Sabtu, 12 September 2009

Service Mode Tv LG Ultra Slim


                Kemarin lusa ada tetangga yang baru beli tv,merknya LG ultra slim,setelah tv di atur di rak tv,tv pun siap beraksi,inrayen istilahnya,mak byarr kami pun bersama-sama nonton sinetron kesayangan yang punya tv,setelah beberapa saat yang punya tv nyeletuk''Kok warnanya kurang natural yo! Kang Sumar settingen maneh''katanya.
                Saya pun dengan PD nya langsung menuju ke depan sambil pasang kuda-kuda siap mengeluarkan jurus masuk service mode,metode pertama saya pencet tombol MENU di remot di tahan lalu pencet MENU di tv dan tahan bersama-sama beberapa saat,tapi kok nggak nongol-nongol tu service menu(sambil garuk-garuk kepala),kemudian saya pakai jurus kedua,pencet OK di remot di tahan dan pencet OK di tv dan tahan bersama-sama beberapa saat,tapi kok yo nggak muncul-muncul tu service menu hehehehe...jadi malu sendiri aku hehehe...
                Akhirnya pakai jurus terakhir yaitu tanya dengan rekan-rekan di blog,yang pertama tanya ke Kang Mandor yang menyarankan untuk membongkar remot,barangkali tombol service mode ada di dalamnya,tapi yang punya tv nggak mengijinkan,ya udah akhirnya tanya ke Kang Zaenal yang kebetulan juga mendapatkan tv yang sama,tapi dia sendiri juga pusing belum menemukan caranya hahaha sama Kang!,akhirnya kasus ini saya lepas ke forume Kang Ndowie,selang beberapa jam P.Dede Digital Mas ngasih solusi,setelah saya coba juga belum bisa.
                Setelah beberapa hari puyeng bersama-sama di forum,akhirnya Kang Ndowiemendapat petunjuk-NYA,dan ketemu sudah caranya yaitu=PENCET MENU DI REMOT 2 X LALU TAHAN DAN PENCET MENU DI TV" Seketika data-data service menu pun muncul,wiiuuuuh akhirnya dengan berpikir bersama-sama segala masalah akan terasa lebih mudah,terima kasih Kang Mandor,P.Dede Digital Mas,Kang Zaenal

79 komentar:

  1. Jo kwatir Kang! Sampean sing nujupne yo? kang Zaenal sing ngamini hahaha....

    BalasHapus
  2. oke bos? sip habis bro tambah maneh ki servis menune

    BalasHapus
  3. kang perlu bantun ni,LG slim tr horisontalnya jebol terus,setiap tombol power di pencet tr hor lansung jebol,perlu bantuan buat kang2 yang mapir wabil kusus kang aisy yang punya rumah,flaybak uda di ganti ori,yoke di cabut tetep mawon,tegangan All baik2semua,maksi sak derenge...

    BalasHapus
  4. Kalo Tr horizontal jebol terus,bisa disebabkan karena B+ yang terlalu besar tegangane,bisa juga ada kerusakan di rangkaian horizontalnya,bisa R,C,D. Coba anda ganti semua C yang terhubung dengan kolektor TR horizontalnya,biasanya itu yang jadi biang keroknya.

    BalasHapus
  5. Biarpun tv lama,penting pesenq jo nganti 'tipisui' yo kang mar..

    BalasHapus
  6. Wakakakaka....betul betul betul! Thumbs up!

    BalasHapus
  7. bos sy mau taya nik dirmah sys pya servisa tv LG super slim; rusakya stndby truss. sitap sy pnct progm, lmpu stby mti, tpi stanby lagi. gmna craya ya bos.

    BalasHapus
  8. TV LG 21FS2RK gambar melengkung ke dalam dan melipat di tengah ada suara berderik di defleksi,tegangan B+ normal semua elco regulator dah dicek ic vertikal normal begitu juga ic tda 8145 beres! padahal aku curiga di ic pin amp ini,semua trimpot beres begitu juga pendukungnya apa yaah dioda dan kapasitor hv di defleksi dah diganti defleksi saya buka dan ukur normal .pusing deh! jangan jangan epromnya yah ???

    BalasHapus
  9. udah coba obrak-abrik data service modenya belum tuh?

    BalasHapus
  10. TV LG 21FS2RK,gambar melengkung dan melipat di tengh (bukan penyakit vertikal)IC TDA8145 dah di ganti dan pendukungnya FBT juga baru dioada damper dan kapasitor HV dah baru termasuk DEFLEKSI,elco regel dah semua tegangan B+ normal tinggal epromnya saya buka menunya karena layarnya kaya gitu yaa dibaca suliit,terus standar angkanya gimana?ada schemmatics untuk tv ini ? solusi terbaik apanya ? carrera brebes, terimakasih Pak Aisy.

    BalasHapus
  11. coba ganti dulu aisy eeepromnya,gimana reaksinya?

    BalasHapus
  12. bapak2 saya mohon petunjuk, begini..saya punya tv lg flatron yang tidak keluar suaranya, rangkaian audio sudah saya cek kondisinya bagus bisa kerja, jalur mute dari ic program juga saya lepas, tetapi suara tetap tidak keluar, mohon bantuan solusinya, terima kasih banyak sebelumnya...

    BalasHapus
  13. lg 21 g mau start,suply 12 v pk kia78r12..mkasih boss

    BalasHapus
  14. cara membuka mode servis tv lg 29fu3rl

    BalasHapus
  15. TV LG saya gambarnya tampak suram ataw redup sebagai info sudah saya ganti Elco dan R nya di RGB circuit mohon solusinya

    BalasHapus
  16. sub contrast di settingan service menunya sudah di cek belum?

    BalasHapus
  17. Sudah lewat menu maupun setting Screen G2 tetap tidak bisa

    BalasHapus
  18. Bukan dari MENUnya tapi di service MENU/MODE.

    BalasHapus
  19. sudah pak tapi tetap tidak bisa

    BalasHapus
  20. coba cek semua komponen di jalur ABLnya,TV LG nya type dan chassis nomer berapa to?

    BalasHapus
  21. Bos,mau nanya,,,!saya ada tv LG super slim 21,gambar normal,tapi suara sama sekali tidak ada,kayak speker putus,tpi spekernya masih bagus banget. saya sentuh2 input audio tvnya sama sekali tidak ada input yang masuk.IC suara masih bagus.mohon bantuanya.terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  22. ya coba aja di ubeg dulu settingan data di service modenya,kalau nggak ada apa-apa,coba TR MUTEnya di lepas apakah bisa keluar tuh suara?

    BalasHapus
  23. Mas Aisy. saya punya pasien TV LG 21FU3RL dengan gejala kerusakan: layar mengecil vertikal, melengkung pada horizontal. suara tidak ada, gambar ada. Langkah perbaikan yang telah dilakukan dengan men-setting menu mode service, ternyata berhasil. Tapi setelah tv di matikan (power Off) bukan standby. Ternyata gejala kerusakannya muncul lagi....kayaknya settingan tidak termemory. IC eeprom 24LC16B sudah diganti tapi tetap tidak termemori. Tolong ada solusi terimakasih.

    BalasHapus
  24. tlng bang dpt tv lg pearlblack21'' tipe21FU3RL kerusakan matot dan ada bunyi tik..tik.tik.,ternyata TR H D2689 koslet dan lilitan yg pararel dng dioda putus(terbakar),setelah ganti TR H dan lilitan dng lilitan tipe yg lain sehingga TR Hx cepat panas.apakah lilitannya bisa yg lain dan apakah ada kemungkinan plybackx rusak?tolong bang pencerahanx.makasih

    BalasHapus
  25. Nomer chassisnya berapa ya tv nya?

    BalasHapus
  26. bos tolong data service mode tvLG ultra slim

    BalasHapus
  27. mas aisy, baru beli tv lg flat 29 fu6rl, gambar kurang tajam, apanya yang harus diatur dari service menu?

    BalasHapus
  28. ijin nimbrung nih ms aisy,..
    klw saya skrg lagi punya grapan LG slim 21FU3LR dg kluhan gmbar mlengkung layar gak full,dn ic TDA8145 nya panas bngen,,tak coba ganti tpi ttep cuma mendingan dikit,tpi mlengkung ttep ada,,di sermod data EW gk ngaruh,,,mhon solusinya dong kang mas aisy,,?,,lms knal,ijin nimbrung nih ms aisy,..
    klw saya skrg lagi punya grapan LG slim 21FU3LR dg kluhan gmbar mlengkung layar gak full,dn ic TDA8145 nya panas bngen,,tak coba ganti tpi ttep cuma mendingan dikit,tpi mlengkung ttep ada,,di sermod data EW gk ngaruh,,,mhon solusinya dong kang mas aisy,,?,,lms knal aza,

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. kang aisy:masalahku sama seperti kang karnaen. niatny mo ganti ic tda 8345

    BalasHapus
  31. sebelumnya salam kenal buat semuanya,khususny kang aisy

    BalasHapus
  32. kalau EW nggak bisa di setting kemungkinan ada komponen EW yang bermasalah,coba periksa R,C,dan D di rangkaian EWnya.

    BalasHapus
  33. mas, sya mau tnya gimana cra btulin PAL SECAM BY SECAM spya bisa kmbali ke 225 TV nya LG ultra slim

    BalasHapus
  34. Hallo semua ... SAYA PUNYA TV LG Ultra SLIM 21FU4RD,, suaranya hilang; saya sudah masuk ke settingan klo lagi di set ada suaran tp klo sudah distored/dimatikan pas dinyalain ngga ada lagi suaranya. gmana ya?

    BalasHapus
  35. hai sobat sepropesi
    saya punya tv sony 29 inch gamba melengkung bagian horizontal,ada yang bisa kasih solusai.
    trim.amrisf99@gmail.com

    BalasHapus
  36. bang aisy..lam kenal..aku ad prblem..TV LG 21 ultraslim protec terus..start - standby lg..mhn pencerahannya...lg belajar...trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pin DEG/ABN sampean buka solderannya,apakah masih protek?

      Hapus
    2. masih protec BAng..teg gak stbil..75-125 goyang..

      Hapus
    3. TV LG Slim pakai chassis apa to ini nomernya?

      Hapus
    4. modelnya 21FU1RL-TS + 21FU1RL-T3..sama problemnya...maturnuwun..

      Hapus
  37. ikutan nimbrung bang ...aq punya masalah juga dgn TV LG FU6RL 21" protek klw di psang yke TR hor panas teg B+ 115 col 115 this oke c seputaran PS vertikal, horizontal sdh tak babat hbs ...r 47k udah tak ganti....teg 10.5 v untuk ic normal...9v, 5v. normal...sais no..CW-81BFU6TL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila kasusnya seperti itu komponen yang perlu di curigai adalah C401,C402,C417,C414,C406,D406,dan D407,bila perlu FBT juga perlu di waspadai,baru terakhir nanti Yoke nya.

      Hapus
  38. mat mlm mas,sya mo tanya nih.sya punya tv lg ultra slim dgn NO Ic LA 76211,cma gmbrx selendang batik.tp klo ic tsb sya panaskan dgn cra menyolder di bbrpa kaki pinx dia mau normal gmbrx.stlh sya matikan dan sya hdupkan lg gmbrx kembali spt awal yaitu selendang batiktrus sya solder lg Ic x mau normal lg begtu sterusx.kira2 dmana mslhx mas,apakah Ic x perlu diganti? mksh sblmx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kemungkinan memang ICnya yang bermasalah.

      Hapus
  39. alhamdullillah udah selesai tvnya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas sarannya.....memang teliti dalam bekerja adalah mutlak.....

      oh ya bang ...2sc6090 nya saya ganti dgn J6810...mantap

      Hapus
  40. salam kenal bang...aku punya lg casis cw 81A..protec..B+ ada,180 v ada..colector ok..nah 24V sm heater drop..apa FBT nya rusak?matur nuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silahkan di ganti FBTnya dulu,tapi kalau nggak mau keluar duit ya silahkan di manfaatkan kabel dan ferit FBTnya untuk membuat tegangan 24V dan heaternya.

      Hapus
  41. numpang tanya bang..b+ untuk casis lg cw 081A brp?ap hrs pas?trus 7805 kerja setelah remote on ap stdby?(kondisi pin abn dilepas).klo dsmbung mash protec..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk B+nya 115V,ya tolesransinya sih sekitar 2V.
      Tegangan pada 7805 ada setelah remot ON.

      Hapus
  42. salamualaikum bang aisy,tulungin dung ana ada tv LG 29fu3rl,mati total tr out horizontal jebol terus,sebenarnya B+ yang normal berapa ya?... tolong impormasinya bang aisy .terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk B+ normalnya 130V.
      Coba periksa semua capasitor dan diode di horizontalnya Kang! kelihatannya masih ada yang bermasalah.

      Hapus
  43. kang mohon pencerahannya tv temenku lg 21fu4rd ultra slim mati total,adA ELCO 2200uf/25v deket ic vertical pecah dah diganti tetep aja gak ada tanda2 kehidupan,tolong bantuan nya kang matur nuwun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mati total yang di cek regulator ama horizontalnya Kang!

      Hapus
  44. TV LG 21FU4RD regulator STR W6554A mati, diganti langsung mati, listrik anjlok,ada pcb bagian atas terbakar dari B+ menuju ke resistor yany ke ic ka 431az,komponen yang ada disekitarnya sudah saya cek tampak baik2 saja, apanya, ya yang eror ms aisy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan masih di regulatornya

      Hapus
    2. mas aisy ,salam kenal. saya ada kendal service tv LG 21FU2RL. kendalanya bila distart lebih kurang 3 menit standby balik. diulang start kembali, tetap standby juga. bila saya start pada keadaan service menu, tvnya tidak mati2 mas. mohon petunjuknya mas aisy... thx..

      Hapus
    3. OCP/OVP nya aktif jadi memicu program untuk protek,cek tegangan B+,apakah ad lonjakan tegangan sedikit?

      Hapus
  45. salam kenal semuanya....
    salam sukses....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali,terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
    2. mas aisy , saya mau tanya service mode untuk ctv TCL type 21M83. model baru service mode nya tidak sama dengan yg lama. mohon petunjuknya. txh....

      Hapus
  46. mas aisy , saya ada kendala perbaikan tv samsung chasis cs21D500HT. begitu dicok kan tv langsung start. dan latarnya hitam , ada gambar kotak kecil warna abu ((bisa bergerak seperti secren sever)) dan tv tidak bisa di dimatikan melalui remot mau pun panel on/off. mohon petujuknya tq.... mas.

    BalasHapus
  47. kang. sy punya problem tv lg slim 21fu3rl .ic ew tda8145 panas short vccnya ko jadi 50v sdangkan suplaynya dari teg vert hanya 26v. mohon di bantu

    BalasHapus
  48. bang aisy, sy theo dr situbondo. sy da problem tv lg ultra slim 21fu2RD mati protek. stlh sy btulkan gnti screennya hanya brwarna putih kesemutan. mohon pencerhannya bang. mturnwun

    BalasHapus
  49. Numpang tanya bang klau garis tengah apa masalah nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada part bermasalah di rangkaian vertikalnya,bisa jadi IC vertikalnya atau hilangnya tegangan 24V nya,atau bisa jadi ada elko yang kering/bocor.

      Hapus
  50. Tv lg super slim 21 FU6RL gambar melengkung kiri kanag dan bergaris,udah cek smua normal..tolong dong apanya perlu dibenahi...tks kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cacat bantal berarti ada part yang bermasalah di rangkaian EW correctionnya,bisa D,C,TR/Fet /IC driver EWnya,untuk bergarisnya masih bingung,bisa kasih link gambar sampelnya?

      Hapus
  51. Slm uprek....para master,,,Sma ni ikut tnya gmbr mlengkung ew g fungsi tda 8145 pwanas " apane yo kang,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam utik-utik!
      TDA8145 harusnya nggak panas,coba ganti dengan yang baru.

      Hapus
  52. Kang mau ikutan nanya nih resistor 413 lg untuk ke aisi tda 8145 nilai nya brp bab hangus dan tegangan ke aisi nya brp setslah di sensor r
    itu

    BalasHapus
  53. Bang....minta tolong saya...
    Saya dapt tv lg slim 21fu4rd-t3.
    Saya minta data2 menu factorinya bg.
    Trimakasih

    BalasHapus
  54. Boss mohon pencerahanx ada sy dpat servisan tv lg ultra slim tapi R 413 hangus kira2 berapa nilaix boss?

    BalasHapus