Selasa, 08 Desember 2009

TV Sharp Wonder Gambar Redup

              Siang tadi dapet service tv Sharp type 20W200 dengan kerusakan mati total (LED tidak menyala).setelah di lakukan pemeriksaan saya dapati fuse putus dan STR F6654 nya short,dan 2 buah resistor R725 = 560K dan R723 = 680K dalam keadaan melar nilainya.
              Setelah pergantian 4 komponen tersebut,tv pun saya coba nyalakan dan Mak ByAAAk….tv hidup kembali Setelah tv hidup muncul masalah baru yaitu gambar yang di hasilkan kurang kontras (redup sekali),dan juga gambar akan goyang jika volume tv di tambah sedikit,lebar gambar pun kurang penuh sisi kanan kirinya,hmmmmm…..apanya lagi nih?
               Kemudian saya lakukan pemeriksaan pada semua tegangan diantaranya : - tegangan B+ yang seharusnya sekitar 115V turun menjadi 102V - tegangan 16V dari FBT turun tinggal 12V - tegangan 8V turun jadi 6,5V - dan tegangan 5V turun menjadi 4,3V.
                Kemudian saya lakukan pemeriksaan di semua bagian output regulatornya,saya cek 1 per 1 elco dan zener diode pada bagian tersebut tidak ada satu pun yang bermasalah,kemudian pengecekan saya kembalikan lagi ke bagian regulator acmaticnya ,saya telateni lagi 1 per 1 komponen yang mencurigakan dan akhirnya saya dapati sebuah diode yang short yaitu D705 = K6 17 (tertulis di bodynya) dalam keadaan konek alias short.
                 Setelah saya ganti diode tersebut dengan yang masih normal tv pun saya coba nyalakan lagi dan Alhamdulillah gambarnya pun normal kembali,kontras gambar pun maksimal dan gambar pun tidak goyang-goyang lagi jika volume tv di tambah,dan yang pasti semua tegangan lancer terkendali hehehehehe……..SUKSES BUAT SEMUA!!!!!!!!!!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

32 komentar:

  1. diodane D705 diganti type opo kang?

    BalasHapus
  2. kalau saya mas belajr dari pengalaman kalau buat regulatr engk ada kompromi satu persatu komponen saya cek..ya pasti nya tanpa melepas dari main bord atau pcb.seperti artikel yang ada pada blog ku.kalau di lepas satu persatu ya engk kelar kelar dng he.he.sukses mas aisy..

    BalasHapus
  3. NUGROHO=diode saya ambilkan dari mesin tv sharp wonder yang lain,ngangkrak di gudang hehehe...diode ini nggak di pasang juga nggak apa-apa kok,kasus yang dulu sekitar tahun 2006 sampai sekarang juga nggak ada masalah tuh!

    BalasHapus
  4. EKO PURNOMO=yup! Betul,pokoknya sekali nyervice,harus kelar hari itu juga,jangan sampai molor hehehehe...jadinya nanti bayarane tertunda dong!

    BalasHapus
  5. DIDYK ELEKTRO=yup! Betul betul betul,terima kasih sharingnya hehehehe...

    BalasHapus
  6. ya sabar dulu............antri hehehehe.........

    BalasHapus
  7. aku kok belum pernah ya dapat tv kayak kang aisy,mudah2ah kapan2 dapat ah...!terus tak pakai ilmunya kang aisy biar tambah kriuk kriuk kantong.

    BalasHapus
  8. ya ntar kapan-kapan segera dapet deh hehehe....

    BalasHapus
  9. allhamdulilah tambah lagi ilmunya SELAMAT DAN SUKSES

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum mas Aisy,
    salam kenal sebelumnya sy M.Syofian dari medan.
    senang bisa dapet ilmu gratis dari mas yang baik. sy pemula yg ingin banyak belajar dari mas nih, mudah2xan mas mau berbagi dengan sy.

    gimana memastikan suatu rangkaian osc horz bekerja, sy ada service tv digital 14" teg semua ngedrop/turun (B+, 50v ke osc horz, 12 ke sound,) jika tidak diberi beban semua teg keluar kira-kira apa yang rusak ya mas. Lantas gimana sih metode cepat pastikan bagian mana yg masalah?
    atas bantuannya diucapkan terima kasih.

    Wassalam,

    M.Syofian
    mh_dayat@yahoo.co.id

    BalasHapus
  11. Hehehe...waduh kalo urusan teory,saya bukan jagonya.Urusan teory bagianya Kang Zaenal...hehehehe.Tapi urusan praktek serahkan pada saya wakakaka...
    Kalo tegangan output regulator ngedrop semua,bisa disebabkan ada salah satu tegangan outputnya mengalami short circuit(konsleting),bisa berupa D,elco,Tr,aisy.Bisa juga karena ada masalah pada regulator itu sendiri,bisa R yang melar,C yang short,elco bocor/kering,Tr yang mati,atau bisa juga dari trafo nya yang error,silahkan di periksa dulu.

    BalasHapus
  12. Salam kenal..
    TV nya sama dgn yg ini, problemnya:
    Suaranya tidak keluar, hanya kresek2.., Penguat akhir (IC)nya Normal ditandai dgn keluarnya suara Buzzz di speaker bila disentuh di kaki Input penguat tsb..
    Kira-kira bagian mana ya kerusakannya??
    atau ada rekan yg punya skemanya??

    BalasHapus
  13. Kalo untuk AVnya gimana? Kalo untuk AV ada suara berarti kerusakan pada aisy Switch AVnya

    BalasHapus
  14. mas aisy saya punya tv sony trinitron 21'cuman crt rusak/udah gk bisa ditembak lagi rencana mu di ganti cuman susah didapat,kebanyakan crt biasa pertanyaa saya bisakah crt biasa pakai mesin sony kalaw bisa apa yang harus dirubah ?di tunggu infonya makasih.

    BalasHapus
  15. Bang Aisy, kl "setting default" TV SHARP 21" 20R200? terima kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
  16. assalamualaikum permisi mas saya iwan asli dri kediri,tpi sekarang masih cari rejeki di surabaya,salam kenal,boleh dong minta no tlp ma YM nya mas aisy,YM sya (iwn_pras@yahoo.co.id )dan emei nya jga sma kok ma YM,sya suka sekali bca2 artikel elektronik terutama punyanya mas aisy bisa tambah ilmunya makasih lo,sya biasa dapet servisan dari tetangga kanan dan kiri kos2an maklum klu siangnya kerja ditempat lain(ikut orang tpi bukan servis elekto),itung2 buat tambahan bli susunya anak,trimakasih

    BalasHapus
  17. IWAN=oke request sudah saya kirim via emaile sampean ,monggo di cek,matur nuwun.

    BalasHapus
  18. SIDOEL=waduh sorry banget nih,untuk setting defaultnya Tv sharp type 20R200 saya belum punya hehehehe......... lain kali tak carikeun.

    BalasHapus
  19. Akang mau nanya lagi,
    Tv sharp universe 14", gambar raster ada garis vertical seperti hfrek / seperti tuning yang lagi mleset,sdh sy saya coba mencari program dgn cara auto/manual tdk ada gambar sama sekali yang masuk,pada saat di tuning gambar tdk ada sama sekali yang ada hy sinyal gbr mleset, sdh sy gt tuner tetep aja,mohon solusinya.smua teg ok
    terima kasih kang solusi tuk tv sanyo.smoga Akang banyak rejekinya,matur nuwun

    BalasHapus
  20. salam kenal mas aisy saya asep dari tangerang. saya ucapkan terima kasih blog mas sangat membantu sekali. kalau boleh saya minta alamat e-mail sama ymnya ya mas. e-mail saya rustamanasep@yahoo.co.id ditunggu ya mas trim's.

    BalasHapus
  21. mas tv ku sharp wonder 14" mati stand by,dari hijau 1 detik ke merah ?????????????

    BalasHapus
  22. silahkan cek TR horizontal,FBT,dan aisy vertikalnya

    BalasHapus
  23. assalamualaikum.. Kulonuwun

    BalasHapus
  24. saya dapat servisan tv sharp protek saat dinyalakan led merah kemudian hijau kembali merah berkedip 5 kali,mohon bantuanya ,tv ini menggunakan IC tunggal IX3410CEN5

    BalasHapus
  25. silahkan cek di area prosesor suara AN51xx nya atau mungkin system NICAM di service modenya aktif.

    BalasHapus
  26. setelah saya teliti ternyata tv ini salah aisinya yany mestinya IX3368CEN diganti dengan IX3410CEN5 ,Sebelumnya tv ini telah di servis oleh servis lain ,setelah saya ganti dengan IX3368 TV bisa normal kembali soale tv terebut mono.makasih atas bantuanya kang,semoga sukses selalu.

    BalasHapus