya.

    BalasHapus
  88. kang aisy emang mantep..selaku.ikhlas berbagi tanpa bertele tele... semoga allah membalas kebaikan.kang aisy dan semoga selalu d beri.kesehatan...amin....terimakasih kang..salam sukses selalu....

    BalasHapus
  89. Alhamdulillah.... iso nak warnet.
    Suwi ora ketemu kang,,,, Nuwun sepurone seng akeh. Hp amoh kontak Kang Aisy ilang.
    So Piye carane ben iso nduwe nomer Sampean kang? Yen Pean iseh duwe nomerku Nyuwun tulung di miskoll atau sms. hihihih..... Sepurone kok ngongkan ngongkon... Heheheeh...
    Semoga semua amal kang Aisy mendapat balasan Barokah Manfaat Dunia hingga Akhirat Amiinn.....

    BalasHapus
  90. kang saya mau tanya apa bener ic cof iti panas begitu tv hidup. .

    BalasHapus
  91. terima kasih ya master sya sudah menikmatipetunjuknya dan berhasil ....matur nuwun

    BalasHapus
  92. Assalamu'alaikum kang,
    Saya ada kasus sama tv toshiba gambar garis2,
    Setelah saya panasi pakai solder kemudian di tes Alhamdulillah berhasil&gambar normal,
    Tapi 1 atau 2 hari kemudian rusak lagi begitu seterusnya,
    Mohon solusinya kang....!!!???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam
      Kalau mau permanen solusinya ganti baru IC COFnya
      Kalau metode pemanasan dengan solder ini hanya sementara saja efeknya.Terima kasih kunjungannya!

      Hapus
  93. Mas, kalau TV Toshiba 19inch (19HV10E) 1/3nya bergaris tapi kadang muncul kadang engga (biasanya muncul kalau udah lama, biasanya saya matiin sebentar terus nyalain lagi) itu kena apanya ya mas? Panel apa boardnya?

    Terimakasih hehehe

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Aisy tetap terbaik.....salam kenal dari gresik

    BalasHapus
  96. Mas Aisyah yg baik hati,kalau ic cof nya sebelum eksekusi sudah panas, apakah bisa dilanjutkan eksekusi nya.
    Tkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IC COF untuk jenis LCD ini memang panas ketika TV kondisi ON

      Hapus
  97. Selamat pagi mas Aisi, maaf mas saya ada servisa tv led sony 32, tampilan panelnya penuh dengan garis mendatar, suara ga ada masalah, kira kira masalahnya ada dinana ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada di jalur ROW drivernya,bisa putus atau konslet.

      Hapus