Minggu, 24 Mei 2009

Lagi!!!! Short pin G2 dan G1 CRT


                Beberapa hari yang lalu,saya dapat lagi TV LG Flatron type 21FB7RG,milik ibu Minem/bpk.Darmo kelurahan Mangge,Barat,Magetan.Dengan kerusakan suara tv normal tapi layar gelap tak ada gambar maupun raster sama sekali.
                Kasus ini pernah saya alami bulan januari kemarin,dan kini dapet lagi dengan kasus yang sama yaitu tv bekerja normal,suara juga normal,heater juga menyala,hanya gambar tidak ada,walaupun pengaturan SCREEN pada flyback sudah maksimum,layar masih tetap gelap gulita.
                Bila soket RGB CRT dalam keadaan terpasang ke CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 0 volt,tetapi bila soket RGB CRT dilepas dari CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 80 volt,penggantian FBT untuk kasus ini belum tentu menyelesaikan masalah,oleh karena itu saya tidak akan terkecoh lagi he he he.
                Pada kasus short G2 dengan G1 kali ini terbilang berat,karena meskipun metode yang biasa saya gunakan saya praktekan berulang-ulang,tetap tak ada reaksi apapun dari CRT.Akhirnya saya pakai metode yang biasa saya gunakan untuk mengatasi short CATODA dengan G1,yaitu memberi tegangan tinggi sesaat pada pin G2,dengan cara ambil seutas kabel yang di kedua ujungnya sudah di beri jepit buaya untuk memudahkan pengerjaan,kemudian tarik/lepaskan soket RGB CRT dari CRT dan jepitkan salah satu ujung kabel ke pin G2 dan ujung kabel yang satunya lagi ke ujung obeng minus,lalu selipkan ujung obeng tersebut ke dalam kop/tudung anoda flyback,kemudian hidupkan tv sekejap saja(kira-kira 1 sampai 2 detik saja).
               Sepintas ada suara CRRRRTTTT.....dari CRT,lalu pasang lagi soket RGB CRT ke CRT dan hidupkan tv untuk melihat reaksinya,dan YESSS....BERHASIL,tv pun sudah normal kembali,bagi anda yang pemula saya tidak menyarankan metode ini karena terlalu berbahaya bagi keselamatan anda,OKE SELAMAT BEKERJA.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

37 komentar:

  1. siiiiiiiiiiiiiiiiiip untuk tamabah referensi karena....... aku bukan sarjana.

    BalasHapus
  2. fotone ganteng tenan..................

    BalasHapus
  3. terima kasih pujiannya mas! kita sama-sama bukan sarjana ya!

    BalasHapus
  4. Irfan Sayuti, JakartaMinggu, Mei 24, 2009 3:54:00 PM

    Mas, Terima kasih banget atas share pengalamannya. Saya sudah berhasil menghidupkan kembali gambarnya melalu cara mas yg terbaru (menghubungkan G2 crt dengan HV nya FBT) walaupun cara tersebut bikin keringat dingin keluar dan sempet kaget he..he..he..senangnya karena anak saya bisa nonton film kartun kesayangannya lagi.
    Kayaknya TV LG tipe ini memang penyakitnya seperti itu pantes saya beli dapet diskon gede di carrefour 1.5 tahun yg lalu. OK mas itu dulu semoga Allah memberikan balasan dengan memperlancar rezeki atas kebaikan yg sudah mas diberikan.

    BalasHapus
  5. syukur Alhamdulillah,terima kasih kembali atas doanya.

    BalasHapus
  6. lam kenal mas. dari ku artikelnya bagus buanget bisa jadi refrensi buat saya. jangan lupa mampir ke blog saya ya matur nuwun

    BalasHapus
  7. Mas..klo ambil dr tegHV..trus yg satunya ke pin G2..apa pin G1 disambung pake kabel kegron tabung.makasi atas penjelasanya

    BalasHapus
  8. Maaf,pin G1 tidak terhubung sama sekali,jadi dari H.V langsung ke G2,lepas/tarik dulu soket RGB dari CRT.

    BalasHapus
  9. Ok..makasi atas masukanya,smoga mas yanto tdk bosan utk berbagi pengalaman dgn kami yg mencari ilmu

    BalasHapus
  10. pak yang di hubungkan ke anoda (obeng)tu cuma di jepitkan di kop aja.atau sampai nyentuh kabel penghubungnya? trims sebelumnya.aq pendatang baru.
    soalnya aq punya tv china yang katoda crt warna merah short dengan g1. jadi warna merah sama garis2 gitu.

    BalasHapus
  11. maaf mas numpang nanya, kalo TV samsung layarnya gelap, tegangan heater normal, g2 normal, Tegangan 115 juga normal. jika dinaikkan screennya dilayar muncul garis2 tapi tetap aja gambarnya kabur. mohon bantuannya mas. maklum masih pemula>

    BalasHapus
  12. kalo gelap coba di cek aisy penguat video TDA6107JF/Q nya kang,kalao kabur silahkan di ganti soket CRTnya

    BalasHapus
  13. Mau nanya mas,TV LG model lama yg saya perbaiki pada ekor tabungnya sewaktu tv dinyalakan ada percikan api disertai suara creaaat...didalamnya,ketika saya lepas socket crt-nya dan saya ukur teg.filamennya normal,pin crt-nya saya ukur untuk semua katoda terhadap pin ground terhubung.mohon petunjuk untuk mengatasinya,sebelumnya saya ucapkan banyak terima-kasih

    BalasHapus
  14. waduuuuh kalo udah sampai keluar percikan listrik menurut saya udah parah tuh CRT,ganti aja dengan yang baru atau dengan yang second tapi kualitasnya masih bagus.

    BalasHapus
  15. salam kenal mas aisy..saya eko di bengkulu, terimaksih buat mas aisy yang sudi berbagi ilmunya kepada kita semua. saya baru belajar nyervis nih mas dan butuh sekali skema berbagi merk tv, sy berharap sekali mas aisy bisa bantu saya.e-mail saya :eko_talo@yahoo.co.id. terimakasih.. salam sukses slalu

    BalasHapus
  16. salam kenal juga,oke request segera di tindak lanjuti,pengin di kirimi skema tv apa nih?

    BalasHapus
  17. kebetulan mampir..punten numpang tanya..di samping meja kerjaku ada tv merk konka,dah 5 hari mondok blm pulang ke tuannya.punya masalah dengan gambar yg redup,saat ku naikan screen fbt ta mau terang juga, garis blankking pun tak keiuar.hanya warna gambar aja yg ke bawa kabur kaya terseok angin.padahal dilihat cahaya filamennya terang.teg untuk het ada 4,5v.mohon solusinys mas...sebelumnya mksh tas petunjuknya.

    BalasHapus
  18. Baru kali ini saya mendapati problem seperti itu pada LG 21FB7RG-TD.Makasih infonya Bung Aisy

    BalasHapus
  19. terima kasih mas atas infonya,semoga allah terus memberikan rejeki.

    BalasHapus
  20. mas aisy untuk kasus g2 short g1,saya sudah gunakan metode yg mas pakai.tapi metode belum berhasil.mohon pencerahannya lg mas

    BalasHapus
  21. share aja ya kang aisy untuk teman2 yang mungkin masih pemula termasuk saya...
    sebaiknya untuk mengatasi short G2.yang lebih aman dan gak beresiko sebaiknya mengambil tegangan dari tegangan 180v....cara nya ambil 1 buah dioda 1 amper (-) solder di b+180v kasih kabel bagian (+)dioda....lalu sedot solderan G2 dari jalurnya sampai benar2 bersih(tidak terhubung)setelah itu pegang ucung kabel(awas ya jangan ucung kabel yang terkelupas yang di pegang he he he)hidupkan tv lalu tempelkan ujung kabel yang sudah teraliri tegangan 180v tadi ke pin G2 yang short tadi sebentar saya lalu lepas,kemudian solder kembali pin G2 dan tv siap di coba semoga berhasil....cara ini udah sering saya lakukan di tabung crt tv LG dan sharp dan alhamdulillah semua sembuh seperti semula.....salam

    BalasHapus
  22. RONIE = naaah........ tuh ada share dari rekan RDC Service silahkan di coba dulu!

    BalasHapus
  23. mhon bantuan mas! TV LG Pearlblack dg keluhan yg sma, ada suara tp tak ada gambar. tp jka dhdupkan bberapalama kdang bsa hdup normal. sbg tmbahan dpotensio screen agak bsah. kira2 apa trjadi kerusakan d FBTnya atau hanya CRTnya yg short aja. atas petunjuknya saya ucapkan trima kasih.

    BalasHapus
  24. Keluhan sama tapi belum tentu penyebabnya sama juga lo,la tv punyae sampean itu bila di ONkan heater nyala apa nggak to? Kalau menyala kemungkinan kerusakan pada area ABL dan IK nya,tapi kalau heater nggak nyala kemungkinan memang sama penyebabnya,kalau screen di maximumkan ada efeknya apa nggak ya? atau jangan-jangan hanya karena solderan retak saja,coba solder ulang dulu deh di area-area yang rentan panas.

    BalasHapus
  25. mas sy sedang perbaiki tv digitec model lama yang kerusakanya adlah pas waktu dinyalakan di bagian belakang tabung khususnya didalam bagian heater itu ada keluar sinar ungu...crattt-craattt,udah gitu pd tegangan katoda fleybeck (kop) itu nggak ada tegangan sm sekali,itu kira2 bagian apa yg mengalami short apa fokus sm ground atau apa ..mohon petunjuknya trims...

    BalasHapus
  26. Waaah.... ganti dengan CRT yang lain saja! saya juga pernah dapet CRT yang kelakuannya kayak gitu,tapi sudah saya coba jinakan tapi nggak jinak-jinak hehehehe......

    BalasHapus
  27. mantap aisy,,kalau kami sini namanya cas tabung hahaha,,kalau lemah wrn merah hijau biru,,mantap saya dpt masukan trik dri sini,,,memang hebat tukang''tv luar kota

    BalasHapus
  28. salam kenal mas aisy, saya "habib" pendatang baru ni, saya mau share ni mas,saya punya problem tv LG pearl black turbo sound 29",masalahnya saat pertama dihidupkan gambar dan suara normal,setelah 5 menit gambar gelap/redup,g2 dinaikkan ga ada perubahan,dimatikan tunggu sebentar kemudian dihidupkan kembali gambar normal kembali, setelah 2-3 menit gelap lg. kira2 dimana letak permasalahannya ya mas? apa mungkin tabungnya rusak.mohon pencerahannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada R yang melar di rangkaian ABLnya,coba di cek dulu!

      Hapus
  29. mantap banget gan ilmunya, dan aku udah buktiin, 100% maknyesss...
    makasih banget gan moga agan sehat dan sukses selalu menyertai agan....

    BalasHapus
  30. lam kenal mas dr saya pendatang baru...

    BalasHapus
  31. mas say ad tv merek cina wcom skrin ny egk klo kita putar kandas kekiri gambr ny masih ad .....mohon pencerahan y mas..

    BalasHapus
  32. mas say ad tv merek cina wcom skrin ny egk klo kita putar kandas kekiri gambr ny masih ad .....mohon pencerahan y mas..

    BalasHapus