Senin, 05 Maret 2012

LCD Monitor LG L1942S mati standby

                             Syukur Alhamdulillah kehadirat Alloh SWT akhirnya bisa selesai juga garapan LCD monitor LG type L1942S chassis LM84K dengan keluhan ketika di ON kan tampil logo LG sebentar lalu standby alias blank hitam,atau bisa juga di sebut terprotek,baik di kasih input ataupun tidak tetep kembali ke posisi standby.Di pencet lagi tombol POWERnya  namun masih tetep juga reaksinya.
gambar 1

                             Kecurigaan saya tujukan pada rangkaian regulatornya ,karena saya berasumsi kalau gambar yang di hasilkan normal/tidak ada tanda-tanda cacat berarti rangkaian selain regulator dan inverter backlight adalah aman-aman saja hehehehe.....semoga saja anggapan saya benar ya! Setelah membuka penutup belakangnya,operasi pun di gelar,pertama cek visual dulu,apakah ada komponen yang terbakar ataupun sekedar gosong sedikit ataukah tidak,ternyata tidak ada yang mencurigakan! berlanjut pengecekan ke semua elko di regulator ataupun di outputnya,juga tidak menemukan elko yang bermasalah,semua baik-baik saja di rangkaian regulator dan outputnya.Akhirnya pemeriksaan di alihkan ke rangkaian inverter backlightnya,di sini ada IC driver inverter yang menggunakan IC DT8211,naaaah.....saya usahakan sedapat mungkin untuk mencari datasheet IC DT8211,untuk mengetahui cara kerja dan tingkah polahnya di rangkaian.
gambar 2

                             Alhamdulillah akhirnya dapat juga datasheetnya! saya pelajari dulu sebentar kemudian saya  praktekan ke rangkaian,berdasar datasheetnya yang berfungsi sebagai pendeteksi keadaan yang tidak normal adalah di pin 10 ( lingkaran merah B pada gambar 2 ) dari aisy DT8211 tersebut,pin ini bernama IFB = Feedback Input for Current Regulation,bila tegangan di pin 10 ini di bawah 0.75V maka rangkaian akan memroteksi diri,setelah saya lakukan pengukuran ternyata terdeteksi tegangan sebesar 0.44V saja,ini menandakan bahwa arus umpan balik dari rangkaian trafo inverter yang masuk ke pin 10 ini masih terlalu lemah,jadi ya pantesan saja bila monitor di ON kan kemudian balik lagi standby.
                             Selain pin 10 ada satu pin lagi yang berfungsi sebagai pemroteksi yaitu pin 9 = PROT ( lingkaran merah A pada gambar 2 ).Bila tegangan di pin ini lebih dari 3V ,system akan masuk mode protek,namun setelah saya lakukan pengukuran tegangan terdeteksi tegangan sebesar 0.40V,jadi ya masih di ambang batas normal tentunya hehehehehe........Setelah mengetahui sumber permasalahan sesungguhnya yaitu lemahnya level arus tegangan yang masuk ke pin 10, maka saya pun berkonsentrasi pada rangkaian sekitar trafo inverter dan lampu backlightnya,entah mengapa saya cenderung tertarik untuk mengetahui tingkah polah dari lampu backlightnya.
                            Akhirnya misi di alihkan untuk membongkar panel LCDnya,setelah terbongkar satu per satu susunan panelnya,barulah persiapan untuk melihat reaksi dari lampu backlightnya,seperti video di bawah inilah reaksinya,check this out!
                             Ya! seperti terlihat dalam videonya,terlihat jelas reaksi dari lampu backlightnya,karena panel LCD ini menggunakan 4 CCFL/lampu backlight yaitu sepasang di panel bagian atas dan sepasang lagi di panel bagian bawah,dalam video menunjukkan yang sepasang bisa menyala full yang sepasang lagi hanya menyala di bagian ujungnya saja,nah lo......hehehehe.....awalnya saya mengira mungkin lampu CCFLnya yang rusak,namun setelah saya tukar posisinya kemudian saya ON kan masih tetep saja hehehehehe.......
                            Pengecekan komponen di sekitar trafo inverter pun tidak membuahkan hasil alias tidak ada komponen yang bermasalah,akhirnya kecurigaan pun tertuju pada trafo inverter itu sendiri,setelah saya lepas dari solderannya,pengukuran resistansinya pun saya lakukan,pengukuran di masing-masing kumparan primernya tidak menunjukkan masalah,pengukuran di kumparan sekunder yang satu menunjukan resistansi sekitar 1K ohm,sedangkan pengukuran di kumparan sekunder yang satu lagi tidak menunjukkan apa-apa...LA DALAAAAAHHHH......konangan opo ora koweeeee........!!!!!
                            Ternyata biang sumber permasalahan sebenarnya ada pada trafo inverternya ( gambar 3 ),misi pun beralih lagi ke pencarian alias kulakan ke toko elektronik terdekat,tapi apesnya tidak ada yang jual sama sekali,keliling ke kota Madiun pun juga nggak membuahkan hasil,alias belum pada punya stock katanya,akhirnya mampir sebentar ke SC LG Madiun juga belum ada stock,ada barang tapi berupa satu modul,itupun harus order dulu sekitar 1 bulan.EEEEE......Allllaaaaaaaahh.....la kok suwi men to?
                                         gambar 3
                            Akhirnya mau nggak mau saya harus berusaha bagaimana supaya LCD ini bisa menyala normal kembali meskipun terhalang ketiadaan spare part aslinya,saya melamun di meja kerja  sambil mengamati format kumparan dari trafo inverter,dalam hati saya "trafo ini bila di amati sebenarnya 2 buah trafo yang di jadikan satu feritnya,jadi kelihatannya cuma satu trafo" hmmmmm......,NAAAAHHHH......aku ada ide! kenapa tidak aku manfaatkan saja trafo inverter yang versi cina itu ya hehehehehe.......akhirnya aku meluncur ke toko elektronik lagi untuk membeli inverter backlight 4 lampu yang versi china,sesampainya di rumah langsung saya bongkar tuh modul,seperti gambar 4 di bawah ini :

gambar 4

Dan akhirnya seperti penampakan pada gambar 5 berikut ini jadinya :
                                         gambar 5
 Setelah itu baru siap untuk di lakukan uji coba untuk memastikan bekerja atau tidak ideku tadi hehehehe....berikut ini hasilnya :
                            Alhamdulillah ya Alloh! it's work ternyata hehehehehe..............HOREEEEEEE.....
setelah di rasa cukup pengetesannya,panel LCD pun di rangkai kembali seperti semula,pengetesan secara penuh pun di lakukan setelah saya tutup kembali chasingnya,telah saya tes lebih dari 24 jam nonstop tidak ada kendala apa-apa,Amin!
                                         gambar 6
                           Dan tak lupa saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kang Sarif ,Kang Mandor dan Kang Ndowie yang telah ikut membantu memberikan uneg-unegnya,sekali lagi terima kasih Kawan!
Hehehehe.....sakjane sing rusak yo mung kuwi yo,tapi ulasannya panjang banget hehehehe.....Yo Wis ora dadi opo,sing penting SUKSES BUAT SAMPEAN SEMUA!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.


270 komentar:

  1. Tambah sip ae arek madiun iki rek
    Sukses gae bengkel servise Kang Sumar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Amin Ya Alloh!
      Matur suwun Kang Hendri!

      Hapus
  2. sip cak aq px kerjaan sama type cm mslhx.lbh mudah layar lcd pecah bs bantu info utk mendapatakn di magetan/madiun sm hargax.
    matur nuwun
    kurniawan-probolinggo
    0335-7683244

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh layar LCD pecah?
      waaah susah iki ketoke golekane,yo ngko sawayah wayah ono info tak kasih tau yo!

      Hapus
  3. slmt kang! wah tambah pengalaman nih seiring kemajuan zaman yg serba modern/canggih smoga sukses slalu servsnya

    BalasHapus
  4. slmt kang! wah tambah pengalaman nih seiring kemajuan zaman yg serba modern/canggih smoga sukses slalu servsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul Kang! jaman sudah semakin canggih,sebagai teknisi elektronika jarene yen ora ngikuti perkembangane teknologi di arani ketinggalan sepur kikikiki............

      Hapus
  5. eee wis ndadani monitor lcd barang ya kang, semoga sukses selalu dan jangan lupa berbagi ilmunya selalu kita nantikan !!!!

    BalasHapus
  6. bg..tolongin sayalah.tv CHANGHONG model 21BM38 suaranya ilang gr2 salah pnct tmbl sleep dirmt waktu mau seting data srvnya.ic memori udah sy gnti tp gak bs jg.bgmana cara mengatasiya ya.makasih ats jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh la kok bisa begitu? wah...wah...wah...kayaknya harus setting OPTIONnya tuh!

      Hapus
  7. sip kang, kreatif, inovatif cerdas
    good job brooooo

    BalasHapus
  8. apik kang postingan ne matur nuwun dadi tambah ilmu

    BalasHapus
  9. Mwantab kang postinge komplit..plit... slmt suksesnya

    BalasHapus
  10. Terima kasih kang aisy sudah mau berbagi ilmu sukses selalu kang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas numpang belajar juga salam kenal semoga tambah sukses untuk kang aisy

      Hapus
  11. Muantab Pakde Bro! monggo dilanjud ...

    BalasHapus
  12. Mbareng aku melu moco ulasanne sampe rampungaku mung melu mlongo Kang Aisy, nah mbareng wis dadi aku melu lego ..mak lees...!ning garapan LCD LG iki wis pirang ndino Kang....wah aku salut prediksi sampean kok yo tepat.terus nggoleke barang kok yo ono, aku durung pernah entuk garapan kaya gini Kang Aisy..lha
    nek neng Jogja opo ono rangkaian backlight..
    ya wis pokoke sukses nggo Kang Aisy salam
    buat keluarga moga sehat semuanya ..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehee.....matur tengkyu silahturohmine Kang! Untuk rangkaian inverter backlight neng toko-toko elektronik wis ono Kang! tapi sing versi cino lo.....la nek lampu backlightke durung ono sing duwe hehehehe.....mungkin order neng Kang Sarif iso hehehehehe........

      Hapus
  13. wiliujeng tepangan kang, ben moco postingane kang aisy soyo suwe tambah canggih wae, maturnuwun dadi tambah ngelmu, sip maju terus kang....Barokallah

    BalasHapus
  14. Wah aku keri dewe no kang..!nek ngono tak melu sinau ben sesok nek ulangan iso biji satus yo kang..? Semoga tambag berkah ilmune lan mundak akeh rejekine Amiiiin.....!!

    BalasHapus
  15. Nderek koment kang,tambah ilmu maning ya,he.he.

    BalasHapus
  16. bagus bosss....bravo tuk kang Aisy... nek tlong bantu kita di kirimkan inverter sing dua lampu ae..bisa ndak kang...hargae brpa plus ongkirnya saya di malang jatim tlpn 081 233 240 600.tulung bener bos....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooooh...Boleh boss! mau berapa biji Boss! per bijinya 45rb bos!

      Hapus
    2. kirim dua buah disik ae aq tranfer ke mana & nek 2 bj plus ongkir berapa alamat ku TJIPTO
      JLN WAHID HASYIM RT 03 RW 03 TALOK (SELATAN PUSKESMAS TALOK) KECAMATAN TUREN MALANG JAWA TIMUR KODE POST 65175.....makasih sebalume mas...semoga lain waktu kita bisa bekerja sama.....(ben gendog e ra nggoling)sing mburi sik akeh mas

      Hapus
  17. Oke Kang Boss! barang sudah siap di kirim,silahkan transfer dulu ke rekening BRI saya dengan:
    no.rek 387501005272531
    Atas nama : Sumaryanto
    sejumlah 115rb (45rb x 2 = 90rb + ongkos kirim 25rb),di tunggu konfirmasinya!

    BalasHapus
  18. Jalan2 kang Aisy, kabar gimana bro?, karo melu sinau yo...he he he

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. BRI unit Karangrejo Cabang Magetan Kang!

      Hapus
    2. sudah tak tranfer boss hari ini tolong di cek......

      Hapus
  20. tolong di cek bozzz..aq dah tranfer hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Kang! sudah masuk! besok enaknya saya kirim via Pos apa JNE Kang Boss!

      Hapus
    2. monggo mawon JNE di kotaku juga ada,terimakasih sebelume atas kerjasamane....pengeran sing bales

      Hapus
    3. Pesanan wis tak kirim Kang Boss! via Pak Pos hehehehe.....iki nomer resine 40075342820.terima kasih!

      Hapus
  21. kang njaluk tolong monitor lcdku merk LG L1753S urip 5detik trus mati 5detik urip neh kiro2 opone yo kang ? suwun .

    BalasHapus
  22. Mastap postingan ne..opo meneh saiki jamane LCd..kudu belajar dong.salam kenal..kang mas..

    BalasHapus
  23. Kang aisy aq njaluk tulung, ada garapan LG Ultraslim 21" mati,cek part:C6090 mati(ganti),183j/2kv soak(ganti),FBT BSC25-N0363(G2 short ground=ganti),out 7809 drop (dah ganti) tapi tetep drop, gak bisa byak (B+ 90-100V,terus turun) cuman bunyi ciit,led nyala redup...apaneneh yo kang?

    BalasHapus
  24. Tolong dibantu ya! sim salabim jd apa..prok3..saya punya masalah dg monitor samsung mas,horizontal melebar,trus cacat pincushion/gambar bengkok.nggak bisa disetting sudah taksoderi semua.tapi dak ada hasil..ic LM324 sdh takganti juga.tetep dak ngaruh..iki oponeee..tolongi Mas.. SAMSUNG type PN17Js makasih sebelum nya..

    BalasHapus
  25. Mas aisy klo q psen ic regltor 090RDA1 / Pnggantinya kra" hrg + ogkirnya brp y mas? mksh sblmnya

    BalasHapus
  26. Oya mas aisy klo bs lwt via sms j ni no.q 085641997127 jarinkan lg lmot bgt

    BalasHapus
  27. assalamualaikum kang! waah yoiki, uwong sing akeh ilmune tapi gak di nggo dewe,malah gelem ngamalno.dadi sing goblog koyo aku iki iso melu ngerti. wah wah salut kang..tak tunggu terus postingmu kang...aku mung iso ndongakno kang, mugo mugo sampean sehat panjang umur akeh rejeki lan BAROKAH.ngono wae kang, onsamsul,smarang

    BalasHapus
  28. Boss... kiriman telah tiba hari ini jam11 .30...tanks...bos kerjasamanya

    BalasHapus
  29. podo wae kang kelap kelip .tapi nek elko sing suply 12 volt tak konsletne disik trus tak uripne gelem urip normal kang ..{ 12v,5v aruse enteng2 ae kang}

    BalasHapus
  30. Gmn mas aisy q bs g kra" psen alatnya,mhon diknfirmasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang aisy mohon peneranganya, saya ada tv toshiba model 29AF6SH dgn gjl raster menyempit horisontal, uda tak ganti IC Vert LA 7833 + Smua elko tetap sama tdk ada perubahan Cek Tegangan Vert= 27 volt, Tengkuy tak tunggu balasannya ????????

      Hapus
  31. kang aisy mohon peneranganya, saya ada tv toshiba model 29AF6SH dgn gjl raster menyempit horisontal, uda tak ganti IC Vert LA 7833 + Smua elko tetap sama tdk ada perubahan Cek Tegangan Vert= 27 volt, Tengkuy tak tunggu balasannya ????????

    BalasHapus
  32. mumet kang udah tak ganti ic kroma + ic vertikalnya & reboisai elko di vertikal gambar tetap menyempit horisontal.
    mohon penerangannya kang.............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang menyempit horizontal (kanan kiri layar menyempit) maka yang di ubeg area horizontalnya,tapi kalau yang menyempit vertikal (atas bawah layar menyempit)maka yang di ubeg area vertikalnya,jangan sampai terbalik menganalisa ya!
      Saya rasa masih ada elco yang ketinggalan belum di periksa terutama elco yang ada di bawah PCB.

      Hapus
    2. trims kang TVnya da normal. biang keroknya coil yoke vertikal yg bawah putus.

      Hapus
  33. malam...
    tv china merk ICHIKO protek mas. semua tegangan normal tapi tidak bisa nyala mas?
    apanya ya mas?
    dan titik proteknya dimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek X-tal dan C yang terhubung di kedua kakinya,apakah bermasalah?

      Hapus
  34. kunjungan sob ..
    mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
    "saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
    kunjungan balik ya sob .. :)

    BalasHapus
  35. mas sy ada tv lcd merk samsung 15' yang membingungkan aku tv kadang2 mati total tp setelah d diamkan berapa hari tv kembali normal/nyala.kira bagian apanya yg perlu di cek mas....trims

    BalasHapus
  36. kang aisy yoke untuk LG Model 29fu6rL brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang aisy series yoke untuk LG Model 29fu6rL brp? soalnya sy ada garapan TV LG pearl black 29FU6RL alihan dari service lain dgn yoke udah di ganti. gejalanya gambar kurang naik atas bawah udah tak setting menu service-nya tapi tetap kurang, yoke-nya series 6150Z9246A, apa mungkin yokenya tdk sesuai, Mohon petunjuknya

      Hapus
    2. waduh saya belum pernah nyatet nomer serine yoke TV tersebut.Tapi di lihat dari nomer serinya sih,memang sudah sesuai tuh,R input IC vertikal agak di turunkan nilai Ohmnya.

      Hapus
    3. trims kang,coba tak test dulu,& kang saya ada lcd sharp model 19A35M-BK dengan gejala protect, led power berkedip, gimana klo sy kirim ke akang aja...soalnya part di daerah saya kurang lengkap

      Hapus
  37. okelah klo gituu. alamat akang dimana...ntar tak kirim via exspedisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kirim ke sini :
      Sumaryanto
      Aisy Electronic
      Ds.Patihan Rt01 RW05 no.333
      Kec.Karangrejo,Magetan,Jatim 63395

      Hapus
  38. ekspedisinya via apa kang

    BalasHapus
  39. Assalamu,alykm kang. Minta bagi ilmunya, sy punya garapan tv lg ultra slim 21fu4rd. Masalah nya adalah, Tv balik stanby terus, klo di pencet tmbl prog, tv lngsung idup tapi g smpai 3 dtik lngsng stnby,penct lg idp lg stnby lagi, tv ini pake ic singel EAN60681601 LV76211 3c. Ic vert.78141. Bgian mana yng hrs tak tlateni. Mhon bntuane kang, bngkl anyaran iki. Abdoel. jambi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka dulu pin 29:ABN/Abnormal
      Apakah masih protek? kalau sudah nggak protek lagi silahkan periksa semua tegangan yang sekiranya bermasalah,terutama tegangan B+nya.

      Hapus
    2. udah tak buka pin 29/abn tapi masih tetp protec kang!. Pas idup skejap tak tes teg b+115, trus di fbt 180 ada 190v,ht.4v. Teg utk vert.29. Normal g itu kang.

      Hapus
  40. Makasih bnyak mas dah mau berbagi ilmu.
    O iya mas, saya perlu ic vertikal TDA8357J
    kalo mas aisy punya, brapa harganya ? Ongkir via pos (pake amplop) sampe di masohi-maluku tengah ?
    Soalna di sini ga ada yg jual. Tq

    BalasHapus
  41. mas lo boleh minta no hp mas aisy. Ni no hp q 085224030002

    BalasHapus
  42. kunjungan sob ..
    mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
    "saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
    kunjungan balik ya sob .. :)

    BalasHapus
  43. Kang Sumar
    sampean duwe skema toshiba 1413xn, tv iki ic chromane gawe TA8659N, mbok menawa ana, tulung kang

    BalasHapus
  44. mas aisy sy lg coba benerin tv china merk diva 21" yg kerusakan nya adalah bila di onkan tegangan drop semua.sy lepas B+ nya tgan normal tr horisontal bagus, apa flybacknya ya mas..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silahkan di ganti FBTnya dulu,yoke juga di periksa apakah terbakar.

      Hapus
  45. ms aisy , membeli inverter backlight 4 lampu yang versi china , itu dimana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditoko-toko elektronic di madiun dan magetan sudah ada kok Kang!

      Hapus
  46. Bos komet kemarin dapet servisan lcd merek cina yang regangan stanbynya 5volt hilang ternyata pada bagian acmatiknya bermasalah terutama pada driver q lupa bos nomerserinya ic driver ,sejenis STR carinya komet daerah cilacap tak ubek2 ga ada stok ke purwokerto sama bos solusi terakhir pake rangkaian gacun . tegangan trafo ac matik yang umpan ke driver inventer tak copot untuk menghindari lonjakan tegangan gacun pun tak pasang ukur tegangan stanby 5volt nya terukur 12 volt yang paling kecil pengukuran sambil muter muter trimpot pa ada solusinya bos nurunin tegangan 5voltnya kalo pake ic 7805 pa tegangan umpan untuk driver inveter ga melonjak bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh seumur-umur belum pernah aku yang namanya pakai gacun hehehehe......

      Hapus
  47. Sukses selslu ksng Aisy!!! Mohon bantuannya kang, no STR tv PANASONIC TC21GX21J. STR aslinya nya udah pecah dan gak tau lg no nya. Di skemanya no part strnya (ic801) C5HABZZ00169??? mohon bantuannya sangat!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya memang sudah saya tes menggunakan str w6754,start hanya kurang lbh 1 detik langsung jebol. Setelah saya bandingkan rangkaian power supply panasonic ini (TC21GX21J) dg panasonic lainnya yg menggunakan str w6754,baik dr skema maupun dr mainboardnya, memang agak berbeda.ada beberapa restan dan capasitor yg berbeda jauh nilainya! mohon pencerahan selanjutnya!!!

      Hapus
  48. asalamu`alaikum pak Aisy...
    Q ri pacitan pak, mnta solusi bwt bntu msalah internal TV... saya dapat keluhan TV POLYTRON FLAT dengan kerusakan gambar ngeZOOM alias melebar dan samping melengkung..
    dari pengecekan awal, untuk teg. B+ naik, tpi stelah Q trunkan tmplan menyempit tapi ttp sja melengkung kanan kiri...
    saat lyar tmpilan glap layar sedikit sempit, tapi saat putih atau crah mel;ebar kmbali...
    untuk kapasitor2 horsntal msih dlm keadaan baik2 sja....
    mohon bantuanya pak, trima ksih...
    smga sllu dbrkahi dn ttp dlm lindungan-NYA..spya msih bsa posting sllu...
    trima ksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa rangkaian EW di horizontalnya dan cek komponen-komponen di rangkaian ABLnya Kang!

      Hapus
    2. terima kasih bantuanya...
      terimakasih sangt....

      Hapus
  49. KANG NJALUK SKEMA TV TOSHIBA DRAMATIC V IC TB1231 CN . iki oleh tv kok komponen enek sing ilang SUWUN SANGET .??

    BalasHapus
  50. Mentep kang Aisy informasinya.... saya tunggu postingan terbarunya..... SUKSES BUAT KANG AISY.....!!!!

    BalasHapus
  51. kang aisy, tv sharp 21SD353E mati protek, pin 81(protek) udah tak lumpuhkan tetap aja protek, kalo pin 82(AC DET} yg tak lumpuhkan tv nyala tapi polos tanpa raster, sceen bisa di adjust. apanya ya kang apa ic IXC844 nya yang rusak kang. tolong wasiatnya kang suwon sak derenge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk IC jenis ini,pin protek ada 3 pin,masing-masing di pin pin 81 sebagai protek pertama,kemudian pin 82 sebagai AC detector dan pin 83 sebagai pin protek dari IC vertikal,silahkan di cek di masing-masing diode sensornya.

      Hapus
    2. sudah semua kang. apa klo kita lepas jumper penghubung titik protek ic, tv masih protek. klo seri lain kita lepas titik proteknya tv langsung nyala. tpi yg ini lain tetap protek kan

      Hapus
    3. hmmmmm.....seharusnya sih memang langsung lumpuh tu proteknya,tapi coba cek apakah tegangan 3.3V nya ngedrop apa enggak? kalau nggak drop coba cek zener 27V di rangkaian X-ray protectionnya.

      Hapus
  52. Mlm kang. Tv cina bomba d scan auto/manual ga mau nyimpen chenel dan audio jg mati. Pdhal aisy sound msh bgs n teganganya jg normal. Kra2 apanya ya kang? Dan 1 lg Mu nanya xtal tv china bomba nilainya brapa itu kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek trafo MF(coil IF) nya Kang!
      Pada saat auto search/manual search,raster kepyurnya nongol atau cuma gelap saja Kang?
      X-tal tv china memakai ukuran 32.768Khz atau 32Mhz

      Hapus
    2. trafo mf udah diganti tapi tetep z kang. raster kepyur nonggol kang chenel juga ada tp auto/manual/fine seach ga mau berhenti.mumet kang...

      Hapus
  53. lam knal,mo mnta tlng mas?sy pnya problm tv polytron PS30UV26B,gejala ada loncatan api di soket CRT dari G2 ke GND.pengaruh ke gambar keluar garis blanking n bunyi tek.tek.tek.sblumnya mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di coba ganti soket CRTnya belum Kang?

      Hapus
    2. sudah.ampe 2mcm yg rapat n gede.tetep aja keluar loncatanya,FBT tak ganti msh we. komponen yg mncurigakan d babat,tegangan normal.tlng-tlng

      Hapus
    3. Di strum pakai tegangan anoda sudah apa belum?

      Hapus
    4. belum mas,aga ngeri juga ya maklum faktor"u".mo ta cobain mlm ni.salam hangat slalu mksh

      Hapus
    5. lanjutan mas.infonya kurang lengkap.kondisi pemakaian biasa gambar ga da maslh.tapi klo BRIGHTnya di gedein baru deh keluar tu loncatanya n gmbr kluar blanking smbil bunyi dri loncatanya,begitu juga klo screen digedein,loncatanya mkin ganas.mo di strum teh jdi ragu,karna gmbar normal.mhon bantuanya mas

      Hapus
    6. wooooo....kalau rangkaian ABL ama AFC sudah di ubeg-ubeg belum?

      Hapus
    7. ABL kmponn normal semua,AFC yng blm ngerti,program pke HBT01-01G,pin berapa mas?

      Hapus
  54. siang kang, tv digitec 14" gambar dan suara normal. tapi bila pindah cenel tv selalu mati stanbay kang. tolong kang solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmmm.....coba OPTION nya di periksa Kang!

      Hapus
  55. salamlikum bang aisy numpang tanya,klo tv LG perlblack 29fu3rl B+ normalnya berapa ya?,soale tv ku tr horizontalout nya jebol terus nih..mohon pencerahan bang aisy... makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. normalnya 130V Kang! periksa capasitor dan diode di area horizontalnya kang!

      Hapus
  56. Mas aisy tulung tv LCD SAMSUNG gak mau start kur metu tulisan SAMSUNG trus mati gitu terus. gara garane tak tak reset nang factory. Piye carane cleared memory SAMSUNG. Suwun yo kang salam soko Ponorogo.

    BalasHapus
  57. Semoga artikelnya tambah banyak sehingga dapat bermanfaat bagi kita sesama...

    BalasHapus
  58. Assalammu'alaikum...Kang Aisy
    pripun kabare sehat to....mau ikut curhat Kang
    ...saya punya pasien bikin puyeng ..TV Toshiba 29" semi flat Model 29 A 3DE kasusnya indicator nyala,Power supply normal,tegangan 5 vol ke IC program ada,8Vol ada.
    IC prog: 29A 3 ECM/ERA
    87CM38N-3 KP6
    Memo: 24c08
    tapi ora gelem nyemprot horizontalnya ,program gak ada tanda2 hidup.
    kiro2 apane yo Kang Aisy ..! tak tunggu balasane ,...!
    wassalam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. H.Vcc sudah keduman strum belum ya?

      Hapus
    2. H.vcc wis nyambung 127 V,TR H final juga sudah diganti baru,tapi tetep belum mau hidup...nek IC oscilator Horizntal/Vertikal pake TB 1251.tapi belum tak ganti.punya spesifikasi ne Kang Aisy? kalau ada tolong Kang mbok aku di tulungi.
      kalau tegangan 8v, 5v dan 33v ini dari power supply,yang dari play back vertikal out,tuner,audio power
      tulungi aku yo Kang Aisy selak puyeng...!

      Hapus
    3. Maksudku H.Vcc neng pin 31 IC TB1251CN ne iku lo Kang! wis oleh jatah setrum 9V durung?
      Datasheete TB1251CN sedot neng kene Kang!

      Hapus
    4. maturnuwun banget yo Kang Aisy spesifikasi ne TB 1251 ..sik mbales sing Kuoso moga tetap sukses....!
      ning yo durung urip tv ne setrume ki wis nyampe neng K31 9v..tapi ya durung detile banget Kang ...!sesuk wae tak kabari maning...salam buat keluarga!

      Hapus
  59. askum.kang aisy tv sharp 21" tipe 51R200 klo seting RGB sesudah masuk ke SERVICE MODE diarahkan ke posisi apa?makasih

    BalasHapus
  60. salm kenal mas nama sy riqo dr bulukumba sulsel..sy punya sevisan tv panasonic 21" mdel tc2119r tombol volume & lainnya ngg brfungsi sm skli tru klu di nyalain trdpat gambar "volume 0......" kra panya ya mas??tlong penjelasannya mas...makasih sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ganti dulu semua tombol-tombolnya!

      Hapus
  61. kang sumar arep ngrepoti iki aku oleh tv polytron diva gambare keduwuren diikuti menu servise mbusuk neng nduwur ... la carane ben iso mrorot piye yo kang .matur suwun kang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau eepromnya di ganti yang kosongan mau normal apa nggak ya?

      Hapus
  62. Salam kenal Bp. Aisy...saya Didik, pengunjung setia blog aisy ini. saya mau tanya untuk kerusakan TV: dihidupkan layar +_ 3detik keluar warna hijau dulu. kalau udah dilayar normal ada gambar dan ada suara. yang jadi masalah kalau diganti chanel, masa jeda pendah chanel bukan BLANK Hitam tapi Blak hijau disertai garis2 horisontal. Mohon petunjuk Solusinya. N kalau Boleh saya minta no Telp Bp. Aisy.terima kasih. Email saya: didiksriyono@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba soket CRT di ganti dulu mau sembuh apa nggak?

      Hapus
  63. podo wae kang .tapi tak akali wis iso rodok mlorot la iki masalahe meneh kang menuservis wis mlorot tombol panel gak respon .pakai remot v+- p+- nek di tekan cuma layar yg berkedip (tampilan volume di layar muncul) . Arus yg ke mikom HBT00-02G v nya normal suwun kang . . . .direspon requesku . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen OSDne wis gelem mlorot,saiki kabeh data service di padakne karo asline disik Kang! mulai data sing neng 1013,1014,1206,1207,ketoke kok ono sing berubah! yen sekirane ora ono sing masalah datane,baru mencurigai ono komponen sing bermasalah.

      Hapus
  64. neng kene kang mumetku kang :1*arep rubah OPTION dari angka 0 ke 1 gak bisa (layar hanya ber kedip).2*utk rubah sermod yg lain bisa tapi cuma tambah 1 level ( harus pindah adjus yg lain ,balik ke sermod yg tadi baru mau nambah itupun cuma 1 level )3*tv di hidupkan langsung di AV .4*nambah vulume tv nggak mau muncul di layar >>suwun yo kang .lemah teles godong talo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk merubah angka OPTION dari 0 ke 1 menggunakan tombol ANASEL.
      Waaahh....waaahhh...waaahhh....ngeyel juga yo,coba saiki langsung di RESET wae gelem mari opo ora? pakai kode 3101

      Hapus
  65. wis kang karek siji ndil gambare di auto/manual kok gak enek sing nyantol2 ,kiro2 neng ndi yo ?? kang arus wis mlebu neng tuner wis pas >>>>>(arep nyabrang wis kadong klebos ) sisan gae neh ngrepoti kang sumar suwun sanget kang >....

    BalasHapus
  66. Assalammu'alaikum...Kang Aisy
    mohon pencerahan nya kang..
    saya pnya pasien sharp alexander pro tipe 21pxf200 matot/ led indikator gk nyala, str udh tak gnti, tp msh blum jg...
    kira-kira ap ya kang?
    mohon pencerahannya ya kang, maklum pemula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih di regulatornya yang bermasalah Kang!

      Hapus
    2. teg. b+ nya udh kluar kang tapi skitar se-detik lgs ngdrop...
      teg. 22v ad kang...

      Hapus
    3. woooo....B+ sudah ada to,silahkan cek TR horizontal,IC vertical dan FBTnya.

      Hapus
    4. oke kang makasih pencerahannya, kita cek dulu.....

      Hapus
  67. sugeng dalu kang, kulo enten tv plytron type PS 52UV73B. rusak'e cacat gambar atas dan bawah melebar(tulisan stasiun tvnta ketok 1/2) ,ndamel ic HBT 01-05G(SMD),teg B+ 125V, lintune normal,kinten-kinten seng kedah diwaspadai daerah pundhi.Teg B+125 sakjane 115v nopo enten pengarue kang. ngonten mawon kang sambatan kulo sak derenge matur nembah nuwon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang perlu di waspadai area verticalnya Kang! mbok menowo wonten solderan ingkang retak alus,nopo elko ingkang kering/kembung juga bisa.
      Tapi coba dulu masuk service mode lalu atur V.AMPnya.

      Hapus
    2. sorry kan salah infoku, kamsodku dambarnya melengkug )( horisontal jadi ujung atas dan bawah ketarik secara horisontal opo iki jenenge sasat bantal yo?

      Hapus
    3. wooooooooo.......nek gambare koyo ngono kui sing di uleg-uleg yo area horizontal lan EWnya.
      Cek transistor D313nya,terus ono mylar 360nf/250V,terus ono elko 2,2uf/250V mbok menowo ono salah siji sing gemblung.

      Hapus
    4. oh...iyo!
      masuk service mode disik di seting EWne reaksi opo ora? yen ora reaksi berarti yo komponen-komponen mau ono sing gemblung.

      Hapus
    5. iyo kang setting AWne gak onok reaksine trus C kabeh ok kari kompones siji DMV1500SD emboh opo iki oraono bentuke koyok tr fett.kiro2 iki jenis opo kang

      Hapus
    6. woooo....part kuwi jenis diode Kang!
      pancen wujudte koyo TR FET,tapi regane ampun Kang,neng Madiun rego Rp35rb per bijine,yo kuwi pancen nggo EW Kang!

      Hapus
  68. assalamu'alaikum, kang aisy hebat buangt,boleh berguru kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dan terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  69. Asslamu'alaikum.. salam kenal kang aisy.. saya Andre diSBY,saya mau tanya kang... ini saya lg perbaiki tv AKIRA, suaranya itu klo level 1 sampai 9 belum bisa bersuara, setelah level 10 baru bisa bunyi seperti level 1 klo tv normal...
    la setelah ditambah agak keras suara jadi pecah...
    ini IC audionya memakai LA2485, awalnya saya kira ICnya yg rusak,
    setelah saya ganti masih tetep saja...
    mohon bimbinganya kang aisy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa ada elko yang bermasalah di area audionya Kang!

      Hapus
  70. elko 1000mF/35v dan 470mF/25v fisik baik, saya cek dengan kapasitor meter jg msh baik.. apa kapasitor yg kecil-kecil jg perlu dicek kang? o ya IC LA2485 ini cm 1 biji untuk angkat 2buah speaker... ada 10 kaki.. smpean punya data tegangan tiap kaki-kakinya kang? mhon bantuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya IC audionya type LA4285 Kang! bukan LA2485,sudah di coba ganti IC tersebut Kang? berikut ini skemanya Kang!

      Hapus
  71. iya kang aisy..LA4285...maf aq yg salah ketik..
    makasih banyak kang... ni mau aq cek lagi teganganya berdasarkan datasheet dr smpean... makasih kang...smga keberkahan slalu dilimpahkan kpd smpean skeluarga..aamiin.

    BalasHapus
  72. kang aisy, kmaren stelah aq cek normal semua, trus aq cek pake ampli eksternal ternyata hasilnya tetap saja, berarti bag. audio ampli gpp...
    kira-kira bag. mana ya kang...
    o ya... awalny it tv standby, stelah aq lakukan penggantian elko yg bocor dan solder ulang tv mau nyala, tp gak mau nyimpan channel,,stelah aq ganti trafo if tv mau nagkap channel... skarang gambar ok, tp suaranya masih sember.... mhon bimbinganya kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sik sik sik.......iki tv ne nganggo IC opo wae yo?

      Hapus
  73. met siang kang,minta bantuannya.... Tv merk W-com gejalanya mati Stanby. tegangan normal tapi ko ga bisa nyala.... elco udah di ganti semua, kira-kira apanya kang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegangan 24 belum nyampai ke IC vertikal juga bisa menyebabkan tv jadi standby lo,coba periksa ic switch tegangan vertikalnya Kang!

      Hapus
    2. ma'af kang,,,, maksud ic switch itu yang mana, hehehehehe maklum masih belajar,,,,dan pengen seperti kang aisy (pengenny sih...)

      Hapus
    3. Eh......salaaaah ya! hehehehe.....!
      maksudnya transistor switch,itu lo setelah jalur 24V yang menuju Vcc vertikal sebelum masuk ke Vcc nya musti di kontrol dulu ama TR B772,naaaah...kalau transistor ini bermasalah juga bisa menyebabkan tv jadi standby saja.

      Hapus
  74. salam kenal dari surabaya,kang saya punys tv akari flat axis mau nyala normal tp 5 meit gelombang hilang berubah jadi warna biru ja ,udah ganti tuner n ic atmel tetep.mohon pecerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Surabaya,terima kasih sudi berkunjung ke blog ini,mohon maaf sebelumnya bisa di infokan IC-IC apa saja yang di pakai tv AKARIne sampean Kang?

      Hapus
  75. siang kang....
    masalah tv toshiba yang dulu belum terselesaikan. sekarang udah nyala tp nyalanya polos biru kang, tdk ada rester/kepyur'nya, dan semua tombol di pijit ga ada yang jalan, mohon solusinya kang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV Toshiba yang mana ya? lagi o'ot nih aku hehehe.....maklum lagi banyak urusan (sok sibuk hehehehe...)
      type berapa ? pakai IC apa saja?

      Hapus
    2. toshiba Guarantee 28" jadul kang, menggunakan IC Ta8659 sama IC M50436-688sp.

      Hapus
  76. Sore kang maunanya nih klo monitor lg w1953se matot, bagian apa aja yg harus diganti trus klo spare partnya nggak ada kira2 persamaanya ada nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya sih bagian regulatornya yang bermasalah.

      Hapus
  77. assalamu`alaikum omh Aisy....
    met puasa romadhon..
    nnuwun sewu omh mau tanya TV polytron, trobel gk bisa on, led dpan hidup trus...
    awl Q cek reg col teg drop mua, mgkin karena stnby, Q coba tuk menaikan paksa teg dgn opon R517(10k), akhirnya teg normal mua...
    pngecekan jg Q lkukan di TP teg pd ic 701, ic 301, semua normal, termasuk protec dri vertikal juga nrmal2 sj, horsntal berkrja tpi tmpilan gelap, skreen naik cma kluar garis putih...
    kerusakan dibagian pa ya omh, untuk IC 701 prnah Q gnti tpi sma saja...
    terima kasih sebelumnya atas bntuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV Polytron jenis apa ya? pakai IC apa saja?

      Hapus
    2. politron jadul, IC program HBM 00 11MV 10, IC croma STV2286H, vertikal TDA 8174, terima kasih bantuanya...

      Hapus
  78. kang aisy dan para master lain, minto tolong nih, tv Goldstar 21" gambar bergaris2 vertikal( seperti ada pemisahan warna) dan lebih jelas lagi kalau tv dalam posisi AV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba solder ulang aja dulu,apakah mau normal?

      Hapus
  79. mas aisy tolong nih sy ada tv china waktu diprogram tak ada satupun program yg tersimpan..trim

    BalasHapus
  80. tv china merk w-com ic tunggal 88xxxxcpng< agak lupa nomornya> tp sy perhatikan gak ada coil MF nya mas? cuma pas waktu di search program tegangan vt kosong mas aturan 0-33 volt kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu ada petunjuknya! tegangan VT 33V hilang,coba telusuri jalur VT tersebut kemungkinan ada R yang putus atau ceramic yang short,untuk Rnya cek R yang terhubung dengan bagian B+nya.

      Hapus
  81. Kang Njalok Tulung Service Kode Tv Samsung Model CB3339Z ic prog SZM139M3, chroma M52309SP. Matur Nuun

    BalasHapus
    Balasan
    1. wes tak coba P.STD,HELP,SLEEP,dan POWER tapi ora mempan kang. matur nuhun

      Hapus
    2. Klo via manual Bisa Gak Kang

      Hapus
  82. met pagi kang.. saya mau tanya ada tv digitec jadul sinkron jelek gamabar di menu tv ga mau diem jalan jalan terus tapi di menu av normal saya coba cek trafo if nya yang 3 deket tuner ga pada jalan apa mungkin if nya ngaco kang?

    BalasHapus
  83. ms sy py lcd samsung lo di hidupan putih lalu mati trus begtu tiap kali dinyalakan,smua elko dah sy gnt apakah kemungkinan inventernya yag rusak,dan lo pgn bli gmn

    BalasHapus
  84. mas aisy sy lg coba benerin tv konka 21"..yg rusak bagian regulatornya tr P7NB60 rusak, dengan gejala tiba2 setiap 3 menit mati total.terus sy ganti baru tp masalahnya tr yg sy beli itu dengan kode P7n60 sedangkan tr aslinya kan P7NB60? sy pasang tr yg baru tsbt tv nyala cuma bertahan 5 menit terus mati total dengan fuse putus...

    BalasHapus
  85. kang mohon petunjuknya tv china ic prog lc 863532 chroma LA 76810 dgn gejala kalo RF tdk berwarna sedang klo AVnya Oke/Berwarna. trims

    BalasHapus
  86. apa ada stok mas ic LV76211 3c, 5aL5, harga piro mas? Nuwun

    BalasHapus