Minggu, 07 Maret 2010

TV Samsung Super Vision Type CS-14V2V Gambar Gelap


Dulu saya pernah menyerah ketika mendapat kasus tv Samsung seperti ini,yang menggunakan aisy progran SZM-173EV dan aisy kroma TDA8842 S1,yaitu tv Samsung dengan kerusakan dengan gambar yang sangat gelap sekali baik untuk TV maupun AV,tapi bila antena atau video in tidak mendapat sinyal input,tv langsung blue screen seperti tv yang normal,terang seperti tidak ada kerusakan.Gambar pada tv ini gelap sekali walaupun pengaturan screen sampai blanking tetap sramun-sramun saja (bahasa jeparanya begitu sih =))hehehe.........).Reboisasi titik solderan tidak banyak membantu,reboisasi elco apalagi dan terakhir reboisasi aisy TDA8842 S1 nya juga tidak mempan,walah walah walah si Samsung langsung tertawa mengejek saya hehehhe....("awas ya kamu"gumamku). Iseng punya iseng ketika si Samsung ayik dengan blue screennya,saya colok tuh pin ABL FBTnya untuk mengetahui tegangannya,eee....la dalaaaaaahhhh.....saya pun kaget,dalam posisi blue screen segini teranganya kok tegangan ABL 0V,kemudian saya pasang antenannya,saya ukur lagi tegangan ABL nya juga menunjukkan hal yang sama.
Naaaaah dari sini saya punya semangat lagi untuk menaklukan si Samsung ini,perburuan pun di mulai dari pin ABL FBT sampai ke aisy kroma,walhasil konsentrasi pada R420=120K,yang saya dapati dalam keadaan putus,langsung saja saya ganti dengan yang baru tuh Resistor dan langsung di jajal tvne dan M@K BYAK alamaaaaaakkk......tvne langsung normal maneh hehehehe.......senenge atiku akhirnya bisa menaklukan si Samsung ini,lagi-lagi biang dari semuanya adalah bagian ABL nya.OKE REKAN-REKAN SUKSES BUAT ANDA SEMUA.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

58 komentar:

  1. mas mau nanya nih..sy kemarin iseng-iseng buka servis mode tv changhong 21",kubuka tuh servis modenya sy rubah semua...tp pas mada mode stanby pertama nilai nya 00 tp sy pencet tombol vol +... tv malah mati kenapa ya mas..begini bagaimana cara mengembalikan servis modenya..supaya kembali kesemula karana masalahnya tv nggak mau idup cuma lampunya standby aja yg nyala..maaf ya mas kebanyakan tulisannya..dan minta bantuannya terimakasih banyak...

    BalasHapus
  2. Waduh waduh,andaikan sebelumnya data aisy eepromnya sampean backup dulu,malah nggak repot jadinya.Coba ulangi langkah masuk servis modenya ketika tv standby bereaksi apa nggak,kalo nggak ada reaksi yah terpaksa ganti eepromnya dulu,syukur yang udah kopian.

    BalasHapus
  3. Selamt sukses selalu dari yang punya girik laut

    BalasHapus
  4. terima kasih alias matur nuwun nggih.....hehehe.....

    BalasHapus
  5. Maaf mas bukan saya mau komentar karena saya nggak ngerti teknik cuma mau sekedar meninggalkan jejak aja sih bahwa saya pernah singgah di blog ini tapi saya cari2 buku tamunya nggak nemu.

    BalasHapus
  6. wakakakaka....ya silahkan-silahkan! nggak apa-apa.

    BalasHapus
  7. Kang nanya juga ,munkin da terlalu sering nanya maaf ya .
    KAng pean ada YM ga" kirim via email juga boleh,aku pingin YM man ma akang biar cepet jawabnya bila ty sesuatu.selama ini saya masih ke warnet ,makasih ya kang
    email ku, kose.tv@gmail.com /asih.service@ymail.com

    BalasHapus
  8. Wakakakaka....boleh-boleh aja ,ini YM aku a1sy@ymail.com

    BalasHapus
  9. sukses mas aisy..aku jg perna ngalami servis tv kerusakn kayak gt tapi tv crystal..kalo antena di pasang suara ada tp gambr gelap..tp kalo antene di cabut langsung blue scren..waktu itu saya coba ganti ic croma..dan ternyata tv langsung oke..maju trus mas..

    BalasHapus
  10. mas aku mau tanya bagaimana ikutan jadi anggota forum discuss2u.com, tolong informasinya mas makasih dari irawan - subang

    BalasHapus
  11. IWAN=Kalo sampean belum terdaftar sebagai member forum,silahkan klik register dulu dong,silahkan isi formulirnya di situ.silahkan klik di sini

    BalasHapus
  12. KOSE=kalo biasanya habis isya sampai malem,kalo nggak ya awal pagi jam 6.00

    BalasHapus
  13. ok kang kang terima kasih
    sampai jumpa di YM ya

    BalasHapus
  14. akhirnya datang lagi samsungnya yg dulu sempat njengkelke. yooo tapi alhamdullillah kelar juga, selamat minikmati hasilnya wkwkwkwkwkwk. trim kang, infonya,

    BalasHapus
  15. Oke Kang Sawali,matur nuwun,wah lama nggak online nih sampean?

    BalasHapus
  16. dokter aisy... mau nanya begini sy punya monitor komputer merk U-VISION yang kerusakanya monitor nggak mau nyala padahal lampu heaternya udah nyala tp layar tetap gelap,udah aku cek tr horisontalnya msh bagus.kira-kira apanya yg rusak ya mas..terimakasih

    BalasHapus
  17. Solder ulangnya udah belum? Monitor kan sering nonstop pemakaiannya,jadi rentan terhadap panas yang mengakibatkan retak-retak pada solderannya,solder ulang pada blog RGB dan horizontal vertikalnya,cek juga komponen IRF630 nya.

    BalasHapus
  18. Solder ulangnya udah belum? Monitor kan sering nonstop pemakaiannya,jadi rentan terhadap panas yang mengakibatkan retak-retak pada solderannya,solder ulang pada blog RGB dan horizontal vertikalnya,cek juga komponen IRF630 nya.

    BalasHapus
  19. sukses selalu..n jangan lupa penemuan barunya di up load buat kita 2,yang masih belajar ya...?

    mau nanya ni. aq modif monitor pc jadi TV dengan mesin tv china.defleksi hor dah saya modif semula di pararel dah saya seri. nah hambatannya tuh masih 1 ohm.kan kurang gede.penasaran tak coba aja.dan bisa tu tv.tapi ada masalah nih tr hor nya bag heat sink nya kok panas banget ya?

    cari trafo penyesuai impedansi wansonik di pacitan susah.akhirnya saya kasih r 2,7 ohm pada kaki hor soket defleksi.saya coba 3 jam tu elco 1 uf 160 volt meledak.ya terus kebul 2.tapi gambar tetap ada.setelah saya cek tegangan B + 110 normal.crt nya pin 9.saya cek pada rangkaian tv china lain yg pake crt 9 pin ternyata pin ke 9 g di hubungkan.akhirnya saya lepas tu pin 9.
    tv bisa hidup.cuma ni masalahnya kok panas ya heat sink tr hor nya?

    akhirnya ku tambah heatsinknya.terus tegangan B+ nya aq turunkan jadi 100 volt aja.
    gimana ya cara ngatasi atau modif defleksi bawaan monitor biar impedansinya sesuai?

    pernah ku coba saya kasih gulungan kawat yang didalamnya q kasih inti ferit.pada kaki defleksi.(saya seri).kalo lg di hidupin gambar indosiarnya berada agak ditengah.kalo dah lama ya semakin minggir gt kalo mulai panas..
    maklum ni tukang servis anyaran..he..3x.trims atas jawaban curhatku.matur suwun..

    BalasHapus
  20. sampai saat ini cara menyamakan impedansi defleksi setahu saya ya cuma lewat trafo impedansi (WANSONIC).kalo di daerah sampean susah carinya,coba bikin sendiri juga bisa kok asal telaten,ya caranya sampean bongkar trafo WANSONIC yang sampean temui terus di tiru deh hehehehe.........

    BalasHapus
  21. mas sy lg coba benerin monitor komputer merk samsung yang masalahnya pas waktu dihidupkan power nyala normal, lampu heater juga nyala terus komponen seperti pd bagian horisontal/vertikal terutama tr bekerja ditandai dgn panas/hangat pd hisentriknya,tp monitor tetap nggak mau nyala.oh iya monitor ini matinya karna kena air/ketumpahan air kopi he.he.he...dan pertanyaanya adalah kira2 pada bagian apa yang mengalami kerusakan.terima kasih mas

    BalasHapus
  22. he...3x.lha wong cari turunan travo wansonik aja susah.kok kalo ada ya pilih beli aja kali ya?..

    misal buat sendiri pake email bekas defleksi bag horisontal, kan resistansinya dah sesuai terus tinggal kasih aja pembagi jalur.terus di kasih inti ferit kira2 bisa g ya?

    he..3x..maaf ni cuma tanya aja lho..

    BalasHapus
  23. bagikan ilmu kepada semua orang senantiasa orang tersebut juga akan membagikan ilmunya pada orang lain juga dan seterusnya...karna tak ada gading yang tak retak....ha..ha...haa...200XX....biar sehat coy..??????.tertawa itu sehat tp jangan tertawa disiang bolong entar dikira orang gila....(kelekar)

    BalasHapus
  24. HERU PRASETYA=pada monitor supply tegangan untuk H/T (heater) dari output SMPSnya,tidak dari FBT,jadi walaupun heater dah nyala bukan berarti horizontal sudah bekerja,coba cek dulu bagian horizontal dan vertikalnya,cek juga IRF630nya.

    BalasHapus
  25. HERU PACITAN=kalo mau bikin sendiri ya pakai bekas ferit trafo ACmatic dong,gulung aja sendiri,keterangan lebih lanjut bisa di baca di sini jumlah lilitan masing-masing pin bisa 140 lilit atau lebih.

    BalasHapus
  26. DJOKO=hehehehe...terima kasih supportnya THUMBS UP!

    BalasHapus
  27. HALOO ni mau nayak tv samsung saya mati total tipenya samsung Zoom vision bc1639z apa yang perlu di ganti alatnya...?

    BalasHapus
  28. Coba di cek dulu Tr horizontalnya mati apa nggak,dan juga STR di bagian regulatornya.

    BalasHapus
  29. mas aisy.kenapa monitor komputer sy ngebleng nggak ada gambar,udah aku ganti kabel vga nya tp tetap nggak bisa.tp cpu aku kasih monitor lain bisa nyala..tp pd bagian belakang monitor ( heater ) nyala mas.?DENGAN CATATAN>>> mas begini.. pertama dihidupkan monitor lampu powernya berwarna merah,pd waktu monitor tsb dlm keadaan belum terhubung ke cpu ( kabel vga nya blm terhubung ke cpu )tp setelah terhubung ke cpu lampu power berubah mjd hijau baru gambar keluar, tp ini belum terhubung ke cpu kok monitor lampu poweernya langsung berwarna hijau gimana tuh mas..MOHON BANTUANNYA TRIMSSS..

    BalasHapus
  30. Ada yang error di bagian PCB blog RGB nya,bisa dari aisynya atau ZD,coba di cek dulu.

    BalasHapus
  31. maksudnya pcb yang nepel dibelakang tabung apa didlm motherboardnya,

    BalasHapus
  32. salam kenal om aisy.isi2 blognya bagus banget.sekalian mo tanya.punya skema panasonic TC29FG5JU yg ada fitur PIP.soalnya kerusakan tv tdk menangkap siaran(semut).kalo dimodus PIP bisa baik itu siaran maupun Video input.

    BalasHapus
  33. kang aysi,aq baru belajar sevis tv ni,ni ada tv samsung CB-338CVkerusakannya gini,lampu indikator power udah nyala,tp wktu diONkan dg tombol channel tv g mau hidp,cm bunyi "tut" gtu doank lgsung mati lg,kira2 apanya kang,mhon bantuannya u aq yang bodoh ini,thanks kang.

    BalasHapus
  34. ANONIM=wah maaf banget belum punya tuh skemanya,coba di cek dulu OPTION nya barangkali aja ada kesalahan

    DYEN=cek dulu semua tegangan output regulatornya,ada komplit apa nggak? lalu cek TR horizontal sekalian aisy vertikalnya.

    BalasHapus
  35. kulo nuwun ,,,,,,
    salam kenal kang aisy, kulo Opung saking tuban, badhe nunut nimbo ilmu saking blog panjenengan.matur nuwun.

    BalasHapus
  36. Salam kenal juga,monggo-monggo silahkan!

    BalasHapus
  37. bang tv saya LG 29 pearl black kok dominan warna hijau itu apanya ya

    BalasHapus
  38. periksa semua solderanya dulu di blog RGB,bila perlu solder ulang semua.

    BalasHapus
  39. mas aisy aku mau tanya aku punya tv polyvision dengan kerusaka gambar normal suara normal tapi ada garis mbenang mendatar diatas kadang muncul garis hitam tebal nya 3cm kira2 apanya yang rusak tolong dikasih pencerahan trm

    BalasHapus
  40. Oke saudara Garimin! coba sampean cari R452=50K,putus apa melar mungkin?

    BalasHapus
  41. kang aicy aku punya tv polytron&tv cina kerusakanya sama bisa hidup tp prtama dihidupkan tv nyala tp gambar gelap trus lama2 keliatan trus setelah beberapa lama tv nyala terang sampai garis2 vertikal banyak sekali,udh saya cb gnt socet CRT tp masih samaa aja untuk suara normal tdk ada masalah kira2 apanya kang aicy tolong solusinya trimakasih!!! oya NB:di posisi blue screen gambar terang

    BalasHapus
  42. silahkan di cek semua R di bagian ABLnya,dari potensio screen FBT yang sudah soak juga bisa jadi penyebab hal tersebut.

    BalasHapus
  43. Salam Sukses slalu, mas mo nanya. samsung cs20f2v S.vision starnya lama banget,kalo saya ukur B+ bergerak mulai 10v trus lama2 naik 125 v. tapi lama skali kira 10 menit . Reg-nya pake 3S0680. Kira2 apanya ya .tolong Pencerahaanya. Trimaksh . zainur

    BalasHapus
  44. ubeg komponen R di regulator dan B+,reboisasi juga elko-elkonya.

    BalasHapus
  45. kang AISY minta izin nulis link sampean si forum solderkita.yang kasusnya sama seperti yang aku alami.suwun

    BalasHapus
  46. mr aisy,,,mo tny,tv samsung 29"model 29M21MQ,layar & suara mati,,,led indikator kedip2 4 smp 6 kali trus mati,,,kira2 yg perlu diperiksa apanya y?

    BalasHapus
  47. ya ikut nimbrung neh ak punya keluhan sama tv samsung gambar gelap sendiri r abl dah putus tak ganti go msih bisa gelap sendiri tp ttep osd masih normal,makasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih di seputaran ABLnya yang bermasalah Kang Bro! coba cek semua komponen disepanjang jalur tersebut.

      Hapus
  48. dah lama jadi member,,,tapi baru ini saya komen ,,,,wkwkwkwk....matur suwu banget kang AISY ,,,untk posting samsung diatas sangat persis banget eram karo problemku...dadi gk mumet kang.ok met aktifitas moga tambah sukses kang .

    BalasHapus
  49. 1 hal lagi kang...skalian takon kie...kmari saya servis toshiba 29 problem tampilan bagian kiri kanan atas bawah bergelombang garis vertkl acak kayak kurang tegangan padahal B+125v....dan TR hdnya ovrhot...kalao dipaksa nyala maka TR hdnya short.udah coba ganti def yuke dan FBT gak ada prubahan,,reboisasi elkopun dah dilakukan juga elko EW dah ganti,njur apane iki kang ...wis mumet aku kang....pagi ini saya coba reboisasi capasitor keramiknya bag horizntal...wwalah pada bae...byuh2 iki tv eneke diapain yo?

    BalasHapus
  50. makasih kang ane jadi dapet rejeki atas infonya

    BalasHapus
  51. bos. tv ane samsung pake ic T-KILPTH-1019 keluhannya sama. gambar redup. tapi osd normal, sepertin tv normal. jalur abl dicek normal semua, untuk meyakinkan saya reboisasi. tapi tidak ada hasilnya. gambar tv/av tetap redup. waktu bluescreen teg abl 3,5v dari abl fbt ke ic induk. yang jadi kecurigaan tertuju pada sermod. sbb waktu power di on, led nyala terkadang 4-6x kedip. tapi saya kesulitan masuk sermod. baik kode
    1. info, menu, mute, power on
    2. menu, pstd, mute, power on
    gagal masuk sermod. mohon solusinya.

    BalasHapus
  52. gimana bos tv cina saya kalau baru nyala redup lama lama terang gimana solusinya tolong balas bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan solder ulang dulu,cek elko-elkonya,dan periksa tegangan heaternya ketika awal-awal nyala dan juga periksa soket CRTnya.

      Hapus
  53. mantap gan Aisy,postingan yg sangat membantu,Kasus dan TV nya pun sama alhasil jrengg !!
    Salam Solder. . .smoga makin maju blog nya..

    BalasHapus