Kamis, 26 November 2009

Service Mode TV Panasonic Quintrix

                  Menanggapi permintaan saudara Awie Banjar di Pawielectronic.blogspot.com,yang masih bingung langkah-langkah menyetting data di service menu Tv Panasonic Quintrix F series,seperti biasa untuk masuk ke service mode yaitu :

1. Hidupkan TIMER 30 menit.
2. Kemudian tekan tombol VOLUME - di panel tv sampai level volume 0 dan tahan
3. Kemudian tekan tombol DISPLAY di remote.

                 Jika berhasil layar tv akan berubah menjadi putih polos,kemudian tekan DISPLAY sekali lagi untuk masuk ke menu CHK1,di mana pada menu ini terdapat setting OPTION,gunakan tombol angka 3 dan 4 di remote untuk menyeleksi OPTION 1 sampai OPTION 7,untuk adjust gunakan tombol VOLUME -/+ di remote.Untuk menyeleksi menu CHK1 sampai CHK5 gunakan tombol angka 1 dan 2 pada remote.
                 Pada menu CHK1 ada settingan OPTION 1 sampai OPTION 7,adapun defaultnya adalah OP1=1_OP2=0_OP3=ON_OP4=OFF_OP5=ON_OP6=ON_OP7=1.
                 Pada menu CHK2 ada settingan subcolour,ntsc-tint,sub ntsc-tint,bright,sub bright,contrast,sub contrast,sharpness,sub sharpness,secam,dan colour.Pada menu CHK3 ada settingan HC (Horizontal centre),VH (Vertical high),dan VC (Vertical centre).Pada menu CHK4 ada settingan untuk AFT,RF(RF AGC),dan VID.
                 Dan yang terakhir menu CHK5 adalah untuk settingan white balance (B/W Balance) yaitu B-DR,R-CUT,G-CUT,B-CUT,BRIGHT,SUB BRIGHT dan R-DR.Untuk adjust gunakan tombol VOLUME -/+,dan untuk SAVE/EXIT gunakan tombol N (normal).
                 OKE Awie selamat mencoba,SUKSES SELALU!!!!!!!!!!.

28 komentar:

  1. arep komentar opo yo?.....
    wis njaluk kopine wae kang

    BalasHapus
  2. la kok malah bingung dewe ki piye to?

    BalasHapus
  3. Ki lho kopine, seh panas.

    Jangan lupa default option settingnya dipostkan biar tambah komplit.

    BalasHapus
  4. Oke Kang! Udah tak revisi lagi terima kasih kopine,tapi sayang aku nggak ngopi,nek susu gelem aku hehehehe....

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum om.
    Aku mau nanya nich, Aku lagi ngerjain toshiba 21" dgn ic program LC 863320A. dengan permasalahan tidak keluar suara. IC audio LA 4285 dah tak ganti, tapi tetep gak keluar suaranya. Kalo kaki 5&6 ic audio saya sambung dengan obeng suara keluar, tapi volume tidak bisa diatur. saya coba cek jalur kaki tersebut tapi koq tidak ketemu permasalahannya.
    bisa tolong dibantu kira-2 apa permasalahannya.
    thanks b4
    wassalam

    BalasHapus
  6. menurut saya kalo pada bagian komponen sudah tidak ada masalah berarti permasalahan sesungguhnya ada pada setting data di bagian service modenya,coba anda cek dengan masuk terlebih dahulu ke service mode kemudian cek STEREO OPTION dan HOTEL VOLUMEnya,cek juga settingan-settingan yang lainnya yang berhubungan dengan AUDIOnya

    BalasHapus
  7. Duuh.. nyari-2 remotenya koq gak ketemu ya. Gimana masuk service modenya klo gak ada remote nya nich. Sebagai tambahan, tegangan volumenya kayaknya yang bermasalah. jadi volume dinaikan/diturunkan tegangan tetap 0. ini memang harus dari service mode ato ada komponen yang bermasalah. dari 7805 tegangan ada tapi di tidak bisa nyampe.
    tolong petunjuknya.
    thank

    BalasHapus
  8. Waduh kalo gak ada remotenya,belum tahu alternatifnya aku,coba swicthnya di ganti semua dulu

    BalasHapus
  9. mas saya punya kendala dgn tv china dgn type IC LA6810A H 4GEEP.kendalanya layar normal setelah 1mnt lyr blank putih dgn gari2 horizontal lalu saya cek semua kmpnen normal termasuk dioda zener semua bagus cuman180v yg drop mnjadi 50v saya ganti elco tetap aja? mohon bantuannya trims

    BalasHapus
  10. Layar CRT yang ngeblank putih bergaris-garis memang biasanya kehilangan/kekurangan tegangan 180V nya,coba di cek semua komponen yang berhubungan dengan tegangan 180V tersebut,kemungkinan masih ada yang error,bisa dari R ,C,D.Kalo tegangan 180V berasal dari trafo ACmatic kemungkinan trafo bermasalah

    BalasHapus
  11. Salam kenal mas aisy & rekan seperjuangan.

    Saya sofyan dari medan senang bisa ikutan dan bisa tanya-tanya sedikit boleh gak ya.
    Salut sebelumnya buat mas Aisy yg sngat ikhlas transfer ilmunya trutama bt sy yg masih pemula.
    langsung aja ya mas,
    sy ada perbaiki tv 29" merk Siera kerusakan mati hanya lampu standby saja yg hidup & kl program pnel/remot ditekan lampu standby mati tetapi tv tetap off. tegangan normal 115 (B+) ada, teg ke osc Horz lewat Resistor juga ada tetapi TR Horz gak spertinya gak kerja. Sy ukur TR Horz baik, Flyback juga baik kira2x apa yg rusak ya mas. Mohon dibantu.
    sebelumnya sy ucapkan terima kasih, sukses buat mas Aisy

    Sofyan,
    mh_dayat@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. Coba anda cek tegangan 12V dan 9V yang masuk ke aisy kroma dah ada apa belum? Kalo belum ganti 7812 dan 7809nya.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Mas,

    Salam perkenalan. Nama saya Arief Nurhidayat, arema yg tinggal di Banten.
    Saya mampir ke blog ma karena tertarik sama SMPS. Kebeneran saya penggemar tabung audio yang kebanyakan pake tegangan tinggi (150 v ke atas). Selama ini untuk dapat tegangan segitu saya pake back to back transformer. Tapi saya pikir2 ndak efisien. Jadi kemarin saya beli regulator TV Cina yg punya tegangan keluar 180 volt & 12 volt. Cocok sama yg saya perlukan.

    Rangkain tabung saya butuh supply tegangan DC sekitar 250 volt dgn arus total 100 mA. Untuk heaternya butuh tegangan 12,6 volt dgn aru 1,5 Amper. Kalo saya pake regulator TV cina apa cukup mensupply daya yg saya butuhkan ???
    Pake diode bridge apa ya yg cocok sampai tegangan 300 volt (sbg penyearah keluaran dari regulator TV) ???
    Matur suwun mas. Semoga mas bisa membantu saya.
    Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  14. Oke terima kasih saudara Arief Nurhidayat! telah sempat mmpir ke blog saya,maaf banget sebelumnya ya,untuk amplifire tabung audio,saya pribadi belum begitu paham sytem kerjanya,coba tanyakan ke Kang Ndowie,terima kasih!

    BalasHapus
  15. Ass..Mas Aisy,saya wawan,pengunjung setia blog nya mas Aisy,mat kenal dulu

    BalasHapus
  16. waalaikum salam,salam kenal juga saudara Wawan

    BalasHapus
  17. asalamualaikum kang aisy.salam kenal aku ferdi.mau nanya kang kalau tv panasonic p-ten susah di hidupkan trs klo sudah hidup sebentar mati suhunya normal-normal aja tu kenapa ya kang.semua elco-elco udh saya ganti kok masih tetep aja trim sebelumnya kang

    BalasHapus
  18. Kalo susah hidup ganti kristal aisy programnya,tapi kalo sebentar mati cek elco trafo driver horizontalnya,dan cek juga solderannya

    BalasHapus
  19. Ass, kang sy mau nanya klu serv menu aiwa mdl TV-C1422SHR, Ic TDA9381PS/N2/3/0478 apa ya, mksh

    BalasHapus
  20. asslmlk. salam knl kang , aku ada mslh nih,klo tv polytron minimax 14", penunjuk kursor setting kontras jalan, tapi setting kontrasnya nggak ngefeck,dah tak cek teg180V video out normal , tlg dong dibantu...!

    BalasHapus
  21. coba sampean cek bagian ABLnya,

    BalasHapus
  22. Salam Bang Aisy, saya punya masalah dngn TV saya, TV saya Digitec 21" ketika dion fuse sering putus, ketika ganti fuse dan diode masih tetap saja. ketika on fuse putus lagi, mau tanya kira2 apa lagi yang rusak Bang...thx

    BalasHapus
  23. kerusakan masih di area regulatornya Kang! kemungkinan TR regulator short,atau diode input AC ada yang bermasalah.

    BalasHapus
  24. Saya ada keluhan dari tv panasonic 29ins,layar jd trbagi 4 dngn screen sama. ..
    apa yang harus d lakukan??

    BalasHapus
  25. Tolg gan,, masalah bagian audio pd tv panasonic quintrix F series 21 INCH. Settingan pada MENU AUDIO berubah, saya udah buka FACTORY SETTINGnya, pd bagian CHK 1, OPT 7 ; 2 (settingan suaranya) dan meresetnya, awalnya bagus, suaranya muncul, tampilan MENU AUDIO (settingan bass, treble, balance ) jg udah muncul dan normal, tapi jika tivi di matikan baik dgn REMOT atau pun SAKLAR power, settingan FACTORYnya( OPT 7 berubah lagi ke 1, default) dan MENU AUDIOnya juga berubah dan hilang pd MENU. SETTINGAN AUDIOnya hilang lagi, trus kucoba lagi, bagus, tapi setiap di matikan kembali begitu lagi. bagian apanya yah kira2 yg bermasalah!!! dah pusing nih gan, bantu donk...!!
    Saya udah ganti ic processor audionya (yg ada pada PCB yg lain, berdiri) tapi tak ada perubahan..!! thanks sbelumnya gann...

    BalasHapus