Kamis, 15 Oktober 2009

Layar Berkedip Tv LG Turbo Champ


                   Wiuuuhh...akhirnya K.O juga tu TV LG hehehe...awalnya saya kira akan terjadi perang besar antara saya dengan tuh tv LG hehehehe ternyata....! Siang ini dapet panggilan servis Tv ke rumahnya P.Bambang,Patihan,Karangrejo,Magetan.
                   Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu(bukan bergoyang lho hihihihihi...)setelah berkedip beberapa saat,barulah gambar mulai normal.
                  Ternyata kerusakannya pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal kembali hehehehe Alhamdulillah ternyata gak jadi perang besar,gak tahunya malah garapan KRIUK-KRIUK,
Oke sukses buat anda semua!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

18 komentar:

  1. Yang baru baca, harap perhatikan. ini kasus yang sering menimpa pada bengkel tv..... mikirnya yang sulit-sulit dulu.... makanya harus banyak ketawa... sama nyusu tentunya

    BalasHapus
  2. betul kang, aku juga pernah mengalami..yg seperti itu...

    BalasHapus
  3. bioso bengkel canggih..,mikir nya pasti yang susah2 dulu...he..he...

    BalasHapus
  4. wakakakaka.....tibake kadohan olehe mikir!

    BalasHapus
  5. nek ketemu garapan ngono sedino 5 kriuk kriuk sewulan ìso tuku PC pentium 4 . hehehe

    BalasHapus
  6. Assalamualikim,salam kenal dari AbaYitno wong krian buat kang aisy

    BalasHapus
  7. kang aisy perlu bantuan ni..tv LG slim 21" tr horisontalnya jebol terus,setiap tombol power di on tr langsung jebol,flybacknya pun kulo ganti,yokenya tak lepas juga sami mawon tetep jebol,butu info cepat,manturnuwon sak derenge.

    BalasHapus
  8. Kalo Tr horizontal jebol terus,bisa disebabkan karena B+ yang terlalu besar tegangane,bisa juga ada kerusakan di rangkaian horizontalnya,bisa R,C,D. Coba anda ganti semua C yang terhubung dengan kolektor TR horizontalnya,biasanya itu yang jadi biang keroknya.

    BalasHapus
  9. Bagus. Saya juga nemui tv LG RF-21CA21E, tapi masalahnya untuk AV gambar dan suara tidak masuk, saya lacak sampai pada pin external video in tidak bisa juga. Apakah mungkin ada kesalahan pada setup-nya, kalau memang begitu bagaimana membuka menunya ? Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Untuk TV LG cara membuka setup yaitu dengan menekan bersama-sama dan tahan tombol MENU/OK di panel tv dan di remotnya.

    BalasHapus
  11. kang aisy...help... tv LG 21FU6RL tr horisontalnya c6090 .... tak ukur pake tester cuma ada 2 gerakan doang kang... di ganti pake 2499 bisa gak kang? newbie pengen blajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman itu C6090nya,kalau pakai D2499 bisa saja tapi cepet panasnya.

      Hapus
  12. berarti itu c6090 nya gak pake dioda damper ya kang?? soalnya katanya tr horisontal jika di tester ada 4 gerakan...maaf kang banyak tanya

    BalasHapus
  13. masih ngoprek LG nya kang.... keadaan standby koq 7805 nya gak ada tegangan baik di kaki 1 maupun di kaki 3.... gimana ya kang....

    BalasHapus
  14. tv lg stanby, lampu indikator kedip-kedip apa nya yg rusak trimks

    BalasHapus