Rabu, 11 Juni 2014

LCD TV POLYTRON PLM32M32 Mati Total

                        Assalamu Alaikum rekan-rekan semua! Sudah hampir 2 tahun vacum dari kegiatan ngeblog dan update postingan,hari ini saya kembali untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar perbaikan TV dan LCD.Saya awali dengan kasus LCD TV Polytron type PLM32M32 yang menurut si empunya,kadang mau hidup,kadang nggak mau ON sama sekali dengan kondisi led indikator mati,kadang mau ON tapi sebentar kemudian mati lagi led indikatornya.Berikut ini penampakan jeroannya.


                        Melihat dari keluhannya saya menduga permasalahan ada pada blok powerboardnya,sayang sekali saya lupa untuk mencatat spesifikasi dari powerboardnya,karena posisinya sedang service panggilan dan waktu menjelang malam sekitar pukul 20.30WIB.Pengecekan dan pemeriksaan pun saya lakukan di blok powerboardnya,mulai dari solder ulang,pengukuran diode dan zener,pengukuran nilai R baik yang gede maupun yang R SMD,elko,capasitor,dan transistor serta FETnya,semuanya normal kecuali satu transistor yang menggoda saya untuk mencopotnya,yaitu T504 = C1815,karena melihat dari PCB di sekitar kaki-kakinya yang agak gosong itulah yang menggoda saya untuk mencopot dan mengukurnya.


Setelah di ukur dengan avometer ternyata di antara kaki-kakinya sudah pada nyambung semua,pergantian pemain pun di lakukan dengan transistor yang baru,pasang dan solder kembali.


              Kabel-kabel koneksi pasang kembali dan siap-siap untuk pengetesan dan M@K CRAAAAK.....lampu led indikator sudah mau menyala,kemudian pencet tombol power di side panelnya dan M@K BYAAAAK......lampu backlight menyala dan menongolah logo POLYTRON nya.Alhamdulillah ya Alloh,semua karena ridhomu,finish sudah pekerjaan hari ini.Oke rekan-rekan semua dalam menghadapi kasus-kasus service TV dan LCD janganlah dulu berpikir yang susah-susah,pikir yang ringan-ringan saja dulu,insya Alloh ada petunjuk,SUKSES buat sampean-sampean SEMUA,Wassalamu Alaikum.

Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.



73 komentar:

  1. Mlm mas,,
    Udah lama g posting ya mas. Sehat kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met malem juga,Alhamdulillah masih sehat walafiat Kang,terima kasih sudah berkunjung,semoga sukses selalu.

      Hapus
  2. wh udh lma gk tmpak kang, blognya keren kang update trus dong.
    wah bloknya mantep banget kang. Rasanya sya pernh ktemu ama kang aisy dislh satu grup elktrnka FB. Tpi digrup mna lpa saya. akng ada gabung digrup elktrnka FB gak?

    Nambahin pengalamn jg kang tentang lcd polytron.

    gejala TV mati total setelah dicek semua tegangn 12 dan 5 v tdk kluar. Tpi untuk 5 v stndby ada. Usut demi usut ditemukan TR C1815 bentuk smd short, tr ini merupakan switching ON Off dari micom ke psu. berhubung gak ada stock smd, sya gunakan c1815 konvensional dgn posisi dibalik antara emiitor dan basinnya. PSu dinylakan tegngan smua kluar. Tv pn menyala dengan sempurna. Smga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah....saya tidak pernah secara pribadi bergabung di group-group elektronika Fb,hanya dari rekan-rekan yang berminat untuk memasukan saya ke group-group mereka,Terima kasih untuk sharing pengalamannya,semoga bermanfaat bagi saya dan yang lainnya.

      Hapus
  3. mas kalo betulin Toshiba LED TV 19" 19HV10E Kondisi Rusak layar 2/3 dari kanan ke kiri garis hitam putih sedangkan 1/3 nya masih bisa. apa mash bs di betulin ngga? tanpa ganti panel lcd nya? dan kalo bs, kira2 brp biaya nya ya..? kalo bs kasih info nya lewat sms di no. sy 085249124297 sy sj.. trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi belum pernah sukses menangani LCD TV dengan keluhan seperti jenis tersebut,sampai sàat ini masih penasaran,tapi kok ya belum ada yang masuk lagi ke bengkel saya heheheee......
      Tapi saya dengar desas-desus ada rekan- rekan yang sudah bisa menangani masalah tersebut,cuma masalahnya masih belum pada ikhlas untuk di share ke blog ( prasangka buruk saya sih hehehe.....)

      Hapus
    2. bararti untuk sementar ya memang harus ganti panel LCD ya mas..
      maksih Mas informasi nya.. semoga sukses selalu usaha nya...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Insya Alloh Kang! Terima kasih supportnya! Sukses selalu buat sampean sekeluarga.

      Hapus
  5. Alhamdulillah akhirnya..muncul juga..i salam suksesnya kang..

    BalasHapus
  6. welcome back kang, alhamdulillah klo masih sehat. ini kang tanya untuk sharp 20S20D dan polytron PS52UV73B seri flybacknya berapa kang atau persamaamnya, soalnya tulisanya tdk terbaca lagi. tlng infonya sy tunggu (atau sms ke 081248089371) salam dari merauke, papua

    BalasHapus
  7. ass.mas aisy,sy masih pemula bidang elektronika.boleh minta skema tv polytron dengan no chassis HBEE-001A nya mas.
    sebelumnya makasih,moga sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya kalau bisa tolong kirim filenya ke alamat emailku alurnada@yahoo.com

      Hapus
  8. salam sehat buat kang Aisy, akhirnya tampil kembali postinganya yang sangat menarik ini , sukses selalu kang Amin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat juga untuk anda sekeluarga Kang!

      Hapus
  9. matur suwun kang aisy, masih belajar elektro salam kenal aku krisna sorong papua.

    BalasHapus
  10. salam kenal mas Aisy. langsung saja saya mau tanya nih . . . soal tv Alexander 21AS888RD keluhan st,by. kalau ditombol CH+ dia start mati - start-mati sampai 3X, aku cek output vert. tdk ada tegangan, sudah ku ganti baru icnya masih tetap, nah. . . kira-kira apa ya penyebabnya? tolong kasih tau pin protectnya ya mas dan gimana caranya? terimakasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
  11. maaf mas typenya salah, yang benar 21AXS888RD menggunakan ic SMD TDA12110H1/N200. saya cari datasheet dan skematic diagramnya kok nggak ada, kalau ada, saya mau download trimakasih . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tv sharp yang ada IC regulator 050RDA1 insya Alloh nggak jauh dari IC tersebut yang error,untuk skemanya ada di SINI

      Hapus
    2. ok trimakasih banyak ya mas . . .semoga selalu lancar usaha dan Rizqinya mas Aisy . . . amiin

      Hapus
  12. assalamu'alaykum kang, mhn bntuanya tv polytron dipe123 21'' awalnya kena kilat tv g mau star. Stlah sy ganti ic hbt 04,nya tv start suara ada remot pun fungsi, tapi layar cuma gelap g ada tampilan blas, scren sya putar ada blanking putih. Kira2 bagian mana yg hrs sy telusuri lagi?. Makasih kang Aisy, mg shat slalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Picture Mute dalam kondisi aktif coba di periksa jalur Mutenya.

      Hapus
  13. Kang aisy pa punya IC micom tv panasonik TC5188CDAM > MN1871675T9C?

    BalasHapus
  14. assalammu'alaikum kang aisy.salam kenal.. smoga kang aisy sekeluarga dalam keadaan sehat walafiat.mohon bantuannya kang. tv polytron diva hbt 01-01-g 21inchi awalnya warna ga bisa B\W lalu saya reset eeprom nya (3101), disinilah kesalahan saya kang,semua setingan jadi kacau,setelah saya masukan menu option hbt-01-01g .gambar mulai kelihatan tapi tidak natural.kalau akang punya data manualnya [1013] [1014] [1206] [1207].saya mohon di share .. sebelumyna terimakasih banyak.mg sehat selalu.

    BalasHapus
  15. sparepart ini sekarang agak susah ya mas?
    nemunya sulit nh,
    makasih mas

    BalasHapus
  16. Uwong yen ra pelit mbagi ilmu biasane rejekine lancar, yo ra Kang ?

    BalasHapus
  17. ok gan. Keren tuh infonya. Saya juga menemukan website baru yang menjual softlens x2 & acuvue dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim
    Ayo cek www.lensza.co.id

    BalasHapus
  18. kang aisy lam knl minta persamaan flyback samsung bsc 25 0217g ,,,dah nyari2 gk dapet jew

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai : BSC25-0218N atau AA26-00305A atau FUH29A001B.

      Hapus
  19. Aslkm mas Aisy, lama g mampir kesini, mas sy mau ngrepoti sampean, tv sanken 14" , program TMP87CM38N, croma TB1238AN, kasus tv hanya standby, B+ ok, 15V ok, 5V ok, 9V ok, anehnya pin SDA, SCL 4.9V, biasane apa sktr 3.8V ?
    H output 0 V, Vcc H ok, ic ne wis ganti kabeh (prog+crma) panggah g urip.
    Help mas opone neh, mumet wisan, mtr suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan IC memory korup dan elko filter di masing-masing output regulator kering.

      Hapus
  20. Ic memory ws coba ganti, panggah wae, ya ws tak huntinge elcone, matur nuwun mas, sukses selalu...

    BalasHapus
  21. *
    Apa kabar mas Aisy,boleh share mas sklian minta bntuanya,tv polytron minax stereo type MX 5165 awalnya cuma gambar kdang naik trun stelah pnggntian elko tvpun normal kmbli,nah malamny distel gmbar oke tp muncul tulisan BUS FREE smua panel tmbol ngga bisa fungsi dn jg remot ngga fungsi,kira2 apa penyebanya mas mhon bantuannya terima ksih.

    BalasHapus
  22. Makasi mas bro saya uda donlod skema.segala pekerjaan kita pasti ada balasannya

    BalasHapus
  23. Gan tv saya politron lcd 24 keluhan klo start susah nyala yg ada cm suara doang,,tp saya biarin agak lama stelah itu bru sy nyalakan lg br ada gambar nya,,,klo bleh tau pnykit tv saya apa nya ea gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tv Lcd Polytron sy jg sama susah nyalainnya..
      Kira2 klo diservis mahal ga?

      Hapus
  24. Tlong pencerah han nya gan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada elko yang bermasalah di power supplynya,coba silahkan di cek dulu.

      Hapus
  25. Salam Kenal kang, Saya Puji dari bekasi TV saya LED Polytron PLM32B51 ngga mau nyala juga, bedanya lampu standby saya nyala. Isi dalamnya sudah saya bongkar dan sama persis.Punya kenalan di bekasi tidak kang? Saya Sudah cari2 tempat service tetapi pada tidak bisa polytron ktnya .

    BalasHapus
  26. Mas aisy tv saya tcl 1497n kerusakan suara ada gambar tidak ada hanya hitam saja dan ada 1 garis putih panjang bagian layar atas,tp kalau screen Flyback dibesarkan setengah putaran aja gambarnya keluar tp ada garis2 merah dan gambar bergoyang.Kira kira kerusakan pada apa ya?mohon bantuannya...
    Makasih

    BalasHapus
  27. Salam sukses kang aisy,lama g aktif.semoga dlm keadaan sehat selalu.

    BalasHapus
  28. Salam sukses kang aisy,lama g aktif.semoga dlm keadaan sehat selalu.

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Mas Aisy, mau minta bantuan mas, saya punya tv lcd yang rusak baru kemarin, trus browsing browsing ketemu blog ini, nyari no hp atau pinnya Mas Aisy di blog ini nggak ketemu. Gimana saya bisa menghubungi Mas, sapa tahu bisa bantu perbaiki tv nya... Matur nuwun, Guntur Ponorogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumus salam,hohohoh....iya kah? sudah muter-muterkah nyarinya? hehehehe.....monggo di scan rumiyin code di bawah niki.
      http://i1099.photobucket.com/albums/g390/aisyku/Lain-lain/MyPIN_zpsfd2fa054.jpg

      Hapus
  30. Halo Kang, saya ini punya TV yg mirip (Polytron LCD 32M21) yang keluar garis2 sekitar 6 buah di bagian bawah berwarna warni, ada hijau, merah , hitam, biru. Kalo pas warna filmnya hitam, ga nampak/ Pas warna merah, ada beberapa yang tampak hilang. Kalo saya liat di yutub kayanya kabel fleksibelnya yang kendor. Benar nggak ya kang? atau ada saran lain kang? Saya tinggal di jimbaran, Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan memang kabel fleksibelnya/COF-nya yang bermasalah.

      Hapus
  31. polytron plm 24m32 dihidupkan cuma tampil logo dan gelap..mohon solusinya,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa rangkaian inverter lampu backlight dan lampu backlight jika pakai CCFL,jika pakai LED periksa driver LED dan LED backlightnya

      Hapus
    2. kalo saya bisa nyala cma sebentar mas,suara masih ada

      Hapus
  32. mas minta sarannya saya lagi benerin polytron led tv 20" kerusakannya ada pada ic ut9435hl dibagian power suply tp saya susah dapetin tuh ic misal klo diganti mosfet bisa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan datasheetnya memang part ini adalah power mosFET cuma bentuknya kaya IC,silahkan di coba pakai FET pada umumnya,asal specnya mirip.

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum Mas Aisy

    Mau minta solusi untuk TV LCD Polytron ku tive PLD32T700 begitu on tv tidak ada tapilan layarnya dan hanya ada suara saja, kadang baru di hidupkan ada / normal 1 menit trus mati lagi tidak ada tampilan layarnya, mohon solusi dari mas Aisy kira kira di bagian mana yang harus di perbaiki ya mas.

    Terima kasih

    Salam
    Hidayat

    BalasHapus
  35. Terima kasih sudah berkunjung! Sukses selalu buat Anda dan keluarga.

    BalasHapus
  36. Master regulator yg gak ada teganganya sama sekali itu masalahnya apa yah

    BalasHapus
  37. Regulator tv polytron plm32m22

    BalasHapus
  38. mas tv polytron pld24d600w awala'y lampu stanby aja yg nyala skrng malah matot itu apa'y yah ? ap ada yg jual modul power suply'y aja mas klo gk ada, mungkin gk sih ada yg jual universal power supply

    BalasHapus

  39. Ini dia kang tuser master...salam kenal kang, ane ada tv lcd polytron 32" lampu led nyala tapi tv tak mau hidup suarapun nihil di pencet dari remot juga tdk respon kira2 apane ya kang..o iy sory ane juga nyimpen artikel kang tuser di blog ane maaf ya kang baru izin hehehe...

    BalasHapus
  40. Ass..wr...wb...mas punya psu plm32m32?

    BalasHapus
  41. Assalamlkum kang ais.. Saya zaki mau tanya polytron tipe 32b70 mati total

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mati total berarti rangkaian regulator dan output regulator yang bermasalah

      Hapus
  42. mas saya ada tv polytron plm24m31 nyala abis itu blank hitam,suara msh ada jadi kaya denger radio,mesti ganti apanya yah mas

    BalasHapus